Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Sunday, April 3, 2011

Memaafkan adalah salah satu rahasia hidup berkelimpahan

Memaafkan adalah salah satu rahasia hidup berkelimpahan

Salah satu kunci kekuatan cinta adalah Memaafkan.Memohon Ampunan kepada Allah,Memaafkan diri anda,orang tua Anda,anak-anak Anda dan memaafkan siapa saja.Ya. Maafkan diri Anda! atas semua yg pernah anda lakukan masa lalu, dan berjanjilah kepada diri sendiri bahwa mulai sekarang Anda akan menjauhi dosa dan akan menjadi diri Anda yg terbaik yang Anda Bisa.Ingatlah, masa lalu sudah berlalu,jadi belajarlah darinya dan maafkan diri Anda.

Sobat, permaafan merupakan tindakan Tuhan semesta alam.Kalau kita melakukannya maka pastilah kita akan meraih ampunan dan kasih-Nya. Ia adalah bentuk tertinggi dari cinta; ia membebaskan kesenangan, membawa kedamaian, melemahkan emosi-emosi negatif dan mengurangi penderitaan-penderitaan dan kesengsaraan yang tak perlu. Permaafan mengizinkan cinta kembali masuk ke dalam kesadaran Anda. Permaafan adalah rahasia kebahagiaan. Salah satu rahasia hidup panjang umur dan berlimpah adalah memaafkan siapa saja dan apa saja, setiap malam sebelum kita tidur.

Suatu hari ketika Rasul duduk-duduk bersama dengan para sahabat untuk menunggu waktu sholat di masjid. Terlontar kalimat yang membuat sahabat penasaran, ” Sebentar lagi akan datang salah seorang penghuni surga.” dan sebagian sahabat mengarahkan matanya ke arah pintu masjid. Siapa gerangan yang dimaksud oleh Rasulullah SAW ? Maka dari pintu masjid datanglah seorang arab baduwi menuju ruang utama masjid dan ikut berjamaah dengan para sahabat. Keesokan harinya Rasul juga mengatakan hal yang sama, ” Sebentar lagi akan datang salah seorang penghuni surga.” Maka para sahabat semakin penasaran siapa yang dimaksud oleh Rasul. Setelah itu datanglah orang arab baduwi seperti kemarin. Keesokan harinya Rasul pula mengatakan hal yang sama seperti kemarin, ”Sebentar lagi akan datang salah seorang penghuni surga.” Semakin membuat para sahabat penasaran dan siapa orang yang dimaksud oleh Rasul itu. Kemudian tidak sebeberapa lama datanglah orang yang sama yaitu seorang arab baduwi seperti kemarin. Setelah sholat berjamaah selesai, ada salah satu sahabat yang ingin belajar dan bermalam di rumah si baduwi itu. Ingin mengetahui secara langsung dan jelas. Amalan apa yang dilakukannya sehingga menjadikan Rasul mengabarkan sampai tiga kali dia termasuk salah satu penghuni surga.

”Wahai fulan ! bolehkah saya menginap barang semalam di rumah engkau karena saya lagi ada masalah dengan keluarga saya.” tanya seorang sahabat yang telah menemui si Baduwi. ” Oh, Silahkan! tapi rumah saya sederhana sekali.Mari ke rumah saya.” jawab si Baduwi. ” Terima kasih. Saya ingin berkenalan dan silaturrahim dengan Anda.” Selama semalam sahabat tadi disambut dengan ramah tamah dan penuh kekeluargaan oleh keluarga Si Baduwi tadi. Dia bertanya dan mengamati seharian amalan apa saja yang dilakukan oleh Si Baduwi kok sampai-sampai Rasul mengabarkan kepada para sahabat, dia adalah salah satu penghuni surga. Menurut pengamatan dan kesimpulan sahabat tadi selama sehari semalam tidak ada yang istemewa seperti kebanyakan kaum muslimin lainnya tidak lebih dan tidak kurang dengan kebanyakan orang. Kemudian sahabat tadi berpamitan, ”Mohon Maaf fulan, sebelum saya berpamitan. Sebenarnya kami tidak ada masalah dengan keluarga. Tapi karena saya kepingin sekali belajar sama Anda tentang sesuatu hal yang menjadikan selama tiga kali Rasul mengabarkan secara langsung bahwa Anda termasuk salah satu ahli surga.” kata si sahabat. Dengan terkejut dan wajahnya menjadi agak pucat si Baduwi mengatakan,” Amalan apa ya? Seperti yang tuan lihat dan perhatikan selama sehari semalam tidak lebih dan tidak kurang sebagaimana adanya yang tuan lihat. Apa benar Rasul mengabarkan demikian ya tuan? Alhamdulillah Ya Allah.” jawab Si Baduwi sambil bergetar tubuhnya. ” Oke. Terima kasih ya Fulan, Anda telah memberi kesempatan saya untuk menginap dan belajar sama Anda. Sekarang saya mohon diri. Terima kasih ya.”
Belum jauh melangkahkan kaki dari rumah Si Baduwi, sahabat tadi dipanggil dan kemudian disusul oleh Si Baduwi dan berkata, ” Wahai tuan! Saya punya kebiasaan setiap malam sebelum tidur, saya berdo’a : Ya Allah siapa saja orang yang pernah menyakiti atau mendzalimi saya, Ampunilah dia Ya Allah! Saya ikhlas Ya Allah bukankah Engkau Maha Pengampun dan Penyayang. Sedikitpun saya tidak punya rasa sakit hati,dendam atau hasud kepada siapapun.” Mendengar ini, sahabat tadi langsung berkata, ” Subhaanallah ! Subhaanallah! Subhaanallah! Inilah amalan yang sulit tapi luar biasa! Maka layak wahai saudaraku! Engkau dikabarkan langsung oleh baginda Rasul termasuk salah satu ahli surga. Terima kasih wahai fulan atas ilmunya”, sahabat tadi menjabat tangan si baduwi dan mencium kedua pipinya serta minta didoakan.
Inilah sobat rahasia yang dipaparkan oleh Rasul kepada kita melalui kisah sahabat di atas.Semoga kita bisa mengambil pelajaran yang amat berharga ini.

