Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, June 10, 2015

Menjadi Pribadi yang hebat


Menjadi Pribadi yang hebat
“Jika kita pandai menyukakan hati orang, kita termasuk orang bijaksana, itupun asalkan kita tidak mengorbankan keyakinan dan pendirian diri sendiri. Yang sangat banyak merusak kebijaksanaan adalah sifat kasar, cepat marah, sombong, dengki, dan benci. Tidak menghargai orang lain dalam pendiriannya, merasa saya yang paling benar.” (Prof. Dr. HAMKA)

Sobat, hendaknya ada pada diri kita ini suatu daya tarik yang menyebabkan jiwa orang yang dekat dengan kita tetap lekat sehingga timbul hubungan yang kekal dan bukan karena dipaksakan atau dibuat-buat. Ingatlah Loyang sepuhan lama-kelamaan akan kembali juga kepada warnanya yang asli.
Pertanyaannya sekarang, dengan apa kita membuat orang menjadi tertarik? Beliau Prof Dr Hamka mmeberikan pesan kepada kita; dengan budi pekerti yang tinggi, kesopanan, ilmu pengetahuan yang luas, kesanggupan menahan hati pada perkara yang belum disepakati, dengan kecerdasan, kecepatan menarik kesimpulan, kebagusan susunan kata, kepandaian menjaga perasaan orang, dan kesanggupan menenggang. Kumpulan sifat dan kelebihan itu menimbulkan daya tarik. Inilah yang dalam bahasa motivasi penulis Tingkatkan terus kompetensi bukankah isi akan mengikuti wadah.

Sobat, berikut cara-cara untuk bijaksana; bersiap dan tidak terburu-buru, kuasai dan milikilah ilmu dan pengalaman, cerdik cendekia, teguh dan tetap hati. Adapun pantangan sikap bijaksana ada lima macam:
1.      Terburu-buru.
2.      Terlalu panjang berpikir
3.      Kurang ilmu dan pengalaman
4.      Salah berpikir atau Berpikir tidak teratur.
5.      Beku, lamban dan damban.
Bung Hatta pernah mengatakan, “ Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun, tidak jujur, sulit untuk memperbaikinya.”

Sobat, terkadang kita takut kematian. Padahal, jika kita sudah terlanjur hidup, mati adalah sesuatu yang pasti. Lebih baik kehidupan ini diisi dengan sesuatu yang akan member arti hidup kita dan manfaat kepada hidup kita. Mati adalah sesuatu yang pasti. Hidup pun pasti!

Sobat, orang yang suka mengeluh tidak akan menang.Percayalah! orang yang suka mengeluh akan ditinggal oleh zaman. Nasibnya akan sama  dengan samiri, yang mendapat murka dari Nabi Musa, lari ke hutan, semakin lama semakin jauh. Kesudahannya ….berbulu panjang.  Atau menjadi orang yang suka mencemooh. Semua hal dicibirkan, semuanya salah, dan tidak ada yang lepas dari kritiknya. Dia sendiri tidak dapat berbuat apa pun.

Oleh karenanya sobat, jika menginginkan pribadi yang kuat, pandanglah alam dengan segala keindahannya dan teruslah berusaha menegakkan kebajikan. Penyakit muram dan memandang buruk adalah sikap pesimistis yang sangat berbahaya bagi diri sendiri. Penyakit turunan dari hal itu sangat banyak, diantaranya benci dan dengki. Itulah pangkal sakit jiwa yang sulit diobati dan membuat runtuh pribadi.

Sobat, berikut ini Action Tip yang membantu kita memahami bahwa kita Born to win and happy :
1.      Sisipkan waktu khusus untuk hati dan pikiran kita merenung bahwa sesungguhnya kita adalah pribadi yang unik, pribadi yang penuh potensi, pribadi yang diciptakan oleh Allah dengan beragam kelebihan. Tulislah 30 sesuatu yang Amazing pada diri kita ini yang menjadikan kita layak bersyukur kepada-NYa untuk memberikan prestasi terbaik dihadapan-Nya yang sekaligus menjadikan orang tua kita bangga punya anak seperti kita.
2.      Lupakan masa lalu yang kelam, jangan diingat-ingat semakin diingat semakin galau dan mengendurkan semangat kita. Yakinlah, masa depan milik kita, dan kita sendiri yang menjadi arsiteknya. Songsonglah masa depan yang pemuh kesuksesan dan kebahagiaan, jangan terbelenggu dan pasrah dibelenggu oleh masa lalu.
3.      Pikirkan 5 orang sukses yang kita kenal di bidang yang memang kita tekuni, pelajari, pola piker mereka, ATM ; Amati Tiru dan Modifikasi sesuai dengan keunikan dan kekhasan diri kita.  Ki Hajar Dewantoro pernah mengajarkan 3 N yaitu Niteni ( mengamati), Niroake ( Meniru ) dan Nambahake ( Memberi nilai tambah). Berani mencoba! Rasakan sensasi keberhasilan hidup anda.
4.      Ingatlah selalu bahwa setiap kita memiliki potensi untuk bisa mencapai keberhasilan dan mewujudkan segala mimpi kita menjadi kenyataan, tidak tergantung dari keluarga apa kita berasal, lingkungan seperti  apa kita dibesarkan,  dan latar belakang pendidikan  bagaimana yang  kita miliki. Potensi  itu ada pada setiap kita, potensi untuk  menjadi juara dalam kehidupan kita  sendiri.
5.      Setiap  sukses tidak dapat diraih  dengan gratis! Ada harga  yang  harus dibayar  untuk  bisa meraihnya. Harga  yang harus dibayar itu adalah bentuk pengorbanan kita dalam menapaki setapak demi setapak tangga menuju  mimpi  besar kita. Bersusah-payah membayar harganya sedikit-demi sedikit  merupakan langkah  bijak  lazim dilakukan oleh para  pemenang, dan ia merupakan sebuah aksioma yang absolute.
6.      Catat, renungkan, dan ambil  rencana tindakan perubahan diri kita untuk meraih impian dan keberhasilan hidup kita masing-masing.

Peliharalah cita-citamu baik-baik! Karena  jika  cita-cita padam, samalah artinya dengan mati.  Salam Dahsyat dan luar biasa !  ( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, Penulis buku-buku motivasi dan spiritual serta pengembangan diri, Pengasuh Acara Thank God Tommorow is Friday  di Radio SMART 88.9 FM  Surabaya. www.faqihsyarif.com )


Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co