Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, July 11, 2016

Ulet dan Tangguh salah satu kunci Kesuksesan



  Keuletan ciri orang yang tangguh.
Setiap orang  selalu  diberikan kesulitan  selama  hidupnya. Tidak ada perjalanan  yang  mudah. Cara mereka  mengatasinya  yang  membuat mereka  berbeda.

Sobat, keuletan  berkaitan dengan  kegigihan. Kegigihan  adalah  bagian  penting  dari  disiplin diri . Gigih  berarti  menolak untuk berhenti. Yang berarti mempertahankan sikap  keras  hati  dan  pantang  menyerah  untuk  mencapai sesuatu. Anda  terus berjalan apa pun yang terjadi.
Keuletan  adalah  konsep yang  lebih luas  dan berarti  bahwa  anda  melakukan  hal yang harus  anda lakukan  agar anda memiliki kemampuan  untuk  kembali  bangkit  dari kegagalan.

Sobat, keuletan  berarti  anda  memotivasi diri anda  baik secara mental, fisik, emosional,  dan spiritual  sehingga  anda  mampu untuk terus melangkah  setelah  mengalami kegagalan, menderita sakit, kematian  orang yang tercinta,  dan krisis lainnya. Semua hal itu terjadi  dalam  perjalanan anda  menuju kesuksesan. Hanya  mereka yang mampu bangkit  kembali  dari segala  masalah tersebut yang  akan  sukses  dalam jangka  waktu  yang lama.

Oleh karena itu Paul G. Stoltz  meneliti selama  belasan tahun  menemukan  faktor  penting  yang  menentukan  kesuksesan seseorang. Yaitu kecerdasan  atau kemampuan seseorang  menghadapi  atau  bertahan dari kesulitan atau  rintangan yang dialami yang disebut dengan AQ – Adversity Quotient. Stoltz mendefinisikan kesuksesan itu kemampuan seseorang untuk  terus  maju  mencapai  tujuannya  meskipun  ada  banyak  rintangan  yang  menghadang. Dan faktor penting yang menentukan kesuksesan seseorang itu yang disebut AQ.
Sobat, ada  tiga  level  AQ  itu :
  1. Type Quitter. Type ini  adalah mereka yang  memiliki AQ rendah. Kemampuan  mereka dalam  menghadapi  badai  kesulitan  sangat lemah. Ciri paling mudah dilihat adalah  suka  menyalahkan  orang lain  dan kondisi  luar  saat  mengalami kesulitan. Lebih suka  menolak tantangan dan  lebih  memilih  lari  dari masalah. Terkadang  baru  mencoba sedikit saja   sudah  menyerah. Bahkan  baru  membayangkan  kesulitan dan tantangannya  saja  sudah  tidak  berani  mencoba  dan  lebih baik memilih berhenti.  Jika  tujuan itu  diibaratkan  puncak gunung, mereka  hanya sampai  di  dasar  gunung  atau  naik sedikit.  Mereka gentar dengan  tingginya gunung yang  harus  di daki. Bayangan  akan   kesulitan  yang harus dilalui  membuat  mereka  tidak jadi  mendaki  padahal   awalnya  mereka punya niat untuk itu.
  2. Type Camper. Mereka  yang memiliki AQ  sedang, Mereka  memang  mampu  bertahan dari masalah  dan kesulitan, tapi hanya  sementara. Mereka  cenderung  menyerah  jika  kesulitan   tersebut  sudah  sedemikian  tinggi. Mereka  adalah  orang  yang  memulai  tapi  berhenti di pinggir jalan. Mereka terlena dengan zona nyaman,  bermain aman, puas  dengan  apa yang diraih  meski  sebenarnya  sangat  ingin meraih  lebih. Jika  tujuan  diibaratkan  dengan  puncak  gunung, mereka  sudah    mendaki  cukup  tinggi. Mereka sudah  mencapai tengah gunung . Tapi karena  tidak tahan  dengan  kesulitan  yang  makin  menjadi-jadi, mereka  memilih  berhenti  dan turun  gunung.
  3. Type Climber. Mereka  yang  memiliki AQ  tinggi. Mereka  termasuk  orang  yang tahan banting dari  setiap  kesulitan yang dialami. Meski  banyak  rintangan, mereka  tidak  menyerah  dan  terus  maju  sampai  berhasil. Mereka  tidak pernah   membiarkan  apa  pun  menghalangi pencapaian tujuannya. Jika  tujuan  diibaratkan  dengan  puncak  gunung, mereka  terus  mendaki  dan berhasil   mencapai  puncaknya  meski  harus  melewati  berbagai kesulitan besar. Mereka  adalah  orang  yang  berlari  dari garis start  dan terus  berusaha apa  pun  yang terjadi  untuk  sampai  di garis finish. Type Climber inilah yang  memiliki kesempatan  yang lebih besar  untuk  mencapai  kesuksesan.
Begitulah  sobat  sekilat tentang AQ. Begitu anda ingin meraih  sesuatu, rintangan, kesulitan, dan masalah  akan  menghadang tanpa pandang bulu. Ketahanan diri anda  akan  menentukan  apakah  anda  sanggup  bertahan  dan melewatinya atau tidak. Masalah  datang  silih berganti  bagai  ombak  yang  tak pernah  berhenti. Daripada terus-menerus  mengeluh, lebih baik  ambil papan  selancar dan bermain bersamanya.
Mereka-mereka yang sukses dan juara, pemenang dalam bidang keahlian apa pun adalah  mereka yang  menerima tendangan  dan sepakan  yang  keras, lebih banyak, dan  lebih  menyakitkan. Tapi tendangan, sepakan  yang diterima itulah yang menjadikan  mereka lebih kuat, lebih hebat, lebih kokoh, dan lebih tahan banting  dalam menghadapi kehidupan ini. Never give Up !
Salam Dahsyat dan Luar Biasa !
 ( Spiritual Motivator – DR. N. Faqih Syarif H, M.Si. Penulis buku The Power of Spirituality. Pengasuh Acara Thank God Tommorow is Friday  tiap kamis sore  jam 17.00 sd 18.00 di Radio SMART 88.9 FM  Surabaya. www.faqihsyarif.com )


Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co