Sekarang bagaimana langkah-langkah kita untuk memulai proses memaafkan?
Langkah yang pertama adalah, Kita mulai dengan memohon ampunan kepada Allah, berjanji kepada-Nya kita akan memaafkan siapa saja dan apa saja, tak peduli apa yang sudah mereka lakukan kepada kita. Kita berjanji kepada Allah dengan hati yang terbuka bahwa kita akan menghindari penilaian dan kecaman. Berdoalah kepada-Nya dengan perasaan mendalam dan penghormatan penuh. Mintalah pengampunan dari-Nya dengan kepercayaan dan pengharapan bahwa Dia akan menjawab doa-doa kita dan mengampuni dosa-dosa kita, tak peduli berapapun banyaknya, karena Allah Maha Pemurah dan Maha Pemberi. Ingatlah bahwa Allah mencintai kita melebihi siapapun di dunia ini dan akan selalu ada untuk kita.
Langkah kedua, Ya! Maafkan diri kita! atas semua yg pernah kita lakukan masa lalu, dan berjanjilah kepada diri sendiri bahwa mulai sekarang kita akan menjauhi dosa dan akan menjadi diri kita yang terbaik yang Anda Bisa.Ingatlah, masa lalu sudah berlalu,jadi belajarlah darinya dan maafkan diri kita masing-masing.
Langkah ketiga, maafkan orang tua kita. Maafkan saja mereka atas semua yang menurut kita salah dilakukan pada satu atau lain waktu. Ingatlah bahwa orang tua kita melakukan yang terbaik yang mereka bisa dengan pengetahuan yang mereka miliki, dan mereka mencintai kita melebihi siapa pun di dunia ini.
Langkah keempat, maafkan anak-anak kita. Jika kita mempunyai anak, maafkan mereka sekarang tanpa syarat apa pun. Maafkan mereka sekarang untuk semua kesalahannya.
Langkah kelima, maafkan setiap orang. Maafkan teman-teman kita atas apa pun yang mungkin pernah mereka lakukan kepada kita. Maafkan bos kita, maafkan rekan-rekan kerja kita, maafkan semua orang yang telah menyebabkan kita sakit hati dan menderita.

Ingatlah sobat, apa pun yang terjadi pada kita, selalu ada alasan dan hikmah dibaliknya. Pengalaman-pengalaman masa lalu memberi kita banyak sekali kebijaksanaan selama bertahun-tahun, kebijaksanaan yang bisa kita gunakan untuk menjadi diri kita yang terbaik,untuk diri kita dan orang-orang yang kita cintai.
Sekarang kembali ke permulaan lagi untuk memohon ampunan kepada Allah dan bertekadlah untuk membuat-Nya ridho dan menjadi diri kita yang terbaik.
Mulai hari ini menjadikan tindakan memaafkan teman terbaik kita. Undanglah Allah ke dalam hidup kita. Bersyukurlah dan berikan pujian kepada-Nya, setiap hari sebelum tidur dan setelah bangun pada pagi hari. Bersyukurlah kepada-Nya sebelum makan untuk makanan yang telah Dia berikan. Ketika kita membeli baju baru, bersyukurlah kepada-Nya atas berkah yang telah diberikan-Nya kepada kita. Seringlah berdoa.Jadilah benar-benar spiritual. Kenalilah Allah, dan kita akan menemukan bahwa segala sesuatu tidak lain hanyalah pancaran-pancaran-Nya.Insya Allah hidup kita akan berkelimpahan dan berkah. Amin
Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( Spiritual motivator – N.Faqih Syarif H, Penulis buku Al quwwah ar ruhiyah kekuatan spirit tanpa batas, kiat dahsyat menjadi dai hebat dan Menjadi dai yang dicinta, www.fikrulmustanir.blogspot.com , email mumtaz.oke@gmail.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co