Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, November 8, 2017

Keutamaan Sabar



  Keutamaan  Sabar
Sabar adalah kekuatan  untuk mengendalikan jiwa agar tidak  mengikuti hawa nafsu. Sabar berarti menjaga  jiwa  agar tetap fokus dalam  perjuangan  meraih ridho Allah SWT. Berjuanglah agar jiwamu Istiqomah  meniti jalan ketaatan. Bersabarlah  melawan tabiat jelek nafsu yang hanya akan mendorongmu bersikap buruk di hadapan Allah.
Bersabarlah, sehingga hubunganmu dengan Allah lebih baik.

Sobat, kesabaran juga berarti  mengendalikan jiwa  agar  senantiasa  berpijak  dan menjalankan  kebenaran sehingga lidah, hati, dan  segenap anggota tubuh  berada di jalan  yang  benar. Karena itu, Allah menyebut  orang  beriman yang beramal sholeh sebagai  orang   sabar. Allah  menegaskan  bahwa  semua  manusia  merugi kecuali orang  yang  menjalankan  kebenaran dan orang  yang  bersabar. Allah SWT  mengukuhkan  keutamaan  sabar  dengan  menyuruh manusia untuk  saling  berwasiat  agar terus  bersabar.

Adapun  bentuk-bentuk  sabar dikategorikan  ada 4 :
1.      Terkait jiwa. Mengendalikan  jiwa  agar terus fokus dalam perjuangan  meraih ridho Allah SWT, istiqomah meniti jalan ketaatan, dan ridho pada  setiap  ketetapan Allah.
2.      Terkait hawa nafsu. Tabah  dalam  meredam gejolak  hawa nafsu. Menutup hati dari bisyikannya, melawan tabiat  jelek  hawa nafsu yang hanya mendorong   sikap  buruk di hadapan  Allah.  
3.      Terkait Nikmat. Tidak  menggunakan  kesehatan  untuk  melanggar  larangan. Tidak  menggunakan  harta  untuk menuruti  hawa  nafsu. Merahasiakan  perbuatan baik  dan menahan  diri dari  senda  gurau.
4.      Terkait musibah. Tidak  berkeluh  kesah. Tidak menampakkan  musibah  yang  sedang dialami kepada  orang  lain. Tabah  menjalani  dan  menyembunyikan  kemiskinan.

Sobat, orang  bijak  berkata, “ Perbuatan  baik  hanya  sempurna  dengan tiga hal: segera dilaksanakan, dianggap  kecil  dan  dirahasiakan. Dzunnun al-mishri   berkata,” Sabar adalah  menjauhi  larangan, tenang  ketika  terjadi bencana, dan  bersikap  seolah  engkau kaya  dalam kehidupan  ini walaupun sebenarnya engkau miskin.”
Sobat, Allah SWT  menjanjikan Ampunan  dan  pahala  besar  bagi  orang  yang sabar  dan  beramal sholeh. Sabar  adalah  bekal sekaligus  penolong.
žwÎ) tûïÏ%©!$# (#rçŽy9|¹ (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# y7Í´¯»s9'ré& Oßgs9 ×otÏÿøó¨B ֍ô_r&ur ׎Î7Ÿ2 ÇÊÊÈ  
“ kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar.” ( QS  Hud (11) : 11 )

(#qãZŠÏètFó$#ur ÎŽö9¢Á9$$Î/ Ío4qn=¢Á9$#ur 4 $pk¨XÎ)ur îouŽÎ7s3s9 žwÎ) n?tã tûüÏèϱ»sƒø:$# ÇÍÎÈ  
45. Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', ( QS  Al-Baqarah (2) : 45 )

Sobat, Allah  menjadikan  kesabaran  sebagai  sumber  datangnya  cinta, kebersamaan,  pertolongan, bantuan,  dan  balasan  yang  baik. Satu dari kelima hal itu  sungguh  cukup  untuk  mendatangkan keutamaan  bagi  seorang  hamba.
Sabar sebelum beramal; meluruskan niat,membulatkan tekad agar amal sholeh terlaksana dgn sempurna.
Sabar saat beramal; Tidak terburu-buru menyelesaikan amal sholeh hingga terlaksana dgn sempurna.
Sabar setelah beramal; Tidak memberitahukan amal sholeh kepada orang lain agar terhindar dari rasa ujub,sum'ah dan riya.  Kata  Abu Thalib al-Makki.

Sobat, kalau  sikap  sabar ini telah  menjadi karakter bagi kita maka kita  akan  memiliki jiwa  besar diantara ciri-ciri orang yang memiliki jiwa besar :
·         Kala sukses, sehat, menang atau  banyak  rezeki ; peka dan bijak, menginspirasi, tidak sombong,  senang  berbagi. Tidak besar kepala, pandai  menempatkan diri.
·         Kala  hadapi  masalah,  sakit,  gagal, atau miskin ; tenang dan lapang dada, tidak mudah marah, tidak suka mengeluh, tidak suka memusuhi
Saudaraku. Allah SWT  memerintahkan kita untuk  bersabar, mengngatkan kita  agar  tidak  meninggalkan  kesabaran, memperingatkan kita  untuk  takut  kepada-Nya  jika hendak meninggalkan sikap sabar sebab di balik kesabaran  tersimpan  kebaikan  dan  keselamatan.

Salam dahsyat  dan luar biasa !
( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H  Penulis  buku-buku motivasi dan narasumber tetap Thank God Tommorow is Friday. www.faqihsyarif.net )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co