Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, November 8, 2010

Teguhkan Keyakinan diri dan Fokuslah!



Teguhkan keyakinan diri dan Fokuslah!

Tidak masalah berapa banyak impian yang Anda miliki.Masalah muncul jika Anda berusaha mengejar semuanya pada saat bersamaan karena Anda akan kehilangan fokus dan akhirnya tidak mendapatkan apa-apa. (P.Winarto)

Sobat, kita semua memiliki kemungkinan yang besar untuk mewujudkan cita-cita. Namun kebanyakan kita tidak mempergunakan kemampuan kita sepenuhnya, karena kita sendiri tidak yakin terhadap kemampuan dan potensi diri kita. Jika kita tidak percaya pada diri sendiri, siapa lagi yang dapat kita percayai? Jika kita merasa yakin kepada orang lain di sekitar kita, mengapa kita tidak berupaya untuk merasa yakin pada diri kita sendiri? Ketahuilah sobat, hanya diri kita sendiri yang mampu menciptakan apa yang kita inginkan dalam hidup. Kuncinya, kita harus menghetahui apa yang sebenarnya kita inginkan dan harus yakin pada kemampuan kita untuk meraih segala yang kita inginkan.

Sobat, salah satu cara untuk mendorong tumbuhnya potensi diri adalah mengembangkan visi. Visi adalah gambaran yang jelas tentang posisi yang kita inginkan di masa depan. Agar memiliki visi yang kuat, kita harus memiliki gambaran yang jelas tentang apa sesungguhnya yang kita inginkan dalam hidup. Gambarkalah dalam pikiran segala impian, hasrat dan cita-cita yang anda inginkan . Langkah itu sangat penting untuk mengkristalkan visi kita. Agar visi yang kita susun lebih baik, luangkanlah waktu sebentar setiap harinya untuk mempergunakan imajinasi kreatif kita.

Sebagai contoh sobat, mahasiswa saya Hendrik Lulusan terbaik fakultas dakwah IAIN Sunan Ampel surabaya tahun 2010 ketika saya minta para mahasiswa yang saya ajar untuk membuat proposal hidupnya serta tuliskan visi dan misi hidup mereka dan tempel di tempat yang sering mereka lihat. Tiap mau berangkat kuliah atau kerja baca dan visualisasikan proposal hidup anda. Hendrik lakukan itu dengan konsisten serta komitmen setiap poin-poin dalam proposal hidupnya terpenuhi dia coret poin itu dan dia kirimkan sms ke saya . Tiga minggu yang lalu saya dapat SMS dari beliau, ” Asslm. Syukur saya panjatkan kepada Allah dan ucapan terima kasih kpd guru motivator saya. Alhamdulillah kemarin saya berhasil membawakan dengan baik dan lancar dalam seminar nasional Program ereksenian NLP di Banjarmasin,kalsel dengan jumlah peserta 1015 orang. Terima kasih ustad akhirnya saya berhasil mencoret salah satu proposal hidup saya, akan cita-cita saya membawakan seminar kpd 1000 orang ternyata Allah kasih 1015
( Hendrik).”
Sobat, saya yakin walaupun masing-masing kita memiliki tujuan yang berbeda, besar atau kecil, kita bisa mewujudkan tujuan itu melalui visualisasi yang benar. Untuk meraih tujuan dan cita-cita, bayangkan dan gambarkanlah visi Anda dalam pikiran, seperti ungkapan Henry Ford, ” Jika Anda berpikir bisa atau tidak bisa, dua-duanya akan menjadi kenyataan.”
Kegagalan mewujudkan mimpi-mimpi disebabkan karena tujuan dan cita-cita yang kita inginkan kurang jelas, atau karena kita meragukan kemampuan kita sendiri untuk mewujudkannya. Ciptakan dan perjelas visi Anda, kemudian berjuanglah dengan fokus dan gigih untuk menerjang segala rintangan. Inilah faktor utama yang kita butuhkan agar mimpi-mimpi kita menjadi kenyataan.

Sobat, berikut ada tiga tips yang membantu kita memiliki keyakinan diri yang kuat:
1. Berpikir besar. Jika kita berpikir kecil, kita kan tetap menjadii orang kecil.Bila kita pergi ke samudera membawa satu ember, kita akan memndapatkan satu ember. Jadi hadapilah kehidupan kita dengan pikiran dan semangat yang besar. Jika kita meminta terlalu sedikit atau meminta sesuat yang tidak benar-benar kita inginkan, sedikit pula yang kita dapatkan. Berpikir besar berarti menyadari keindahan dan kekuatan batin kita. Kekuatan batin harus terus diasah untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang kebesaran dan keagungan Ilahi.
2. Gigih mengatasi rintangan. Sepanjang hidup kita dihadang berbagai rintangan dalam perjalanan meraih tujuan dan cita-cita. Kendati demikian,kita harus bertahan dan menjaga keyakinan terhadap diri sendiri. Segala rintangan dalam perjalanan hanyalah tingkungan, bukan jalan buntu. Kebehasilan sejati bukan berarti kesuksesan tanpa pernah mengalami kegagalan. Keberhasilan sejati diraih jika kita kembali bangkit setiap kali gagal. Setiap kegagalan mengandung benih kesuksesan. Orang yang tak pernah gagal pasti tidak pernah sukses.
3. Kita bisa membuat perbedaan. Seringkali ketika dililit dan dihadapkan berbagai persoalan hidup,kita menjadi tidak berdaya. Kita merasa tak mampu melakukan sesuatu yang dapat membuat perubahan positif. Sobat, tak diragukan lagi, sekelompok kecil orang yang berwawasan dan berkomitmen bisa mengubah dunia. Itu benar-benar terjadi. Kebermaknaan dan kebahagiaan seseorang mencapai puncaknya ketika ia bekerja mengerahkan seluruh potensi yang dimilikinya.

Sebagai penutup dari artikel ini sobat, mari luangkanlah waktu setiap hari untuk melatih imajinasi kreatif anda. Pilih waktu dan tempat yang bebas dari gangguan. Cari tempat yang nyaman untuk melatih daya imajinasi anda. Pergunakan waktu luang tersebut untuk menggambarkan tujuan yang jelas dari pernyataan misi yang telah dibuat ketika Anda mulai melangkah proses ini. Tulislah tujuan-tujuan anda dengan jelas. Kuatkanlah keyakinan bahwa mimpi-mimpi anda itu akan berubah menjadi kenyataan. Asumsikan bahwa anda telah meraih apa yang selama ini anda bayangkan dalam pikiran. Wujudkanlah imajinasi anda dalam kenyataan dengan bertindak dan berprilaku sesuai dengan peran impian anda, yang seakan-akan telah Anda wujudkan. Setelah melakukan semua itu, perhatikanlah bagaimana pikiran dan perilaku Anda berangsur-angsur mengalami perubahan.
Never Give Up! Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, S.Sos.I,M.Si, Penulis buku Al Quwwah ar ruhiyah Kekuatan Spirit Tanpa Batas. www.fikrulmustanir.blogspot.com dan email mumtaz.oke@gmail.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co