Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Friday, September 27, 2013

Jadilah Pemimpin yang memiliki Integritas!

Jadilah Pemimpin yang memiliki Integritas!

Sesungguhnya jika ada sejenis rezeki atau kekayaan yang paling bernilai dalam kehidupan ini, itu adalah integritas, reputasi, nama baik atau harga diri. ( Prof. Deddy Mulyana, M.A.,Ph.D.)

Sobat, pernyataan di atas adalah pernyataan guru komunikasi politik dan komunikasi lintas budaya penulis saat kuliah di magister, sayangnya tidak semua orang bahkan para pemimpin di negeri ini, yang memiliki pandangan seperti ini. Padahal mereka yang punya kesadaran itu akan memberi inspirasi dan motivasi kepada masyarakat yang hidup tidak hanya pada zaman mereka, namun juga pada masa-masa kemudian yang jauh di depan. Merekalah para pahlawan yang sesungguhnya, bukan para pejabat atau tokoh politik yang dimakamkan di taman makam pahlawan, yang kita tahu sebagiannya adalah para koruptor besar.

Sobat, Stephen R. covey melakukan survey lebih dari 54.000 orang dan minta kepada mereka untuk menyebutkan kualitas-kualitas yang harus ada pada seorang pemimpin menduduki rangking pertama adalah Integritas. Integritas berarti bahwa anda berfokus pada nilai-nilai kehidupan dan hidup dengan prinsip maupun hukum alam yang mengatur kosekuensi dan perilaku kita. Kejujuran adalah prinsip untuk mengatakan kebenaran. Integritas adalah memenuhi janji yang dibuat kepada diri sendiri dan atau orang lain.

Mahatma Gandhi pernah mengatakan terkait dengan integritas, seseorang tidak dapat melakukan hal yang benar di satu bagian kehdupannya sementara dia sibuk melakukan hal yang salah di bagian lain manapun dari kehidupannya. Hidup adalah sebuah kesatuan yang tak terbagi-bagi. Kematangan seorang pemimpin bisa di lihat bagaimana dia bisa menghadapi masalah-masalah berat dengan welas asih. Kombinasi dari keberanian dan kebaikan hati adalah sumber sekaligus hasil dari integritas.

Sobat, seorang pemimpin yang baik memiliki mentalitas berkelimpahan, Mentalitas berkelimpahan berarti bahwa anda tidak memandang kehidupan sebagai persaingan yang hanya memberi ruang untuk satu pemenang. Anda memandang kehidupan sebagai kumpulan besar dari berbagai peluang, sumber daya, dan kekayaan yang terus membesar. Bahasa covey Anda menemukan suara Anda sendiri Melalui Kesadaran(Nurani), Visi, gairah dan disiplin untuk membantu orang lain menemukan dan menginspirasi bahkan mengilhami orang lain untuk menemukan suara mereka menuju keagungan.Penempatan layanan bagi orang lain sebagai hal yang lebih tinggi daripada diri sendiri. Menjadi panutan dan menyajikan keteladanan adalah jiwa dan pusat dari segala upaya kepemimpinan.

Sobat, penyakit akut yang sering terjadi di perusahaan atau organisasi : Kualitas rendah, biaya membengkak, tidak luwes, lamban, Kegagalan di pasar, arus kas negatif. Adapun tanda-tanda masalah kronis :
1. Tiada VISI/ Nilai Bersama : Tidak jelas, banyak agenda tersembunyi, banyak politik dan kekacauan.
2. Tingkat kepercayaan rendah : saling tusuk dari belakang, saling beretengkar, saling merasa jadi korban, sikap defensif ,tidak berbagi informasi.
3. Tidak berdaya : Apatis, meninggalkan kerja untuk urusan orang lain, melamun, bosan, saling cuci tangan dan menghindar, marah, takut.
4. Tercerai berai : Persaingan antar departemen, ko-dependensi, kemunafikan di mana-mana, tercipta geng-geng yang mudah bubar.

Sobat, apa saja obatnya untuk empat masalah kronis yang menimbulkan penyakit akut di organisasi atau perusahaan itu. Maka dibutuhkan empat peran kepemimpinan atau 4 karakteristik kepemimpinan pribadi (Visi, disiplin,gairah, dan kesadaran (hati nurani) ) :
1. Panutan ( hati nurani ) : Menjadi contoh dan teladan yang baik.
2. Perintis ( Visi) : bersama-sama menentukan arah yang yang dituju.
3. Penyelaras (disiplin) : Menyusun dan mengelola system agar tetap pada arah yang telah ditetapkan.
4. Pemberdaya (gairah) : memfokuskan bakat pada hasil, bukan pada metode, lalu menyingkir agar tidak menghalangi dan memberi bantuan jika diminta.
Dan ini dilakukan tidak hanya untuk eksekutif senior melainkan peran ini adalah untuk semua orang, apa pun posisinya. Keempatnya adalah jalur untuk meningkatkan pengaruh anda, pengaruh tim dan organisasi anda.

Sobat, kalau gitu apa yang harus dilakukan oleh pemimpin yang sukses? Kalau penulis ringkas mengenai ciri-ciri pemimpin : 1. Menentukan Arah mengenai visi,pelanggan dan masa depan. 2. Menunjukkan Karakter pribadi mengenai kebiasaan, integritas, kepercayaan dan pemikiran analitis. 3.Memobilisasi Komitmen orang-orang dengan melibatkan orang lain untuk berbagi kekuasaan. 4. Membangkitkan kemampuan organisasi dengan membangun tim dan mengelola perubahan. Pada akhirnya, tim dengan kepemimpinan yang baik adalah sebuah tim yang saling melengkapi, di mana kekuatan masing-masing orang dibuat menjadi produktif dan kelemahan mereka dibuat menjadi tidak berpengaruh karena ditutup dengan kekuatan orang lain.

Sobat, ketika visi, disiplin, gairah hidup diarahkan oleh kekuasaan formal yang tidak memiliki nurani atau kesadaran atau kewibawaan moral, dunia juga akan berubah karenanya, tetapi bukan demi kebaikan, melainkan demi keburukan. Alih-alih mengangkat, dia akan menghancurkan. Kekuasaan seperti itu tak akan bertahan, dan akan lenyap.

Ingatlah dan sadarlah wahai pemimpin dan penguasa negeri ini! Buah dari perenungan adalah doa. Buah dari doa adalah iman. Buah dari iman adalah cinta. Buah dari cinta adalah pelayanan. Buah dari pelayanan adalah kedamaian. Kita merindukan pemimpin di negeri ini yang memiliki Kesadaran yang tinggi akan hubungan dia dengan Allah SWT (SQ), Memiliki Visi yang kuat (IQ), Memiliki semangat dan Gairah untuk melayani masyarakat (EQ), Memiliki disiplin untuk mewujudkan Visi (PQ) serta memiliki daya tahan dan daya juang yang hebat ( AQ).

Teruslah berupaya untuk mempertahankan percikan Api Ilahi yang disebut nurani itu tetap menyala di hati kita!

Salam Dahsyat dan Luar Biasa! ( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, Penulis,Konsultan,Dosen,www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co