Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Thursday, September 13, 2018

Jadilah Diri Anda Sendiri !


Jadilah diri Anda sendiri !
Anda adalah sesuatu yang indah. Anda itu unik. Hidup menjadi lebih mudah karena anda tidak sedang berpura-pura menjadi seseorang yang bukan anda.

Sobat. Kita semua memiliki sisi gelap kita. Tapi, siapa yang menilai sisi gelap? Mungkin saja di sana kita bisa menemukan cahaya hidup kita. Mungkin juga di sana tersimpan kreativitas kita, kesembuhan atau cara kita untuk bertahan hidup.

Dalam perjalanan hidup, Anda juga membawa beban. Cintailah beban Anda itu. Cintailah diri Anda untuk jalan yang berliku-liku. Karena itu adalah diri Anda. Diri Anda seutuhnya. Itu yang membuat diri Anda menjadi seseorang yang luar biasa. Jika Anda sempurna, tentunya Anda sudah lama tidak berada di sini lagi. Tapi jujur saja, siapa yang merasa tertarik dengan seseorang yang sempurna? Manusia yang sempurna menyebabkan kita menjadi merasa rendah diri.

Semakin Anda mengakui sisi gelap Anda, semakin cepat anda menerimanya dan menjadikannya sesuatu yang bisa menerangi hiduo Anda, maka akan semakin cepat dan semakin sempurna jugalah perasaan bahagia yang akan Anda alami.
Jika Anda bisa jujur terhadap diri Anda sendiri, seperti apa adanya Anda, maka Anda telah tiba pada diri Anda sendiri.
Jika kita tidak perlu lagi menipu diri kita sendiri atau merasa harus membuktikan sesuatu, maka semua pertentangan atau konflik batin itu telah berakhir. Kita bisa membiarkan setiap manusia seperti apa adanya. Jadillah diri Anda sendiri. Tidak ada hadiah yang lebih berarti dari diri Anda. Akuilah diri Anda apa adanya.

Helen Keller pernah mengatakan, “ Kebahagiaan sejati terjadi bukan karena kesibukan dengan hal itu sendiri, melainkan lewat pengabdian terhadap tujuan hidup yang wajar.”
Sobat. Siapa seseorang adalah ESENSI mereka. Apanya adalah peran, pencapaian, dan yang mereka miliki. Berfokuslah pada "SIAPA" dan yang "APA" akan mengikuti. Anda pada dasarnya adalah nilai-nilai Anda. Berorientasi pada nilai-nilai Anda, dengan begitu, menawarkan jalan yang sempurna menuju kesatuan, keutuhan, keterpusatan.

Berikut ini cara-cara untuk mengorientasikan diri di seputar nilai-nilai Anda :

1. Nilai-nilai adalah ketertarikan atau kualitas yang menarik Anda. Sebuah nilai adalah sesuatu yang secara alamiah terasa penting bagia Anda – entah itu keindahan, kreativitas, keluarga, kejujuran, persahabatan, atau apa pun hal bernilai lainnya. Anda akan menyadari arti pentingnya melalui kekuatan dan kedalaman perasaan yang dibangkitkannya di dalam diri Anda.
2. Ada perbedaan besar antara kebutuhan, keinginan dan nilai. Nilai adalah sesuatu yang secara alamiah menarik Anda, mendorong dari dalam dan bukan melalui kebutuhan atau keinginan. Jika ada rasa mendesak, itu barangkali sebuah kebutuhan. Jika ada rasa mendamba atau hasrat, itu barangkali sebuah keinginan. Jika itu dorongan alamiah dan tidak rumit, itu barangkali sebuah nilai.
3. Sulit untuk menemukan dan mengorientasikan diri di seputar nilai-nilai Anda jika kebutuhan Anda tidak terpenuhi.
4. Mengorientasikan hidup anda secara penuh di seputar nilai-nilai Anda mungkin dilakukan melalui penjalinan dan pengekspresian.
5. Nilai-nilai membantu Anda menetapkan sasaran yang lebih baik. Setiap kali Anda sedang mempertimbangkan sebuah sasaran tertentu, cocokkan sasaran itu dengan daftar lima nilai inti Anda. Apakah sesuai atau mengungkapkan salah satu di antaranya? Jika ya, ada kemungkinan itu pantas untuk dicoba. Dan cara itu menghindari Anda dari banyak kerumitan.
6. Nilai-nilai itu sangat penting karena, jika dihormati, ia akan menggiring ke arah banyak peluang.
7. Nilai-nilai sangat penting karena dapat membantu Anda menyaring dan menapis secara alamiah.
8. Nilai-nilai memberi Anda sesuatu untuk dihormati. Jika Anda kecewa atau bingung dan tidak bisa sama sekali menghargai diri anda pada saat-saat tertentu, hormati sajalah nilai-nilai anda.
9. Gunakan nilai sebagai katalis dan motivator untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan anda.

Sobat. Sebagai penutup artikel singkat ini, ubahlah pandangan Anda mengenai diri Anda sendiri. Karena suatu hal yang sama pula, maka medan resonansi yang memiliki getaran yang sama akan saling melengkapi. Dan tiba-tiba, Anda akan mendapatkan kekuatan dan kepercayaan yang diberikan oleh orang lain. Semakin banyak kita memberi, maka akan semakin banyak kita menerima.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si. Penulis buku Gizi Spiritual dan The Power of Spirituaity- Meraih Sukses Tanpa Batas. Majelis Kyai PP Al-Ihsan Baron Nganjuk Jawa Timur. Sekretaris Komnas Pendidikan Jatim )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co