Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, April 19, 2016

Jangan Sampai Kehilangan Harapan !



Jangan sampai kehilangan Harapan !
Hidup  ibarat  berselancar. Ketika Anda  terjebak  dalam zona dampak ( impact zone), anda  perlu bangun  dan bersiap karena anda tidak pernah tahu apa yang ada dalam ombak berikutnya....

Sobat,  mungkin  pernah anda melihat atau mendengar mengenai kisah Helen Keller sejak umur 8 tahun dia mengalami cacat; buta, tuli, dan bisu yang dia  terus maju melangkah dan akhirnya  bisa  memberikan inspirasi ke seluruh dunia. Ada kunci rahasia keberhasilan dia dalam kisahnya yaitu semangat, optimisme dan percaya diri yang luar biasa.

Sobat, dia  memiliki seorang guru yang luar biasa dan mengasihinya tanpa syarat dialah Anne sullivan. Kasih sayang Anne kepada Helen  memang luar biasa. Ia benar-benar  sahabat  sejati  yang  mencurahkan kesabaran,ketulusan, pengertian, penghayatan, energi dan waktu, serta keseluruhan hidupnya  untuk  membuat helen  berdaya, menjadi manusia  seutuhnya  yang bisa memberikan inspirasi  kepada manusia di seluruh dunia melampaui zamannya sendiri.

Sobat, kasih adalah  kunci kesuksesan dari setiap orang di dunia ini. Pertanyaannya, siapakah  yang telah  memberikan kasih yang tanpa syarat  kepada anda sampai anda bisa  menjadi orang  yang sukses seperti sekarang ini?

Bagi saya, orang tersebut pertama-tama adalah kedua orang tua saya lebih-lebih almarhum ibunda.  Merekalah  yang  telah  berjuang  dengan keringat  dan air  mata  untuk membesarkan saya, mendidik, memaklumi saya, mengasihi dengan penuh kasih, dan  memahami saya. Dan alhamdulillah perjuangan mereka  membuahkan hasil seperti yang bisa  saya nikmati sekarang ini. Semua keberhasilan, saya kembalikan  kepada  mereka dan semoga Allah akan  memuliakan mereka di akherat  sebagaimana mereka telah memuliakan saya di dunia ini.

Sobat, kembali kita belajar dari kisah Hellen Keller selain kasih di atas, yang menarik  dari Helen Keller ini adalah Optimisme. Kita bisa lihat pengertian optimisme menurut Helen Keller : “ Optimism is  the  faith that leads  to achievement. Nothing can be done without hope  and  confidence.”  Optimisme adalah keyakinan yang  mengarahkan  kita  kepada pencapaian. Tidak ada hal  apapun  yang  bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan.

Sobat, dari pernyataan Helen ini kita bisa ambil kesimpulan bahwa optimisme itu terdiri dari dua unsur yaitu pertama adalah Harapan dan kedua adalah keyakinan diri.  Tentu saja dalam hal ini kita berharap  kepada sesuatu yang bisa  membantu kita, dan sesuatu  itu harus  lebih besar dan kuat daripada diri kita sendiri. Semakin lebih  besar  sesuatu itu dibandingkan dengan diri kita, maka  harapan  kita  akan  menjadi  lebih besar. Kalau demikian, maka harapan  itu seharusnya tidaklah sekedar  digantungkan pada orang lain yang lebih besar daripada kita. Tetapi harus digantungkan  pada Yang Maha Besar yaitu Allah SWT. Dan unsur yang kedua dari optimisme yang juga tidak kalah penting adalah  keyakinan diri.

Sobat, Menurut saya  keyakinan dan kepercayaan diri ini adalah hal yang sangat penting. Ketika kita hanya  mengandalkan kekuatan di luar kita, tetapi  tidak percaya pada kekuatan diri sendiri maka kita  tidak  akan  berjalan  ke mana-mana, dan otomatis  nasib kita juga tidak pernah  berubah.

Sobat, bayangkan  orang  yang  menderita sakit parah. Dia percaya bahwa Tuhan  pasti akan  bisa  menyembuhkannya. Tetapi dia tidak melakukan upaya  apapun  yang dibutuhkan karena  tidak  yakin  bahwa ia bisa memperbesar  peluangnya  untuk sembuh. Jadi dia  hanya  memiliki hope tetapi tidak  mempunyai  confidence. Tentu saja hal ini tidak bisa disebut  sebagai  opitmisme.

Jadi Rumus Optimisme adalah :  Optimism = Hope x Confidence,  sedangkan Hope = Believe in  God.   Dan Confidence = Believe in yourself. Dan jangan  lupa  sobat, Believe in God  harus   muncul  lebih  dulu  daripada Believe in yourself.

Sobat, “karakter  tidak dapat  dibangun dalam  kemudahan dan kesunyian. Hanya melalui  pengalaman  dalam  mencoba dan melalui penderitaanlah jiwa bisa diperkuat, ambisi bisa ditularkan dan  sukses bisa dicapai.” Kata-kata Helen Keller  yang layak kita hayati. Pernyataan Helen ini  menggambarkan  mengenai  perjuangan  hidupnya  yang luar biasa yang  perlu juga kita teladani. Yaitu bahwa  apapun  yang terjadi kita harus terus  melakukan  sesuatu  karena hanya  dengan  melakukan sesuatu kita  akan  beroleh  pengalaman. Pengalaman terutama  pengalaman yang pahit  akan  memperkuat jiwa kita.

Sobat, iman adalah sesuatu  yang  mudah dikatakan – bukankah semua orang  akan  mengatakan  bahwa  dirinya  beriman kepada Allah? Tetapi  iman  sesungguhnya  bukanlah  apa  yang dikatakan  tetapi  apa  yang  kita  yakini, apa yang tersimpan  jauh di dalam diri kita. Iman  adalah suatu  kekuatan dahsyat  yang dapat  mengubah  apapun,  serta  membuat  yang tidak mungkin  menjadi  mungkin.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator – DR. N. Faqih Syarif H, M.Si. Penulis  buku The Power  of Spirituality – Meraih Sukses Tanpa Batas. Pengasuh tetap  acara Thank God Tommorow  is Friday tiap kamis jam 17.00 -18.00 hanya di Radio SMART 88.9 FM Surabaya. www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co