Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, October 9, 2013

Pikiran Kitalah yang menentukan apakah kita sehat atau sakit.

Pikiran  kitalah yang menentukan apakah kita sehat atau sakit.

Jika kita menanggapisesuatu dengan penolakan (pikiran negative), di dalam tubuh akan muncul zat-zat yang antara lain akan mempercepat prosespenuaan dan pertumbuhan sel-sel kanker. Sebaliknya, bila kita bereaksi secarapositif dan bersyukur, organ memproduksi zat-zat yang akan membuat tubuh kita  tetap muda dan sehat. Adanya mekanisme ini didalam tubuh dapat dibuktikan secara medis. (DR.Shigeo Haruyama-The miracle ofEndorphin)

Sobat,Orangyang membiasakan diri berpikir positif juga memiliki resistensi kuat terhadappenyakit. Sementara, mereka yang senantiasa berpandangan negative akan cepatjatuh sakit. Bahkan dengan kondisi dan gaya hidup yang sama pun, ada yangmemiliki kesehatan prima dan ada pula yang gampang sakit. Meskipun konsep initidak selalu berlaku, namun demikian cara pandang memiliki arti sangat pentingbagi kesehatan kita.

Sobat,jurnal kedokteran kekinian juga menunjukkan bahwa 80 % penyakit disebabkankarena pikiran (stress), 10 % karena pola makan yang salah, 10% Pola kebiasaanyang buruk. Adapun hormone-hormon terpenting yang terkait dengan cara pandangadalah adrenalin,noradrenalin, beta-endorfin dan enkefalin. Noradrenalindiproduksi di  otak  ketika kita cemas dan stress. Ketika merasatakut, adrenalin yang muncul.

Jikaseseorang terus-menerus naik darah dan did era stress hebat, dia dapat jatuhsakit karena keracunan noradrenalin, cepat tua, dan meninggal dini. Sebaliknya,jika dia senantiasa menghadapi segala sesuatu dengan senyuman dan secaraposirif, yang akan mengalir adalah hormon yang menguntungkan dan mengaktivasisel-sel otak, serta membuat tubuh menjadi sehat. Hormon-hormon semacam ini akanmembuat kita awet muda, memerangi sel-sel kanker, dan memperbaiki suasana hati.

Jikamenginginkan hidup bahagia dan sehat, serta ingin berumur panjang tanpapenyakit kanker atau kegemukan, anda harus menjalani hidup sedemikian rupasehingga hormon-hormon baik yang akan diproduksi. Berikut ini sobat, tips bahagiadan sehat dengan lebih mudah :

1.      Mengubah nasib dengan relaks.Tuntunan agama mengajarkan agar kita hidup tenang dan tidak gampang mengeluhkarena yakin segala sesuatu yang terjadi merupakan kehendak-Nya, sekaligusrendah hati dan tidak sombong mengingat kenyataan hidup ini hanyalah ilusisemata. Selama anda tetap focus menatap tujuan hidup dengan perasaanenak,ringan dan ikhlas, Insya Allah cepat atau lambat anda akan tiba di puncakimpian anda dengan selamat dan lebih mudah.

2.      Mengubah Ilusi menjadi solusi.Kemampuan untuk mengubah hidup dari dalam hati sangat ditentukan olehsinkronisasi gelombang otak anda. Semakin mudah  anda bisa bermain di gelombang Alfa dan Theta,semakin relaks dan semakin mudah hidup Anda karena bisa menghayati artikefanaan hidup secara nyata di dalam otak anda. Apakah itu untuk urusan bisnisdan karier, percepatan proses belajar, kesembuhan dan kesehatan, hubungan baikdengan semua orang, termasuk mengamalkan perintah agama untuk meraihketenangan.

3.      Pepatah cina kuno menyatakan,” Satukali tertawa, satu kali lebih muda. Satu kali marah, satu kali lebih tua.”  Itu artinya sobat, setiap kali tertawa, kitaakan menjadi sedikit lebih muda;dan setiap kali marah, kita akan menjadisedikit lebih tua. Hal ini sesuai dengan fakta medis dan pemahaman saya tentangpikiran positif: Pikiran positif membuat kita awet muda, pikiran negative membuatkita menua.

4.      Ada beberapa cara untuk membiasakanberpikir positif, “Berbicaralah dengan ramah di depan cermin” Pagi-pagi setelahbangun tidur, saya berdiri di depan cermin di kamar mandi, melihat pantulandiri saya dan berkata, “ Selamat pagi. Hari ini aku merasa sehat dan luarbiasa.”  Karena setiap bangun tidur sayamerasa segar, kepala saya sangat jernih, bahkan ketika hanya tidur sebentar.Oleh karena itu, saya bisa berkat dengan tulus pada diri sendiri. Namun juga,ketika kita bangun dengan kepala berat dan galau hati, gembirakan suasana hatikita dengan tersenyum di depan cermin seraya berkata, “ Selamat pagi. Ayo hariini kita bisa bekerja sama. Saya adalah special! Saya adalah juara! Saya pastibisa! Terima kasih Ya Allah berilah kekuatan untuk memberikan yang terbaikdalam setiap hari hidup kami. Aamiin.

5.      Biasakan dzikir dan bangun malamuntuk sholat tahajud. Ternyata membuat otak kita berada di gelombang alfa atauteta di mana gelombang yang secara teknis sangat tepat untuk berdoa secarakhusyuk. Dengan hormon beta-endorphin, serotonin yang banyak diproduksigelombang otak ini, membuat bacaan doa dan pujian kita kepada Allah menjadilebih berkesan. Subhaanallah!

Sebagaipenutup dari tulisan yang singkat ini Mari kita masuki zona ikhlas. Dan bagaimana kita bisa memasuki zonaikhlas? Itu bisa diakses dengan kunci rahasia berupa hati ikhlas rela berserahkepada Sang Pencipta Allah SWT. dengan jiwa yang diliputi rasa syukur dalammenerima berkah penciptaan, Sabar menjalani proses kehidupan, Yakin akan wujudkasih sayang-Nya, Tenang dalam merespons semua kejadian, dan bahagia menikmatitarian roda kehidupan. Dalam Irama gelombang otak dan jantung yang selaras.

SalamDahsyat dan Luar biasa!!!

(N.FaqihSyarif H – Spiritual Motivator, Penulis Buku Thanks GOD dan Never Give Up! www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co