Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, March 4, 2013

Obat Galau,Kecemasan dan kesedihan



Jalan menuju Sukses

Sobat, agar terus termotivasi, mulailah dengan memilih satu langkah kecil menuju target Anda. Ambillah tindakan untuk membangun momentum Anda atas pencapaian. Tidak ada langkah yang ke seribu kecuali pasti dimulai dari langkah yang pertama. (N.Faqih Syarif H,2013)

Sobat, mengambil langkah pertama menuju target dan impian Anda mungkin hal yang mudah, tapi untuk terus melangkah bisa menjadi tantangan tersendiri. Kita semua harus meningkatkan motivasi agar kita tetap fokus pada target kita, senantiasa memiliki semangat yang membara dan komitmen untuk mengantarkan kita impian dan harapan kita. Dalam kelas mentor minggu ini saya sampaikan ingatlah   KOMITMEN + TINDAKAN = HASIL. Sehingga setiap pertemuan pertama mentor, mereka saya minta membuat spiritual komitmen masing-masing dalam bentuk Proposal hidup kemudian di breakdown menjadi program aksi 3 bulan. Masing-masing harus bisa membuat prestasi atau karya dalam waktu 3 bulan. Prestasi apa saja asal bermanfaat bagi sesama dan menjadikan kedua orang tuanya bangga punya anak seperti mereka. Tentu pastinya yang membuat Allah ridho dan sayang kepada mereka.

Sobat, berikut ini setidaknya  ada 8 Kunci agar impian dan target hidup Anda  tercapai :

  1. Susunlah rencana tindakan dengan membagi target Anda ke dalam bagian kecil yang mudah di kelola.
  2. Gunakan Prinsip hidup Anda sebagai acuan dan standar untuk mewujudkan impian Anda.
  3. Lakukan perawatan diri dan kesehatan Anda sebagai perangkat dasar seumur hidup dengan kebiasaan hidup yang sehat dan teratur.
  4. Kunci untuk menyeimbangkan hidup ialah dengan memegang kendali dan bertanggungjawab atas kehidupan ini 100%. Lakukan dengan mengelola waktu Anda. Usahakan untuk selalu teratur dan buatlah perencanaan. 
  5. INgatlah keyakinan negative menjadi hambatan dan rintangan langkah Anda untuk bergerak maju dalam hidup. Untuk itu, hapuskan bisyikan negative pada diri sendiri karena pikiran negatif sama dengan hasil negatif.
  6. Ingatlah selalu bahwa pikiran positif dan memelihara sikap positif dapat memupuk kepercayaan diri.
  7. Kembangkan ketrampilan berkomunikasi Anda dengan memperbaiki kemampuan untuk mendengarkan, berbicara dan membangun networking.
  8. Pilihlah langkah-langkah kecil menuju target Anda untuk membangun momentum demi mencapai langkah yang lebih besar.

Sobat, untuk lebih memantapkan dalam menghadapi kehidupan ini yakinlah bahwa Allah menginginkan kita agar sukses dan mulia. Yakinlah akan pertolongan Allah SWT dengan memenuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya akan membawa kita pada kebahagiaan hidup tidak hanya di dunia tapi juga di Akherat kelak. Yakinlah bahwa Allah Maha Adil dan Bijaksana terhadap hambanya.  Berikut ini sobat, bagaimana kita bisa mengatasi kegalauan?

  1. Iman dan Amal shalih. Ini adalah janji Allah SWT bagi siapa saja yang Beriman dan Beramal shlaih, bahwa Allah akan memberinya kehidupan yang bahagia. Lihat QS An-Nahl ayat 97:           “ Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (Terjemahan QS. An_Nahl :97).
  2. Kegembiraan seorang muslim atas apa yg diperolehnya berupa pahala yg besar dan ganjaran yg berlipat ganda atas kesabarannya dlm menghadapi apa yang menimpanya berupa kecemasan dunia dan berbagai musibah.Rasulullah SAW bersabda: " Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan keletihan,kekhawatiran dan kesedihan, dan tidak juga gangguan dan kesusahan bahkan dari yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya.(HR.Imam Al Bukhari ) 
  3. Mengakui hakekat dunia bahwa dunia ini fana dan kenikmatannya sedikit. Nabi pernah bersabda: "Dunia itu penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir. ( HR. ImAm Muslim ).
  4. Apabila seorang hamba menjadikan akherat sebagai tujuannya. Allah SWT akan menyatukan urusannya yang berserakan dan memperteguh keinginan hatinya."Barangsiapa yang keinginannya hanya kehidupan akherat maka Allah akan memberi rasa cukup dalam hatinya, menyatukan urusan yang berserakan dan dunia datang kepadanya tanpa dia cari, dan barangsiapa yang keinginannya hanya kehidupan dunia maka Allah akan jadikan kemiskinan selalu membayang-bayangi di antara kedua matanya, mencerai beraikan urusannya dan dunia tidak akan datang kepadanya kecuali sekedar apa yang telah ditentukan baginya. (HR. At-Tirmidzi ). 
  5. Doa merupakan obat mujarab untuk melenyapkan rasa cemas dan kesedihan."Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kecemasan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dan dari lilitan hutang dan penindasan."    ( HR. Bukhari ). 
  6. Bertawakkal kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman: " Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." ( QS. Ath-Thalaq 3 ). 
  7. Membaca Al Quran dan mentadabburinya maka dapat menghilangkan kesedihan dan rasa cemas serta obat bagi seluruh penyakit hati dan fisik. Silahkan baca QS. Fushshilat ayat 44. “Katakanlah, ‘Al Qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin.” (TQS.FushShilat:44).
Sobat, sekali lagi bahwa Al Qur’an itu obatnya hati, cahaya jiwa, penghilang kesedihan dan rasa cemas serta obat bagi semua penyakit hati dan fisik. Semakin hati ini bergantung hanya kepada Allah SWT, bertawakkal kepada-Nya, Yakin kepada Allah SWT serta berharap kebaikan-Nya, maka berbagai kecemasan dan kesedihan itu akan hilang, sehingga hati kita memperoleh kekuatan,kelapangan dan kebahagiaan yang tidak terkira. Subhaanallah!

Salam Dahsyat dan luar biasa!

(Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H,Penulis buku Al Quwwah Ar ruhiyah Kekuatan spirit tanpa batas, Never Give up dan Thanks God Menebar rahmat meraih nikmat. www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co