Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, August 22, 2016

Tingkatkan harga diri anda !



Tingkatkan harga diri anda – Self esteem.
Self-esteem atau penghargaan diri  adalah  suatu  sikap bagaimana  Anda  memandang  serta  memperlakukan diri-sendiri  dan  merupakan salah satu  faktor  penting yang akan  menentukan  kesuksesan atau  kegagalan  dan kebahagiaan atau ketidakbahagiaan dalam hidup anda.

Sobat, kebanyakan  orang  mengeluhkan diri mereka  tidak cukup baik, tidak cukup kaya, tidak cukup  hebat, tidak cukup  menarik, terlalu jelek, pendek, kurus, terlalu tua, terlalu mudah, terlalu berbakat, bodoh, bernasib sial, tidak pantas dan  tidak layak  sukses, dan  segudang tidak bisa lainnya. Mereka  punya segudang alasan  untuk  merendahkan diri-sendiri. Mereka  menggunakan alasan ini  untuk  mengecilkan harga diri  yang selanjutnya  menghambat  mereka  untuk  bertindak maksimal  meraih keberhasilan.
Sobat,  masalah  yang ditimbulkan  oleh  harga diri  ini  diakibatkan  oleh  cara  kita memperlakukan diri kita  sendiri  secara  negatif. Harga diri kita  tidak  hanya  dipengaruhi  dari luar  tapi bisa  pula dipengaruhi  dari dalam, yaitu diri kita  sendiri. Bahkan kita sendirilah  yang paling  banyak  menjerumuskan diri  dengan  cara menjelek-jelekkan diri kita. Kadang  kita  terlalu  suka  menghukum  diri dengan cara seperti itu.
Sobat, berikut  adalah  beberapa tip  yang bisa  kita lakukan  untuk meningkatkan harga diri atau meningkatkan juga kepercayaan diri kita :
1.      Hentikan  berpikir  negatif  mengenai diri anda. Inilah faktor  yang paling  berbahaya  bagi harga diri anda. Jika anda  menyerang  diri sendiri  dengan cara  berpikir  negatif  mengenai diri anda. Ini sama saja  dengan  membunuh diri secara mental.Bahkan jika anda  terus-menerus  melakukan ini  dalam waktu lama, itu akan berubah  menjadi  karakter anda. Anda  akan cenderung  memiliki karakter  negatif-pesimis, rendah diri, penakut. Di balik setiap  kejelekan atau kekurangan, pastilah ada kelebihan yang  anda miliki. Fokuslah ke sana. Asah kelebihan anda  menjadi tajam daripada  meratapi  kekurangan yang pada akhirnya  menghancurkan hidup anda.
2.      Hentikan  obsesi  terhadap kesempurnaan.Obsesi  untuk  menjadi sempurna sama seperti  mencari jarum  dalam lautan  luas. Hampir tidak mungkin terjadi. Mengejar  kesempurnaan  hanyalah  ilusi  yang  membuat harga diri  anda menurun drastis. Jangan  mengharapkan kesempurnaan, tapi  berharaplah  untuk  menjadi  lebih baik dari sebelumnya. Menuntut  kesempurnaan menghambat  kemajuan, sedangkan  menjadi  lebih baik  membuat anda bertumbuh.
3.      Lihat  kesalahan  sebagai  peluang  untuk belajar. Terima  kenyataan sobat, bahwa  membuat kesalahan  adalah bagian  dari  pengalaman hidup anda.Tidak ada seorang pun  yang tidak  pernah  membuat kesalahan. Kesalahan  adalah  bagian dari  pengalaman dan proses belajar. Membuat  kesalahan adalah tanda anda  sedang bertumbuh karena  menjalani  proses baru. Ketika anda  masih bayi  dan baru bisa  merangkak, anda pasti jatuh berkali-kali  sebelum berhasil. Sebelum anda mampu  mengendarai  mobil, anda pasti sering menabrakkan mobil sampai  penyok di beberapa bagian. Kesalahan tersebut adalah wajar. Akan  menjadi apa  diri anda jika baru salah sekali saja bilang  anda  tidak mampu lagi dan menyerah?
4.      Rayakan keberhasilan  kecil. Tiap kali ada  keberhasilan sekecil apa pun, rayakan. Ini bertujuan untuk  menaikkan harga diri anda. Tiap kali anda  berhasil  melakukan apa pun, lakukan sesuatu untuk diri anda sendiri seperti  makan enak atau makan sedikit  lebih mahal dari biasanya atau  membeli hadiah untuk diri sendiri. Tindakan kecil  dan sepele  ini bila dilakukan  terus-menerus  akan meningkatkan  harga diri  anda  secara drastis  di kemudian hari. Jika selama ini  anda sering  menghukum  diri sendiri  karena kesalahan sedikit saja,  cobalah  menghadiahi diri sendiri  karena keberhasilan  sedikit saja. Celebrate your  life!
5.      Jangan  bandingkan  diri  dengan  orang lain. Membandingkan  sesuatu, terutama  membandingkan  kekurangan anda  dengan  kelebihan  orang lain akan  membuat hidup anda hancur. Anda  hanya  boleh  membandingkan  diri  dengan  orang lain hanya  jika  anda terinspirasi  secara  positif. Jika Anda  lebih cenderung  menyakiti  diri sendiri  secara negatif, lebih baik disingkirkan  kebiasaan ini.
6.      Fokus  pada  kelebihan  dan  pencapaian. Tuliskan  kelebihan yang anda miliki dan  tulislah semua pencapaian yang  sudah  anda  raih  selama ini, baik pencapaian besar ataupun kecil. Semua itu penting  untuk mengembalikan  harga diri serta kepercayaan diri anda. Yang harus anda fokuskan adalah kelebihan, bukan mengeluhkan kekurangan. Ketika anda  tidak percaya diri, minder, atau rendah diri,  lihat kembali  kelebihan  dan pencapaian  yang telah anda dapatkan.
Sobat, Kepercayaan diri  mempengaruhi  potensi  yang  pada  akhirnya  mempengaruhi  hasil  yang  kita  raih. Itulah  mengapa  orang  yang  tidak percaya diri  sulit melakukan hal-hal besar.  Orang  yang  percaya  diri  mampu  membangkitkan  potensi dirinya  sampai  ke tingkat  maksimal  sedangkan orang  yang tidak percaya diri  mengubur potensi  dirinya sampai  tingkat  terendah. Orang  paling  sukses  dan hebat  sekalipun pasti  punya  kekurangan, hanya  saja mereka tidak  mengeluhkannya. Orang gagal  lebih  fokus  dengan  kekurangannya  dan  menghabiskan sebagian besar  waktunya  untuk mengeluh.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa !
( Spiritual Motivator – DR.N. Faqih Syarif H, M.Si.  Penulis Buku The Power of Spirituality – Meraih Sukses Tanpa Batas. www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co