Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, March 10, 2015

If you believe You can… You can.



If you believe You can… You can.
Sobat kalimat dahsyat ini mengingatkan kepada kita semua bahwa untuk dapat menjadi juara sejati kita harus memiliki keyakinan yang kuat terhadap diri kita. Hanya ketika anda memiliki keyakinan penuh, baru anda berani mengambil tindakan untuk mencapainya.
Sobat, pada sesi pelatihan di hotel Amazing untuk membangun percaya diri para karyawan Amazing Hotel saya meminta para para peserta untuk menuliskan sesuatu yang Amazing pada diri mereka masing-masing minimal 30  dalam waktu hanya 10 menit. Ternyata dari 38 peserta hanya 1 orang yang berhasil menuliskan 30 hal yang menurut dia sesuatu yang Amazing pada dirinya yang layak disyukuri. 1 orang 28 hal, 2 0rang 25 hal, yang lainnya ada yang baru dapatkan 10, 5, 4 bahkan ada yang hanya mampu  menemukan 2 hal  yang amazing pada diri mereka.Padahal,semakin banyak kita menemukan sesuatu yang amazing pada diri kuta, semakin kita menambah syukur kepada Allah dan bisa membuat kita semakin percaya diri.
Sobat, keyakinan (belief) anda akan mempengaruhi sikap(attitude) anda terhadap setiap permasalahan hidup yang anda hadapi. Ingatlah jika anda ingin memiliki sikap yang positif, ubahlah terlebih dahulu keyakinan anda. Membangu rasa percaya diri yang tinggi bukanlah sesuatu yang dapat diciptakan dalam satu malam melainkan melalui proses yang panjang, Setiap orang pada dasarnya memiliki kapasitas untuk menjadi manusia yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
Sobat, berikut ini beberapa langkah yang dapat anda terapkan untuk menciptakan rasa percaya diri yang anda dambakan.
1.       Berhentilah untuk terus membandingkan diri anda dengan orang lain. Daripada membandingkan diri anda dengan orang lain, lebih baik berusahalah untuk bersaing dengan diri sendiri dengan berbuat sesuatu yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Berusahalah yang terbaik yang anda miliki. Ingatlah bahwa setiap orang adalah manusia ciptaan Tuhan yang unik,khas dan langka artinya special dan mempunyai jalan tersendiri untuk mencapai kesuksesannya. Kesuksesan hakiki bukan ketika kita berhasil mengalahkan prestasi orang lain, tetapi ketika kita berhasil mengalahkan diri kita dan mencapai prestasi yang memang semestinya kita capai sesuai kapabilitas kita.
2.       Jangan menjelek-jelekkan diri Anda. Jika anda ingin mencapai sesuatu yang bernilai baik dalam kehidupan pribadi atau karier. Anda harus terlebih dahulu menghargai diri sendiri dalam pengembangan diri. Anda tidak akan memiliki self-esteem yang tinggi jika anda terus menjelek-jelekkan diri Anda dengan kalimat yang menjatuhkan misalnya, “ Saya tidak akan sukses.” Atau “ Setiap hal yang saya lakukan pasti gagal.” Kalimat-kalimat ini hanyalah memperkuat perasaan negative dan tentu akan menurunkan self-esteem anda.
3.       Janganlah menolak pujian. Ketika anda menolak pujian, anda akan memberikan pesan kepada diri anda bahwa apa yang anda lakukan tidaklah berharga. Jadi mulai sekarang, jika ada yang memuji dengan tulus, terimalah pujian tulus itu dengan mengucapkan, “terima kasih”
4.       Berkawanlah dengan mereka yang positifdan memiliki semangat yang membara. Jika anda membiarkan diri anda dikelililingi oleh orang-orang negative yang sering menghambat pencapaian sukses anda, rasa percaya diri anda akan turun. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih orang atau kawan di sekeliling Anda. Pilihlah mereka yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.
5.       Tentukanlah arah hidup anda sendiri. Jalankan hidup ini seperti apa yang anda inginkan. Jangan membuat hidup anda didikte oleh orang lain yang menentukan apa yang terbaik untuk anda, Karena anda sangat mengetahui apa yang terbaik untuk diri anda sendiri. Ambillah tanggung jawab untuk menentukan arah hidup anda. Jika anda mengikuti kata hati anda, rasa percaya diri anda pasti akan bertumbuh.
6.       Ambillah Tindakan. Anda tidak akan memiliki self-esteem yang tinggi jika anda hanya menjadi penonton di pinggir lapangan dan menghindar dari setiap tantangan yang diberikan hidup ini kepada anda. Tidaklah cukup dengan berkata-kata positif mengenai diri anda di depan cermin seperti, “Saya Pasti Bisa!”. JIka anda tidak mengambil tindakan, rasa percaya diri anda akan surut. Ambillah tindakan, apa pun hasilnya nanti anda akan merasa bangga terhadap diri anda. Jika anda gagal untuk maju ke depan karena takut akan kegagalan,anda akan merasa frustasi dan tidak senang dan hal ini akan menurunkan rasa percaya diri anda. Hadapilah ketakutan Anda dengan mengambil suatu tindakan mulai dari hari ini.
Sobat, Apa pun yang selalu kita pikirkan, pada suatu saat akan menjadi kenyataan. Sebuah pikiran dapat merupakan kunci keberhasilan sekaligus kegagalan. Jika anda memberikan input secara positif ke dalam pikiran anda, ia akan menjadi kekuatan yang tak tergoyahkan, namun jika anda memberikan input negative padanya, anda telah membuyarkan semua kesempatan yang ada di depan mata.
Sobat, berhati-hatilah dalam menggunakan pikiran kita, karena pikiran itu akan berubah menjadi kata-kata yang kita ucapkan, kata-kata ini akan membentuk keyakinan kita. Keyakinan yang sudah terpateri kuat akan mendorong kita untuk mengambil tindakan, dan tindakan kita tersebut akan  berujung pada hasil yang kita dapatkan. Jika kita menginginkan hasil yang positif. Mulailah dengan berpikir positif.
Sobat, Apa pun realitas yang anda terima dalam hidup ini,terimalah dengan lapang dada. Pergunakanlah semua talenta yang diberikan Allah dan janganlah berfokus pada kelemahan diri anda. Fakta hidup tidaklah terlalu berarti banyak, tetapi yang lebih penting adalah respons anda terhadap faktalah yang memberikan hasil dalam hidup anda.
Salam Dahsyat dan Luar biasa! ( The power of Spiritual, 2015, N. Faqih Syarif H, Penulis buku-buku motivasi spiritual dan pengembangan diri dan Buku Komunikasi Bisnis Islam Kontemporer. www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co