Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, December 8, 2015

BERANI BERUBAH !



Dare  to  change – Berani  berubah
Sobat, yang pasti adalah  ketidakpastian dan  perubahan adalah  sebuah  keniscayaan. Perubahan ke arah  kebaikkan adalah harapan  setiap insan untuk menjadi insan yang mulia.

Sobat, ada pertanyaan yang menarik untuk kita perhatikan. Mengapa hidup  tidak  pernah  berubah? Bukan  hidup  yang tak berubah, mungkin  cara berpikir  kita  yang  belum  berubah. Mengapa  hidup  masih  serba kekurangan? Bukan hidup  yang  masih kekurangan, mungkin ilmu kita yang kurang. Mengapa hidup  tidak  begitu  berarti? Bukan kita tidak berarti mungkin saja kita tidak membuat diri berarti.
Sobat, berikut ini ada tujuh langkah yang  membantu kita berubah menuju kebahagiaan  sejati :
1.      Temukan  diri anda. Masing-masing dari kita  memiliki tujuan hidup. Dengan  mengetahui  tujuan  tersebut seperti, siapa diri kita, apa yang kita inginkan,  dan  bagaimana kita  ingin  menjalani  hidup kita, akan  memberikan titik awal  untuk berubah menuju kebahagiaan sejati.  Semakin  jelas  misi kita dalam  hidup, semakin baik pula  kesempatan kita  untuk  mewujudkannya. Setiap pilihan  yang  kita  buat  menajamkan takdir kita. Jika  kita bercita-cita  membuat pilihan-pilihan  bijaksana yang konsisten  dengan  misi kita, itu berarti kita telah  berada di jalur  menuju kebahagiaan sejati.
2.      Pertahankan  kebiasaan-kebiasan positif. Saat kita  menemukan  jati diri kita  dan  percaya  akan  kapasitas  yang  melekat dalam  diri  kita, kita  juga  akan  merasa  bahwa  dunia juga  mulai  mempercayai  kita. Jika kita fokus  pada  apa  yang kita miliki  dan  apa yang  kita dapatkan  dalam kehidupan sehari-hari, kita akan menarik lebih banyak  berkah dari diri kita  sendiri. Kita  tidak  mampu  mengendalikan  pikiran atau tindakan orang lain. Satu-satunya  kendali yang  kita  miliki  adalah pikiran-pikiran  dan tindakan-tindakan  kita sendiri. Semakin  kita  berkonsentrasi pada  etika, prinsip-prinsip, dan tindakan-tindakan kita, kita akan  semakin mampu  mengendalikan  kebahagiaan kita. Kita  harus  menggunakan kendali ini untuk  memberikan usaha-usaha  terbaik kita  dalam kehidupan. Dan  kemudian  mulai berhenti  mengkhawatirkan apa yang lepas  dari  kendali kita.
3.      Asah  bakat  hidup  anda. Kita  semua  memiliki peran  dalam  hidup. Saat kita  bekerja dengan  kebanggaan, memberi  semangat  pada  orang  lain, dan  menjadi  pemimpin  sejati  di setiap aspek  kehidupan  kita, kita  mulai  membuat  sebuah  perbedaan positif dalam  hidup  kita  dan orang-orang  di sekitar  kita.
4.      Bangun  Hubungan  yang sehat.  Kita  tidak hidup  dalam  pulau milik kita sendiri. Oleh sebab itu, hubungan  kita  dengan orang-orang  terdekat kita  merupakan  bagian  penting  dalam  hidup  kita. Ketika  kita  memiliki hubungan  sehat  yang dipenuhi  dengan cinta, penghargaan, dialog, dan  pembelajaran, kita dapat meraih  kebahagiaan  yang tiada  tara. Komunikasi  yang  efektif, pendengaran yang aktif,  perbedaan yang  berharga, merayakan keluarga, dan  mengasuh  anak-anak  adalah  beberapa bahan-bahan  penting  yang  membangun hubungan  yang  sehat.
5.      Biarkan Etika dan  nilai-nilai spiritual  menjadi  pemandu anda. Jika  kita  menjalani  hidup  dengan  dipandu  oleh  etika  dan nilai-nilai spiritual, kita  akan  senantiasa  merasa  damai. Niatan-niatan murni  yang  terkandung  dalam  setiap  tindakan kita  akan  menciptakan dasar  yang kuat.  Saat kita  membawa kebahagiaan sejati  bagi  kehidupan  orang lain,  berarti  kita  telah  menciptakan kebahagiaan  bagi  hidup kita  sendiri. Ingat, semakin  banyak  yang  kita  berikan, semakin  banyak  pula yang  kita  miliki. Keindahan dalam  memberi  adalah salah satu  kebahagiaan terbesar  dalam hidup.
6.      Bangkitkan  spiritualitas anda.  Jika  kita  menginginkan kebahagiaan  sejati,  kita  harus  menghubungkan  tindakan-tindakan  fisik  kita dengan  tindakan  spiritual.  Memanjatkan  doa  setiap  hari, sembahyang, dan  merenungkan  keagungan Allah  serta  kemuliaan alam adalah beberapa cara  untuk  berhubungan dengan  spiritualitas  kita.  Saat  kita  menunjukkan  tindakan-tindakan  fisik kita  berdasarkan  kebaikan-kebaikan  spiritual, berarti  kita  mengubah  tindakan-tindakan fisik kita  menjadi  tindakan-tindakan  spiritual. Kita  mulai  melihat diri  kita sendiri  sebagai  makhluk  spiritual dengan  kehidupan fisik.
7.      Nikmati  perjalanannya.  Kebahagiaan  tidaklah  jauh  tetapi ada  di sini di tengah-tengah  kita. Bagaimanapun, kita  harus  memilih  untuk  bahagia. Kebahagiaan  tidak diciptakan  dari kondisi  melainkan pilihan  yang  kita  buat. Maka pilihlah untuk bahagia  sekarang !

Sobat, walaupun melakukan enam  langkah  pertama  mendorong  kita   untuk  menghidupkan potensi  kita  sepenuhnya  dan  memberikan  kita  kesenangan bathin, langkah  ketujuh membawa  kesenangan dan  keceriaan hidup. Langkah ketujuh  tanpa enam langkah pertama  dapat  membawa  kebahagiaan terbatas, tetapi  kebahagiaan sejati  muncul  dari melakukan enam langkah  pertama  sembari merasakan dan  menikmati prosesnya.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !  ( Spiritual Motivator – DR.N. Faqih Syarif H, M.Si. Penulis buku  The Power  of  Spiritualty – Meraih Sukses Tanpa Batas. www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co