Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, June 14, 2016

Pantaskan diri menjadi Ulul Albab !



Pantaskan diri menjadi Ulul Albab !
Orang yang  mengajari  kebaikan, setiap binatang  melata memintakan ampunan baginya hingga ikan-ikan di lautan, begitulah penjelasan Abdullah bin Abbas. Ilmu adalah sahabat akrab  seorang mukmin, kesantunan  sebagai pengiringnya, kecerdasan sebagai petunjuknya, amal  sebagai  buahnya, sabar  sebagai ketua regunya, kelembutan sebagai ayahnya. ( The Power of Spiritual, 2016)

Sobat, Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an maka tulisan kali ini saya mengajak membahas mengenai ulul albab yang di dalam Al-Qur’an Allah, menyebutnya dengan penuh penghargaan di enam belas tempat. Ulul Albab adalah sebutan indah  untuk para pemikul pengetahuan yang hakiki. Imam Ibnu katsir menjelaskan bahwa ulul albab adalah para pemilik akal  yang  sempurna  dan bersih, yang memahami hakikat  berbagai hal secara nyata dan benar, yang mengambil sikap secara jelas  dan terang, serta bertindak  secara tepat dan bermanfaat. Mereka yang mempunyai hati yang berdzikir dan berpikir, secara terus-menerus lagi mendalam.
Sobat, bagaimana ciri-ciri ulul albab menurut Al-Qur’an , Ulul albab para pemilik kedalaman pikir, beriman kepada Allah, mereka takut akan adzab Allah yang menimpa kaum pendurhaka. Rasa takut itu menjaga mereka agar tak jatuh di dalam durhaka yang mengundang murka-Nya. 

"Allah menyediakan bagi mereka azab yang keras, Maka bertakwalah kepada Allah Hai orang-orang yang mempunyai akal; (yaitu) orang-orang yang beriman. Sesungguhnya Allah telah menurunkan peringatan kepadamu,” ( QS Ath-thalaaq (65) : 10 )

Mereka Ulul Albab adalah  Orang-orang yang beriman yang takut dan tunduk kepada Allah SWT. Rasa tunduk  itu  menjaga  agar  mereka tak meremehkan  kebenaran yang mungkin saja datang  melalui  sesama. Al-Qur’an turun, senantiasa  menjadi pengingat bagi mereka. Ayat-ayatnya selalu  menyentuh hatinya, menggugah jiwanya,  menyalakan semangatnya,  dan  menegakkan  keteguhannya.
Sobat, ciri-ciri berikutnya adalah Ulul Albab bersemangat  menyimak  sejarah dan kisah masa lalu, sebagaimana wahyu Allah  yang banyak mengandung kisah-kisah teladan. Mereka  menjadikannya  pelajaran penting bagi hari-hari yang mereka hadapi. Tentang Iman dan ingkar, perkara taat dan maksiat, hingga teladan dan akhlaq dan adab. Semua potret karakter manusia yang baik dan mulia, yang dimurkai bahkan yang sesat ditunjukkan Allah dalam Al-Qur’an.
Sebagaimana yang disebutkan dalam QS. Yusuf ayat 111 :

 
“ Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.” (QS. Yusuf (12) :111)

Imam Ibnu Katsir  menjelaskan bahwa  dalam kisah para rasul  dan kaum mereka serta bagaimana Allah  telah menjayakan orang-orang  beriman dan  merendahkan orang-orang  yang  ingkar, terdapat pelajaran bagi para pemilik kedalaman pikir, mereka itulah ulul albab.
Sobat, ulul albab  belajar dari Adam dan Hawa; dari kecermelangannya, ketergelincirannya, taubatnya, dan hari-hari awalnya di bumi yang tak mudah. Ulul Albab belajar dari NUH,HUH, SHALIH, dan LUTH : keteguhannya, pengabdiannya, dakwah siang-malamnya, cintanya, tangisnya, kepasrahannya kepada Allah SWT. Ulul Albab  belajar dari IBRAHIM, ISMAIL, ISHAQ, HAJAR, dan SARAH : Ketabahannya, ujian dahsyatnya, kebapakan, ketaatannya, kemanusiaannya dan penataan cintanya. Dan masih banyak lagi kisah para rasul lainnya.

Sobat, Ulul Albab  adalah  ahli  dzikir dan  ahli tafakkur.  Dalam berdiri, duduk, maupun berbaringnya lisan mereka tak lepas  dari asma Allah SWT Sang Pencipta, menggetar di hatinya, mengalun pada aliran darahnya,  menggerakkan  otot dan tulangnya. Jenih pikiran sang ulul albab  tentang segala ciptaan  Allah; tiada  yang sia-sia  sebab dibaca dalam nama-Nya, didayagunakan  untuk maslahat semesta. Silahkan simak da pahami QS. Ali Imran (3) ayat 190-191.

Sobat, Ulul albab itu mereka yang selalu memperkokoh pemahaman tauhidnya; bahwa Ilahnya itu Allah yang satu, tiada putra dan tanpa sekutu. Tiada hari yang mereka lalui, melainkan Al-Qur'an terus ditadabburi. Dengan itu, dada mereka terang oleh paparan wahyu, jiwa mereka lega oleh penjelasannya. Dengan itu, akal mereka takluk oleh nasihatnya, dan pikir mereka tunduk oleh peringatannya. Simak dan baca QS Ibrahim (14) ayat 52.

Semoga Allah senantiasa memberi kita kekuatan untuk terus istiqomah memantaskan diri menjadi hamba-Nya yang memiliki karakter mulia nan hebat  sebagai Ulul Albab yang dijamin keberkahan dan kebahagiaannya baik di dunia maupun di akherat.

Salam Dahsyat Dan Luar Biasa !
( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si. Penulis buku The Power of Spirituality – Meraih Sukses Tanpa Batas. Narasumber tetap Thank God Tommorow is Friday  SMART 88.9 FM Surabaya. www.faqihsyarif.com )


Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co