Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, January 25, 2016

Ayo Menulis sobat !



Lima Tahapan Menjadi Penulis
Sobat, banyak diantara kita merasa kesulitan untuk menulis padahal menulis  adalah hidup itu sendiri. Sebab menulis bisa memberi kita tempat untuk menyimpan dan menikmati suatu kenangan, pengetahuan, pemikiran, keinginan, perasaan, tujuan dan harapan-harapan. Dengan demikian menulis membantu menemukan siapa diri kita, kenapa kita ada di muka bumi ini? Apa yang hendak kita perbuat dan tujuan apa yang hendak kita capai, kemana kita akan pergi, dengan menulis dapat memberi kita harapan, membantu kita bermimpi luas dan dalam, serta membuat kita mengetahui bagaimana cara mendapatkannya, dengan begitu kita akan menjadi punya arti dan tujuan dalam hidup ini, karenanya dengan menulis bisa membuat merasa lebih hidup.

Sekarang bagaimana agar menjadi penulis yang handal? Ada lima tahap yang mesti harus dilakukan dengan komitmen yang tinggi. Tanpa komitmen dan serius melakukan 5 tahapan ini mustahil akan menjadi penulis yang handal. Pertama, Latihan, kedua, Latihan, ketiga,Latihan, keempat, Latihan dan kelima, Latihan. Lho kok bisa, Ya Bisalah. Bisa karena biasa! Artinya sobat, setiap saat kita harus selalu melatih diri hingga tulisan yang kita buat sungguh-sungguh sempurna. Menulis itu seperti naik sepeda atau  berenang kalau kita tidak pernah berlatih maka juga tidak akan pernah bisa naik sepeda kalau takut jatuh dan enggan berlatih untuk menaikinya. Tidak akan pernah bisa berenang kalau takut dengan air. Oleh karena itu, agar kita menjadi penulis yang handal teruslah berlatih, berlatih dan terus berlatih hingga kita terbiasa dan mahir melakukannya.

Sobat, menulis adalah mengikat gagasan dan gagasan muncul itu ibarat petir yang melesat dengan cepat. Gagasan adalah sebuah interaksi tentang apa yang berhasil ditangkap oleh pikiran. Jika berhasil menangkap gagasan tersebut, kita bisa menuangkan dalam bentuk verbal, baik secara tulisan, maupun lisan. Berikut beberapa kiat atau langkah apa yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan gagasan tersebut menjadi bahasa tulis :


  1.  Mengenali datangnya gagasan.  Ide atau gagasan  yang tersusun dalam pikiran dapat muncul di mana saja dan dipicu oleh apa saja dan berlangsung secara spontan, sangat cepat atau kadang tak terduga datangnya. Segeralah Anda menulis langsung di depan computer atau langsung menulis di atas secarik kertas atau kemana-mana bahwa buku agenda setiap ada inspirasi muncul segera ditulis.
  2.  Menggali  ide.  Dengan melakukan observasi melakukan perjalanan, bertemu dengan beberapa orang, melakukan wawancara, dan mungkin sedikit investigasi. Observasi itu diartikan merekam apa yang anda lihat dan rasakan. Dari perjalanan tersebut, mungkin kita tidak hanya menemukan gagasan saja, tapi sekaligus juga pelajaran hidup yang lebih berharga.
  3.  Sumber Bacaan.  Ibarat bahan bakar, membaca merupakan sarana  utama  untuk  lebih memotivasi diri dalam menulis. Tumbuhkan terus minat baca! Mulailah membaca dari  hal yang sederhana atau hal-hal yang anda sukai, tak jarang akhirnya akan muncul gagasan yang brilian. Bahan bacaan tidak selamanya dalam bentuk buku, sebuah Koran di pagi hari atau majalah dan jenis bacaan lainnya juga bisa menjadi sumber inspirasi.
  4.  Mengembangkan Kebiasaan. Jadikan membaca menjadi ritme kebiasaan anda, setelah itu jadikanlah menulis sebagai kebiasaan pula. Smith (1988) mengemukakan bahwa bahwa kita menulis, setidaknya, karena dua alasan. Pertama, menulis untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun yang lebih penting, Anda menulis untuk dirimu sendiri, untuk memperjelas dan merangsang pikiran, serta mengungkapkan semua gagasan yang ada dalam pikiran.
  5.  Menulis dari mana saja.  Mulailah menulis dari mana saja, sesuai dengan minatmu. Terkadang, tidak salahnya juga anda gunakan prinsip jurnalistik  5W + 1H. Misalnya, saat Anda menulis cerita fiksi tentang semua yang Anda alami, anda lihat, dan anda rasakan dapat anda tumpahkan dalam tulisan.

Semoga beberapa hal di atas bisa menjadi stimulus untuk segera menulis atau menangkap sebuah gagasan. Sobat, perlu kita ingat selalu berlatih dan berlatih serta tidak bosan untuk melakukan perbaikan terus-menerus. Jadikan juga kebiasaan untuk mendokumentasikan data atau bahan-bahan penulisan. Jangan lupa kalau sudah jadi , mempublikasikan tulisan anda agar bisa di baca  dan menginspirasi banyak orang, bisa melalui blog anda, newsletter, majalah, tabloid atau surat kabar. Bergabunglah dengan komunitas sesuai minat anda agar semangat Anda terjaga. Baca,baca, baca dan simpanlah apa yang kamu baca itu. Menulis, menulis, dan menulislah apa saja yang menjadi minat anda guna menjadi inspirasi mulia bagi sesama. Bergabunglah dengan masyarakat pecinta buku !
( Spiritual  Motivator  -   DR. N. Faqih Syarif H, M.Si.  Penulis  buku  The Power  of Spirituality  - Meraih  Sukses Tanpa Batas. www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co