Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, April 3, 2013

Catatan Perjalanan Dakwah di Hongkong(2)


Catatan perjalanan Dakwah di Hongkong (2)
“Dirimu hari ini adalah buah pikiranmu kemarin, dan pikiranmu hari ini akan membawamu ke masa depan. Seberat apa pun tekanan yang Anda alami, jangan lepaskan antusiasme.” (Faqih Syarif,Hongkong 2013)

Sobat, Antusiasme dan mental positiflah yang membuat teman-teman panitia Pengajian Peduli Kediri Hongkong karena hanya dengan sekitar 5 orang aja mereka bekerja keras mengkoordinir pelaksanaan Pengajian di Victory Park dan Masjid Tsim Sha Tsui saat mereka hanya punya waktu libur sabtu atau minggu aja, karena waktu liburnya panitia tidak sama mereka harus berbagi waktu, bahkan acara ini sempat digagalkan karena persoalan teknis tempat yaitu masjid yang akan dipakai kegiatan dicancel oleh salah satu ORMAS yang merasa paling berhak memakainya padahal sudah dibooking duluan oleh panitia inilah juga menjadi potret umat Islam yang fanatisme golongan dan arogansi mayoritas padahal BMI-BMI kita telah banyak diserang oleh gerakan kristenisasi mereka justru tidak mengayomi dan memberi tempat para BMI untuk melakukan Kajian Keislaman.Semangat Panitia tidak pupus bahkan pantang menyerah mereka telah membuktikan bahwa segala sesuatu adalah mungkin bagi mereka yang percaya.Bahkan kami pun juga ikut membantu mempersiapkan dan beli sound System untuk kegiatan besoknya, Alhamdulillah kegiatan akhirnya terlaksana dengan baik sekalipun tempatnya bergeser ke taman sebelah masjid dan terbuka di alam bebas dihadiri sekitar 700 BMI atau TKI di hongkong. Subhaanallah!

Sobat, pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka adalah Antusiasme dan mental positif. Yakinlah dengan keyakinanmu dan ragukan keraguanmu. Antusiasme berhubungan dengan ABC: Attitude, Believe,Conviction ( Sikap, Keyakinan, Pendirian).
Attitude (Sikap). Inilah yang membuat antusiasme kita tidak pernah luntur, meskipun menghadapi banyak tantangan dan ujian. Sikap positif akan menentukan hidup yang positif, demikian pula sebaliknya. Hati-hati dengan sikap Anda. Ia menyimpan energy  besar yang akan menentukan hidup Anda. Jika ingin Anda selalu antusias dalam hidup, jangan pernah bersikap buruk atau negatif.
Believe (keyakinan). Keyakinan kita terhadap pekerjaan kita menunjukkan antusias kita. Jika Anda bekerja namun Anda sendiri tidak yakin maka tinggal menunggu waktu saja Anda berhenti. Keyakinan Anda menentukan masa depan Anda. Antusiasme Anda juga harus didukung oleh keyakinan yang besar. Orang-orang yang memiliki antusias tinggi adalah yang memiliki keyakinan di atas rata-rata.
Conviction (Pendirian). Anda tergantung pendirian Anda. Ada banyak orang yang mudah goyah saat menghadapi masalah. Disinilah pentingnya memiliki pendirian yang kuat dalam hidup ini selama itu sesuai dengan aturan Allah dan Rasul-Nya.

Ahad, pagi 31 Maret 2013  kami meluncur dari apartemen menuju tempat acara di daerah Tsim shat sui dengan Taxi melewati lorong  jalan yang berada di bawah permukaan laut setengah jam kemudian nyampek di tempat karena masih pagi, kami langsung mempersiapkan tempat acara karena nantinya ada dua sessi yaitu jam 10.00 untuk sessi 1 kemudian jam 14.00 untuk sessi 2. Karena panitia hanya 5 Orang kemudian kami menunjuk salah satu peserta sebagai MC, dan Membaca Al-Qur-an. Dan Alhamdulillah akhirnya acara bisa berjalan lancar dan sukses sekitar 700 orang yang hadir dengan penuh antusias sekalipun duduk beralaskan plastik. Subhaanallah!

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah,kami mengajarkan kepada mereka(panitia)  untuk tingkatkan terus kemampuan kita dalam membangun hubungan antar pribadi (Social skill). Kemampuan membangun jaringan(networking), bermitra, rekan kerja, dan menciptakan kenyamanan ketika bersama orang lain. Kepandaian kita dalam membangun hubungan antarpribadi akan meningkatkan kecerdasan emosi.
Sobat, berikut ini Tips membangun social skill guna mencapai keberhasilan mengembangkan kecerdasan emosi:

  1.  Kembangkan sikap kerja sama yang baik dengan orang lain.
  2. Membangun hubungan yang luas dengan banyak orang.
  3. Senang berbagi informasi, ilmu pengetahuan, kebaikan, maupun bantuan lainnya.
  4. Selalu mengembangkan sikap positif dengan membantu rekan di sekitar Anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.
  5. Berempati dan memahami perasaan,pikiran, dan kepentingan orang lain.
  6. Bersimpati dan memiliki kepedulian membantu kesulitan orang lain.
  7. Memberi jalan dan membantu orang lain mencapai tujuannya.
  8. Ungkapkan apresiasi atau penghargaan Anda pada keberhasilan orang lain.

Sobat, kepemimpinan yang sukses selalu butuh social skill yang efektif untuk melakukan perubahan, mempersuasi anak buah, dan mengetahui cara yang tepat dan efektif dalam berinteraksi dengan orang lain.
Teruslah belajar mengembangkan diri dalam kecerdasan emosi melalui membaca buku, membaca artikel, mengikuti tulisan di blog,twitter yang produktif dan menginspirasi, menghadiri kajian,seminar dan training-training yang berhibungan dengan kecedasan emosi dan pengembangan diri. Termasuk juga dalam berorganisasi seperti komunitas TKI di hongkong mereka berlatih,berkoordinasi dan berinteraksi dengan orang lain adalah bagian dari proses pembelajaran. Jadilah Manusia Pembelajar!
Salam Dahsyat dan Luar Biasa!
( Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H, Penulis buku Thanks God , Tsim Shat Tsui Hongkong, 31Maret 2013)  

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co