Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, January 4, 2012

Bagaimana Agar Bisa Lebih Produktif


Faqih Syarif - Manusia yang paling berhasil dengan visinya adalah Nabi Muhammad SAW. Visi beliau adalah melihat manusia di muka bumi ini mendapat kebaikan di dunia dan di akherat dengan cara mengabdikan diri kepada Allah SWT.


Bagaimana Agar Bisa Lebih Produktif?

“... maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan”. (QS al-Baqarah: 148).

Sobat,kunci agar kita bisa hidup lebih produktif adalah memiliki visi yang jelas, misi serta target dalam hidup ini. Potensi akan keluar sesuai dengan target yang ingin kita raih. Target yang tinggi akan memompa semangat untuk bekerja lebih keras. Sebaliknya target yang rendah akan menghasilkan energi yang rendah pula. Sudahkah kita membuat goal setting tahun ini?
Ada beberapa hal sobat, yang Insyallah bisa kita lakukan agar lebih produktif, antara lain:
1. Jangan suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Segeralah bertindak untuk merealisasikan rencana yang baru kita buat.
2. Milikilah seorang tokoh panutan atau mentor untuk diteladani. Dalam hal ini, kita sudah memiliki tokoh panutan yang sempurna, yaitu baginda Rasulullah shallallahu’alaihi wa salam beliau adalah teladan dalam segala hal.
3. Kelola waktu secara cermat. Waktu adalah modal yang paling utama dan paling berharga. Kalau kita tidak mengelolanya, akan hilang begitu saja. Sadarilah! bahwa setiap detik waktu yang diamanahkan kepada kita, akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah Subhaanahu wa ta’alaa.
4. Selingi aktivitas dengan istirahat yang teratur. Hindari jebakan gila kerja (workaholic) yang akan membuat kita tidak ingat waktu dan tidak memperhatikan kondisi tubuh. Istirahat yang cukup proporsional akan membangkitkan semangat untuk kembali bekerja.
5. Singkirkan hal-hal yang mengganggu dalam bekerja. Tidak jarang gangguan dari televisi, kebisingan, dan suara musik yang terlalu keras akan mengurangi konsentrasi dalam bekerja.
6. Berusahalah untuk menemukan kebiasaan dan irama kerja. Setiap orang memiliki keunikan dan kebiasaan ketika bekerja. Untuk itu, sesuaikanlah dengan ritme kita sendiri.
7. Selesaikanlah setiap pekerjaan dengan tuntas. Jangan berhenti di tengah jalan. Sekali melangkah pantang mundur ke belakang. Don’t Give Up!!!
Sobat, manusia yang paling berhasil dengan visinya adalah Nabi Muhammad SAW. Visi beliau adalah melihat manusia di muka bumi ini mendapat kebaikan di dunia dan di akherat dengan cara mengabdikan diri kepada Allah SWT. Selaras dengan firman Allah dalam surat Adz-Dzariyat ayat 56 : “Tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” Beliau yakin, jika manusia berubah dan tunduk kepada Allah, dunia dan seisinya juga akan berubah menjadi tempat yang harmonis dan membawa kedamaian.
Ingatlah sobat! Bukankah Allah subhaanahu wa ta’alaa telah memerintahkan kita untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan. Itu artinya kita diperintahkan untuk menjadi yang terbaik dari sesuatu yang bisa kita lakukan.
“Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan”. (QS al-Baqarah: 148).
Pengakuan jujur dari seorang orientalis barat Dr. Marcus Dods berkata, ” Muhammad mempunyai dua ciri kenabian yang hebat, pertama. Beliau dapat melihat dengan jelas kebanaran Tuhan yang tidak dapat dilihat oleh orang lain.(memiliki visi yang jelas). Kedua, beliau memiliki semangat yang tinggi untuk menyebarkan kebenaran itu.
Maka sudah sepantasnyalah kita meneladani Rasulullah Muhammad SAWdengan terus menerus mengemban risalah dengan visi yang jelas serta semangat yang membara. Dan sebagai seorang wirausahawan muslim, hendaklah selalu berambisi untuk berbuat yang terbaik. Kita terus bergairah dalam mencapai cita-cita tanpa melanggar hak-hak orang lain. Mempertahankan semangat agar tetap mantap dalam meraih cita-cita dan harapan. Tanpa semangat tidak akan ada prestasi.
Nabi tidak hanya memiliki visi yang jelas, tetapi visi itu digabungkan dengan visi para sahabat beliau melalui cara hidup beliau serta proses pendidikan yang mantap sehingga para sahabat memahami, menjiwai dan mampu memperjuangkan risalah yang di bawa oleh Nabi.Inilah yang harus kita warisi dari beliau dan melanjutkan perjuangan beliau niscaya rahmatan lil’alamin benar-benar akan terwujud di muka bumi ini.
“Be the best! not be asa” dalam bidang keahlian kita, berusahalah untuk menjadi solusi dalam setiap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.
“Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi sesama.”


( Spiritual Motivator - N.Faqih Syarif, H,S.Sos.I,M.Si,Penulis buku: Al-Quwwah Ar Ruhiyah, Kekuatan Spirit Tanpa Batas! www.fikrulmustanir.blogspot.com, www.mentorfmplus.com, email mumtaz.oke@gmail.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co