Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, October 16, 2012

Prinsip Bisnis Yang Tidak pernah Rugi : Bisnis berbasis Spiritual


Prinsip Bisnis yang tidak pernah Rugi: Bisnis berbasis Spiritual
“Kegagalan sebenarnya bukan merupakan penghalang keberhasilan, melainkan pengalaman untuk membangun anak tangga yang lebih kuat sehingga ki
ta dapat melangkah lebih tinggi menuju gerbang keberhasilan.”

Sobat, siapa pun yang menjalankan bisnis di dunia ini tidak boleh melupakan tujuan hidup yang hakiki, yaitu menuju kebahagiaan di dunia dan di akherat kelak. Tidak ada gunanya kita berbisnis di atas penderitaan orang lain, terlebih hanya mengejar keuntungan dunia. Kalau kita berbisnis hanya demikian, kita hanya akan memperoleh kesenangan di dunia, di akherat kita tidak akan memperoleh keuntungan sama sekali.
Allah SWT mengingatkan kepada kita, “ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil.” ( TQS. 4 :29). Beberapa contoh tindakan yang tergolong batil adalah : Berbisnis dengan curang, menipu, mencuri, korupsi, kolusi, suap-menyuap, mark up, meminjam uang dengan maksud tidak ingin mengembalikan, serta berbagai tindakan tecela lainnya.

Sobat, apabila bisnis yang kita jalani batil atau salah sebenarnya batin kita akan merasa dan berbicara bahwa apa yang kita lakukan tersebut sebenarnya tidak baik. Kita akan mersa bersalah, hidup menjadi tidak tenang, dan ada perasaan selalu dikejar-kejar karena pada dasarnya batin kita bersifat bersih dan tidak ingin tercampur dengan hal-hal yang bersifat kotor. Secara naluriah, kita akan dibimbing ke jalan yang benar. Tetapi, karena bisnis yang kita lakukan tidak bersih, hal inilah yang menyebabkan hidup kita sepanjang hari semakin tidak tenang. Hati kecil kita sebenarnya menjerit, dan menolak apa yang kita lakukan tersebut.

Sobat, agar bisnis yang dilakukan tidak pernah merugi selalulah kita berorientasi pada :
·         Memberikan keberkahan atau keridhoaan Allah SWT dengan melakukan bisnis sesuai dengan perintah Allah SWT.Memberikan benefit atau manfaat buat orang lain, Memberikan benefit atau manfaat untuk perusahaan dan karyawan.
Jadi kalau kita ingin hidup kita berkah nan mulia maka harta yang kita miliki dapat kita manfaatkan untuk kebahagiaan orang lain atau untuk pekerjaan yang lebih bermanfaat sehingga orang-orang di sekitar kita menjadi lebih makmur, lebih sehat, dan lebih damai. Kalau hal ini yang kita lakukan, Insya Allah hidup kita akan lebih bermakna dan apa yang kita berikan kepada orang lain apabila diperoleh dari sumber yang baik akan menjadi amal jariah serta pahala yang akan kita nikmati di akherat kelak.

Sekali lagi sobat, dalam melakukan suatu bisnis, kita tidak boleh hanya mengejar keuntungan di dunia dan melupakan ibadah lainnya, misalnya berdzikir, mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah serta memberikan manfaat kepada orang lain. Allah SWT berfirman,
“ Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak pula oleh jual beli dari mengingat Allah, dan (dari) mendirikan sholat, dan (dari) membayar zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang(di hari itu) hati dan penglihatan menjadi guncang.” (TQS. 24:37).

Sobat, prinsip berikutnya adalah kerja sama saling menguntungkan. Adapun syarat agar kerja sama dapat dilanjutkan adalah: 1. Adanya kesepakatan bersama, 2. Jangan sampai keuntungan yang diperoleh oleh satu pihak merupakan kerugian di pihak lain. Tentunya hal itu tidak bertentangan dengan aturan Allah SWT. Contoh bisnis yang merugikan pihak lain adalah riba, judi, dan semua permainan yang menggunakan uang. Dalam melakukan kegiatan bisnis tidak boleg ada tekanan, penipuan atau penyalahgunaan ketidaktahuan pihak lain untuk kepentingan suatu pihak.

Transaksi dilakukan secara jelas,transparan,jujur dan adil. Contoh transaksi yang tidak adil dan dilarang dalam Islam, menjual buah-buahan yang masih ada di atas pohon ataupun menjual susu yang masih ada dalam tubuh sapi atau disebut dengan istilah system ijon. Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya sengketa, semua bentuk kontrak hendaknya dilakukan dengan perjanjian tertulis dengan beberapa saksi.

Sobat, kejujuran merupakan syarat penting dalam bisnis. Pembohong itu dimurkai Allah, sebaliknya orang-orang yang jujur sangat dipuji dan disanjung oleh-Nya itulah prinsip yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
Adapun bagaimana cara menjaga prinsip keadilan :
  1. Menepati janji, kesepakatan dan kontrak.
  2. Menjaga kepercayaan konsumen, yaitu dengan cara jujur dalam timbangan dan takaran.
  3. Membayar gaji sebelum keringatnya kering.
  4. Al Qur’an memerintahkan orang-orang yang beriman untuk menjaga amanah dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
  5. Pekerja yang paling baik adalah orang yang melakukan pekerjaannya dengan penuh kesungguhan, efisien tidak membuang-buang waktu, serta bekerja dengan sebaik-baiknya.
  6. Berlaku jujur,tulus,ikhlas dan benar dalam semua pekerjaan yang dilakukan termasuk juga dalam setiap perkataan maupun perbuatan.
  7. Pekerjaan yang kita lakukan hendaknya dilaksanakan secara efisien, konsisten dan kompeten.
  8. Islam menyarankan agar kita melakukan penyelidikan atau riset pengumpulan informasi sebelum kita melakukan suatu pekerjaan.
Sobat, sebagai akhir dari tulisan singkat ini, Sobat, bagaimana memulai bisnis? saran saya mulailah dari apa yang menjadi hoby atau apa yang Anda sukai. Kerjakan apa yang Anda sukai, tekuni dan kembangkan. Curahkan dengan sepenuh hati dan lakukan dengan penuh enjoy.Tentunya prinsip-prinsip di atas harus kita lakukan. Banyak pengusaha sukses yang mengawali dengan sesuatu yang menjadi hoby atau kesukaan dia.
Sobat, Ada beberapa tips membangun Bisnis kita sendiri; Mulailah dari mimpi anda!,Percaya (belief)!,Mulailah dari hoby anda!,Mulailah dari hal yang anda sukai dan kuasai!,Berani mengambil resiko! ,Carilah mentor atau guru bisnis dan minta nasehat kepadanya, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas!,Bangunlah jaringan (networking), berani menghadapi kegagalan! Dan Action now!!!!
Banyak orang yang bertanya, Bisnis apa yang bagus?”. Jawabnya, “Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan ditanyakan terus!”.
Jarak antara Anda dengan dunia pengusaha hanyalah satu langkah, yaitu ACTION!!!!!!!
“Kegagalan sebenarnya bukan merupakan penghalang keberhasilan, melainkan pengalaman untuk membangun anak tangga yang lebih kuat sehingga kita dapat melangkah lebih tinggi menuju gerbang keberhasilan.”
Salam Dahsyat dan Luar Biasa!  ( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, Penulis Buku Al Quwwah ar Ruhiyah Kekuatan spirit Tanpa Batas dan Buku Never Give Up. www.faqihsyarif.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co