Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Sunday, February 23, 2014

STOP STRESS !


Stop Stress ! Mendekatlah kepada Allah SWT.
Sobat, bila kita ingin fit dalam menjalani hidup, maka kita harus berupaya membebaskan diri dari Stres negative. Kenapa? karena stress bikin pelupa, stress bisa pengaruhi mood, stress bikin fungsi otak menurun dan gangguan ingatan, stress bikin lelah, tekanan darah tinggi bahkan stroke, stress bikin sakit maag kambuh, mudah terkena infeksi dan mengurangi kekuatan sistem kekebalan tubuh. Maka waspadalah! Dan STOP Stress! Take Action! ( Faqih Syarif , 2014)

Beberapa waktu yang lalu saya ditanya oleh klien melalui pesan facebook. Pak Saya lagi Stress, Gimana ya caranya mengatasi dan mengendalikan stress? Saat itu kebetulan lagi nyiapkan materi untuk  ngisi di Sampoerna Rungkut keesokan harinya. Langsung aja artikel “Mengubah Pesimis menjadi Optimis” yang saya buat saya kirimkan untuk dia baca dan lakukan segera. Anda bisa lihat dan baca juga di www.faqihsyarif.com atau www.perwira-asa.com .  Kali ini artikel ini menjawab lebih detail lagi, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Sobat, memang tak ada yang bisa kita lakukan untuk mengubah masa lalu, tapi kenangan negative dapat menguasai pikiran kita saat ini. Hal ini bisa menimbulkan rasa takut, cemas, tidak puas, dan merasa bersalah dengan hal-hal yang tidak dilakukan. Berikut yang bisa  kita lakukan :

(1). Ubah kenangan negative menjadi sesuatu yang positif. Evaluasi pengalaman atau hubungan Anda . Kendatipun kemungkinan tidak baik, anda mungkin mendapatkan pelajaran yang berharga dari hubungan itu. Ubah pikiran Anda dan katakana kepada diri-sendiri, “ Ada baiknya saya mengalami hal ini sehingga mendapat pelajaran tentang apa yang tak boleh dilakukan pada kali berikutnya.” 

(2). Ambil air wudhu, lakukan sholat sunnat mutlak dua rokaat, kemudian baca Al-Qur’an. Lakukan relaksasi dengan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Ambil Nafas dalam-dalam, tahan dengan hitungan 1,2,3,4 kemudian lepaskan pelan-pelan ulanglah sampai 10 kali. Kemudian buka Al-Qur’an secara random baca lihat terjemahan atau tafsirnya. Insya Allah akan ada inspirasi yang membuat hati jadi tentram dan tenang.

(3). Ingat-ingatlah sebuah peristiwa yang pernah anda alami dan itu begitu membahagiakan yang membuat Anda tersenyum bahagia dan bersyukur kepada Allah SWT lakukan setelah sholat wajib atau mau tidur malam dan letakkan tangan anda pada dada anda Tarik nafas dalam, tahan, kemudian lepas pelan sambil mengucapkan Alhamdulillah Ya Allah ….. sebut satu-persatu kebaikan yang pernah anda alami dan dapatkan.. Silahkan Anda merasakan energy hangat seakan bergerak merata ke seluruh tubuh anda inilah energy syukur sobat.

Mengenai rezeki pun, sering pula membuat kita Stres. Yakinlah sobat bahwa hanya Allah Sang Pemberi rezeki. Begitulah Allah menamakan diri-Nya. Dia berfirman, “Sesungguhnya Allah itu Maha Pemberi rezeki lagi pemilik kekuatan kokoh.” ( QS Adz-Dzariyat:58) Bahkan dalam firman-Nya Dia memerintahkan kita agar jangan meragukannya. “ Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat pula apa yang dijanjikan kepadamu. Maka demi Tuhan Langit dan bumi, sesungguhnya yang dijanjikan itu adalah benar-benar (akan terjadi) seperti perkataan yang kamu ucapkan.” ( QS Adz-Dzariyat:22-23).

Sobat,  Inilah sumpah Rabbani yang mengaskan fakta bahwa sesungguhnya Allah adalah Maha Pemberi Rezeki. Silahkan and abaca juga tulisan  saya mengenai “Membuka Pintu Rezeki” di www.faqihsyarif.com
Namun karena Allah SWT menciptakan sebab dan menjadikan sebab bagi segala sesuatu, maka di sana ada sejumlah sebab yang mengundang datangnya rezeki dan menjadikannya mudah digapai. Sebab-sebab tersebut bisa kita himpun dalam dua poros dasar yaitu :
1.      Tawakal yang benar kepada Allah SWT. Marilah kita simak hadits yang disampaikan oleh  Rasulullah SAW beliau bersabda, “ Sekiranya kamu tawakal pada Allah dengan sebaik-baik tawakal, niscaya Dia akan memberimu rezeki sebagaimana Dia member rezeki burung yang pergi berpagi-pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad).  Seekor burung tidak hanya diam dan menunggu datangnya rezki, tapi ia terbang di pagi hari dan pulang di petang hari, untuk menjemput rezeki. Bentuk Tawakal dengan sebaik-baik tawakal adalah dengan senantiasa meningkatkan Iman dan Takwa kepada Allah SWT. Memperbanyak Istighfar, Senantiasa lisan tidap pernah putus asa berdoa dan berdzikir, hidup dengan penuh syukur dan sabar, rajin berinfak di jalan Allah dan memperbanyak dan menyambung silaturahim.
2.      Mencari rezeki dengan cara yang baik. Inilah kaidah-kaidah memperbagus dalam menjemput rezeki yaitu ; Memiliki niat yang kuat semata karena Allah, Memiliki perencanaan yang matang, dan melakukan aktivitas secara professional dan jangan lupa menyeimbangkan antara kerja dunia dan  akherat.
Insya Allah kalau dua poros dasar ini kita lakukan kita akan hidup dalam berkelimpahan lagi berkah. Intinya dari semua penjelasan di atas adalah firman Allah SWT “ …..Maka mintalah rezeki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nyalah kamu akan dikembalikan.” (QS. Al-Ankabut:17).
Salam Dahsyat dan Luar Biasa! Allahu Akbar !!!
( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, Penulis buku TAKE ACTION ! www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co