Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, August 31, 2015

Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi Diri !

Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi diri !
Selama kita tahu apa yang kita inginkan, dan terus mengejar impian kita, yakinlah, kita akan sampai. Allah itu selalu ada baik disaat kita membutuhkannya. Tidak ada yang cita-cita yang terlalu besar untuk dikabulkan-Nya dan tidak ada doa yang sulit untuk dikabulkan-Nya. Maha Suci bagi Allah.
 ( The power of Spiritual,2015)

Sobat, Kita tidak bisa mengatur ke mana arah angin tetapi kita bisa menyesuaikan layar kita. Kita tidak bisa mengendalikan tindakan orang lain, tetapi kita bisa mengendalikan reaksi kita sendiri. Reaksi Anda adalah Pilihan Anda! Bereaksilah secara positif dan Anda akan bahagia.

Sobat, Bila kita mau  memiliki  hidup yang  lebih berarti, menhyenangkan, dan memuaskan; perkayalah kehidupan dengan  memaksimalkan potensi  diri dan  meningkatkan kualitas hidup anda. Jangan tunda-tunda untuk mengembangkan diri.
Pengembangan diri  adalah suatu proses yang tidak  dapat  dicapai  dalam  waktu  singkat. Justru ini  adalah  usaha pembelajaran  seumur  hidup. Perubahan sikap, pembangunan karakter, dan  peningkatan keterampilan memang sulit, tapi dengan kesungguhan dapat dilakukan.

Sobat, apa sih kompetensi itu?  Kompetensi adalah faktor kunci keberhasilan seseorang dalam melakukan pekerjaannya kompetensi terdiri  dari faktor teknis dan non teknis, kepribadian  dan tingkah laku, soft skill  dan  hard skill.  Diantara faktor-faktor  pembentuk kompetensi ; Keterampilan, Pengetahuan, Peran sosial, citra diri, sifat dan karakter serta  motivasi.

Sobat, berikut ini tips praktis bagaimana kita bisa mengembangkan diri kita :
  1. Perhatikan keindahan yang ada di sekitar kita ; pandang, baca, cium, kecap, dan  dengarkan keindahan. Gunakan  seluruh indera untuk  menyerap banyak keindahan alam anugerah Allah yang begitu  luar biasa yang masuk dalam hati dan hidup kita.
  2. Berwisata kuliner. Kecaplah rasa  berbagai makanan. Beranikan diri sobat, mencoba makanan yang tidak  anda  suka. Cicipi kekayaan khasanah kuliner di berbagai daerah yang anda kunjungi.
  3. Menikmati  semua kegiatan wajib dan buatlah kegiatan-kegiatan wajib itu memperkaya kehidupan anda.
  4. Hargailah waktu. Gunakan  waktu  menunggu  dan  perjalanan untuk  membaca, atau hal positif lainnya.
  5. Nikmati tidur yang berkualitas bukan lamanya tidur. Tidur adalah investasi juga tubuh menjadi bugar dan sehat karena tidur. Kesehatan dan tubuh kita adalah aset. Jadikanlah tempat tidur  sebagai sarana yang aman, nyaman untuk rileks. 
  6. Kita dapat mengetahui potensi, bakat atau talenta kita  dengan melakukan Tiga M : Mencoba berbagai hal, Mempelajari banyak hal, Mencari pengalaman sebanyak mungkin.  Dengan melakukan hal itu, kita akan mengetahui passion, atau  gairah kerja kita ada di mana, Mengetahui “tempat” kita atau panggilan jiwa kita, tujuan hidup kita, Mengetahui calling dan Passion  serta melakukannya akan  menjadikan hidup lebih berarti, bergairah atas apa  yang kita lakukan, mengisi kekosongan hati, dan jiwa pun merasa puas.
  7. Mengembangkan diri. Kita semua dapat  mengmbangkan diri  ke arah yang  lebih baik. Ketahuilah ke mana anda  ingin berkembang. Kuncinya adalah latihan dan pengulangan. Ditambah  ketekunan  dan doa. Anda dapat membuat segala sesuatunya terlaksana. Rencanakanlah  pengembangan diri anda. Ikutilah setiap pengembangan. Hanya dengan ketekunan, anda dapat menjadi pribadi yang berkualitas. 
  8.  Mengembangkan Potensi. Jika kita mau bertekad untuk  menggali potensi diri, maka kita dapat  menjadi orang yang lebih ahli, lebih berbakat, lebih pandai, bahkan lebih baik dari yang dapat  kita bayangkan. Perkaya kehidupan anda dengan  mengeluarkan kekuatan yang masih  tetrsembunyi. Percayalah  bahwa  potensi itu  ada  dan  menunggu anda  mengeksploitasinya hingga  berkembang  maksimal.
  9. Lupakan masa lalu yang tak menyenangkan, trauma dan kegagalan masa lalu dengan Fokus di masa kini. Dalam kehidupan, kita sedang “berjalan”  maju. Jangan biarkan masa lalu yang membebani hati dan pikiran  menghambat langkah kita untuk maju. Tanggalkan saja “barang bawaan” yang tak perlu itu! Dengan fokus di masa  sekarang, maka kita dapat berlari dengan cepat menuju tujuan.
  10. Mau belajar dan  rendah hati. Orang yang sombong tak mau  menerima masukan  dari orang lain, ia merasa selalu benar. Padahal, tak ada orang yang sempurna. Selalu ada yang perlu diperbaiki di sana-sini, demi  kebaikan kita sendiri. 
  11. Berani  meninggalkan zona kenyamanan, tak takut salah dan tak malas  untuk terus  menambah pengetahuan dan keterampilan baru.
  12. Membina hubungan baik dengan  orang-orang benar dan komunitas yang tepat yang memiliki kriteria: komunitas yang positif, produktif dan kontributif di tengah-tengah masyarakat.
  13. Meningkatkan kedekatan hubungan dengan Allah SWT. Saat seseorang memiliki segalanya, tanpa kedekatan dengan Allah, semuanya itu akan membuahkan kesombongan. Melalui kedekatan hubungan kita dengan Allah, Dia akan menolong dan menyempurnakan kita. Kehidupan yang paling sempurna adalah  kehidupan  yang sesuai dengan  kehendak dan rencana Allah SWT.
Sobat, di penghujung artikel singkat ini saya menegaskan kembali, jika kita ingin  bahagia, tariklah pemicu kebahagiaan ini, jangan ditundatunda lagi; kerjakan sekarang juga. Bereaksilah secara positif. Pilihlah juga emosi yang positif. Hilangkan semua energi yang negatif dan kita pasti akan bahagia.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa ! ( Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H, Narasumber tetap Thank God Tommorow is Friday di Radio SMART 88.9 FM Surabaya tiap hari kamis jam 17.00 – 18.00. Penulis Buku-buku Motivasi spiritual dan pengembangan diri. www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co