Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, October 15, 2014

Jadilah "Driver" bukan " Passenger" !

Jadilah ‘Driver’ bukan “Passenger’ !
Hidup itu mesti bertumbuh dan berani Berubah. Berubah berarti memperbaiki diri dan memperbaiki kehidupan. Menurut Rhenald kasali gunakan prinsip seorang "Driver" adalah :
1.       Inisiatif . bekerja tanpa ada yang menyuruh. Berani mengambil langkah beresiko, responsif, dan cepat membaca gejala.
2.       Melayani. Orang yang berikir tentang orang lain, mampu mendengar, mau memahami, peduli dan berempati.
3.       Navigasi. Memiliki keterampilan membawa gerbong ke tujuan, tahu arah, mampu mengarahkan,memberi semangat, dan menyatukan tindakan. Memelihara "kendaraan" untuk mencapai tujuan.
4.       Tanggung Jawab.Tidak menyalahkan orang lain, tidak berbelit-belit atau menutupi kesalahan diri-sendiri,

Sobat,  untuk menjadi seorang driver, maka andalah yang sangat menentukannya. Andalah orang yang pertama-tama menentukan masa depan hidup anda. Anda harus menentukan apakah ingin terperangkap sebagai passenger atau penumpang dengan segala masalahnya, atau keluar dengan menjadi driver atau pemimpin.

Sobat, Inilah ciri-ciri mentalitas penumpang : Sudah puas dengan keadaan sekarang, tidak menyukai tantangan baru, menyerahkan masalah kepada atasan atau orang lain, menunggu perintah dengan menjawab ‘Siap dan!”, Takut menghadapi masalah, takut melakukan kesalahan dan tidak berani menghadapi resiko, sangat mencintai jabatan/kekuasaan, menyandera organisasi sebagai alat untuk “menumpang hidup”.

Adapun cirri-ciri mentalitas driver adalah : Sangat tidak puas dengan status quo, menyukai tantangan-tantangan baru, memecahkan masalah bersama, menginspirasi orang lain, bekerja dengan hati, mencintai sesame, menjaga hubungan baik, memiliki kepedulian, sangat mencintai perubahan, namun rendah hati, dan penuh empati, dikendalikan oleh creative thinking, selalu belajar tentang hal-hal yang baru, memberikan arah jalan yang jelas, merangkul orang-orang yang berbeda paham dengannya, membebaskan para sandera dari penumpang yang membajak organisasi.
Bagaimana apakah kita ingin menjadi Driver atau Passenger? Kalu kita ingin menjadi Driver atau pemimpin. Berikut ini tahapan-tahapan yang harus kita lakukan :
Pertama, Ayo kita mulai Drive yourself!  Seorang driver perlu melakukan investasi diri layaknya seorang pengusaha. Dan mereka membentuknya dengan ; Disiplin diri, menghadapi resiko, bermain untuk menang, kekuatan berpikir simple, menggunakan 2 C ( Critical & Creative Thinking) dan mindset yang terus tumbuh.
Kedua, Drive Your People.  Seorang driver mengembangkan orang lain dengan berbagai pendekatan : Goal seeting dan mengambil keputusan, memimpin dengan hatinya, kekuatan member-The powwr of giving, menumbuhkan myelin, menggunakan leadership 360 derajat – ke atas, ke bawah, dan ke samping yang solid.
Ketiga, Drive Your Organization. Seorang driver tidak membiarkan organisasinya kerdil tidak tumbuh. Anda perlu memperbaharui organisasi atau perusahaan anda menjadi Growth company. Perusahaan yang tumbuh adalah sumber inspirasi, sumber inovasi, dan tentu saja tempat kita mendapatkan calon pemimpin. Untuk mendrive your company, seorang driver memerlukan : Berpikir strategis, berpikir perubahan dan adaptif, bekerja dengan tata nilai dan etika, ketangkasan gerak, berbagai teori klasikm konsep-konsep dasar, dan pandangan-pandangan baru, pemahaman tentang competitiveness dan klaster yang didukung oleng pentingnya complementarity.
Keempat, Drive your Nation.  Akhirnya sobat driver yang baik akan tumbuh subur dalam sebuah driving society. Kita memerlukan system politik dan leadership yang  baik yang mendukung tumbuh dan berkembangnya kekuatan rakyat, pegawai,pengusaha, pejabat, atau bahkan mahasiswa sebagai “driver” yang memajukan bangsa dan ulah para politisi dan pemimpin yang populis biasanya hanya akan menghasilkan pengemis-pengemis elite yang koruptif dan mendorong tumbuhnya sikap mental passenger.

Hanya bangsa yang memiliki kekuatan menjadi drivers-lah yang mampu mengalahkan ego pada dirinya sendiri, yang akhirnya mampu menjadi juara.Ayo wahai bangsaku kita harus bisa menjadi Driver bukan passenger! Drive yourself. Drive your People. Drive your Organization/ Company. Driver Your Nation.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa ! ( Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H, Penulis Buku Never Give Up dan Buku TAKE ACTION! www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co