Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, October 25, 2010

Salah Satu Kunci Sukses hidup adalah memiliki karakter terbaik.


Salah satu Kunci Kesuksesan hidup adalah memiliki karakter terbaik.

” The carnegie Institute pernah manganalisa catatan 10 ribu orang dan menyimpulkan bahwa 15 % kesuksesan terkait dengan technical training.Sisanya 85% adalah karena kepribadian. Sementara unsur kepribadian yang paling utama adalah karakter atau sifat seseorang .”(the carnegie Institue)


Sobat, dalam kehidupan ini hampir semua orang di dunia menyukai karakter-karakter baik. Mereka-mereka yang sukses dalam bidang apa pun dan bisa bertahan lama adalah mereka yang memiliki karakter-karakter baik. Coba kita lihat orang-orang yang menurut anda adalah orang-orang sukses. Anda juga akan mendapati bahwa mereka punya karakter atau sifat yang baik dan anda sukai. Misalnya; bekerja keras, kreatif, pintar, dapat dipercaya, baik hati, dermawan, jujur, disiplin, dan sebaginya.

Sekarang coba anda buat pula daftar orang-orang yang menurut anda gagal dalam hidup, bisnis, atau keluarganya dan sebutkan pula sifat-sifat mereka yang tidak anda sukai yang menyebabkan kegagalan tersebut. Mungkin anda akan menemukan sifat-sifat yang tidak baik seperti ; pemalas, kasar, pemarah, tidak mau menambah skill dan knowledge, kurang kreatif, tidak disiplin dan sebagainya. Sifat-sifat inilah yang antara lain menyebabkan kegagalan.

Dari ilustarsi di atas sobat, ada dua pelajaran yang bisa kita ambil. Pertama, bahwa karakter atau sifat yang kita sukai atau tidak disukai bersifat universal. Sebab, rata-rata umat manusia menyukai sifat-sifat yang baik dan benci dengan sifat-sifat yang buruk. Bahkan orang yang bersifat buruk pun sebenarnya tidak suka dengan sifat mereka. Inilah yang menurut Dr. Syafi’i Antonio disebut anggukan universal dan gelengan universal.
Kedua, ternyata ada hubungan antara sifat-sifat yang baik dengan kesuksesan seseorang dan sifat-sifat buruk dengan kegagalan. Orang-orang sukses biasanya adalah orang-orang yang mempunyai integritas, pekerja keras, pantang menyerah, pembelajar, kreatif, dan sifat-sifat baik lainnya. Sementara orang-orang yang gagal biasanya mempunyai sifat pemalas, takut gagal, miskin ilmu, pemarah, kasar dan seterusnya.

Sobat, kalau kita tarik lebih luas lagi, ternyata ada hubungan antara kesuksesan dan kegagalan suatu perusahaan dengan karakter atau sifat-sifat orang-orang dalam perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan yang dipimpin oleh orang-orang dengan sifat-sifat terbaik ternyata mampu membawa sukses perusahaan mereka. Sementara karena adanya sifat yang kurang baik di tingkat pimpinan membawa banyak perusahaan-perusahaan lainnya ke jurang kehancuran seperti yang dialami oleh oleh Lehman brothers,Enron, Worldcom, dan sebagainya.

Sifat-sifat terbaik yang mengantarkan kepada kesuksesan pribadi maupun perusahaan inilah sebenarnya yang ingin diungkap dan disampaikan dalam banyak cerita-cerita sukses yang ditulis dalam bentuk biografi orang terkenal atau kisah sukses perusahaan. Kisah-kisah ini senantiasa laris sepanjang masa sehingga wajar saja jika kisah-kisah sukses para pemimpin dan CEO telah, sedang, dan akan terus ditulis, mulai dari masa kecil , kisah heroik sampai yang menyentuh perasaan

Sobat, Kouzes dan Posner (2004) dalam bukunya Leadership Challenge mengungkap hasil penelitian tentang sifat-sifat yang seharusnya dimiliki oleh para pemimpin yang mengantarkan mereka para pemimpin atau CEO tersebut pada kesuksesan dan dicintai banyak orang. Mereka menyebarkan kuisioner kepada lebih dari 75 ribu orang di seluruh dunia dan memperbarui temuan mereka secara kontinyu. Hasilnya yang paling mengejutkan dan paling nyata adalah bahwa secara konsisten sepanjang waktu dan seluruh benua, hanya empat karakter yang mendapat lebih dari 50 % suara yaitu :
1. Jujur
2. Berorientasi (future oriented)
3. Kompeten
4. Membangkitkan semangat.
Keempat sifat ini paling sering muncul dan membuktikan bahwa setiap pemimpin yang ingin didengar dan dituruti kata-katanya adalah pemimpion yang memiliki kualita karakter tersebut.

Bagaimana dengan sifat-sifat negatif ? Penelitian yang dilakukan oleh Robert Half internasional sebuah perusahaan konsultan bisnis, tentang alasan para pemimpin perusahaan memecat seorang karyawan. Temuan ini sangat menarik dan membuktikan pentingnya karakter atau sifat dalam dunia bisnis. Sifat-sifat negatif yang menjadi alasan pemecatan seorang karyawan adalah :

1. Tidak berkompeten
2. Tidak mampu selaras dengan karyawan lain
3. Tidak jujur atau berbohong
4. Sikap negatif
5. Kurang motivasi
6. Tidak mampu atau tidak mau mengikuti perintah.

Sobat, sifat yang kita miliki mempengaruhi apa yang akan kita lihat dan bagaimana kita mengelola perasaan. Kedua hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kesuksesan seseorang.
Di sinilah Islam mengajarkan akan pentingnya memiliki kepribadian Islam (Syakhsiyah Islamiyyah) yaitu menjadikan pola pikir dan pola sikap kita berlandaskan Aqidah Islam. Sehingga menjadikan kita sadar akan visi dan misi hidup kita di dunia. Setiap perbuatan kita di dunia akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. Tolok ukur langkah kita adalah berdasarkan halal/haram (Syariat) semata-mata mencari ridho Allah SWT bukan menghalalkan segala cara.

Sobat, pengabdian tertinggi kita adalah mentuhidkan Allah dan hanya mengabdi serta beribadah kepada-Nya. Inilah kemuliaan sesungguhnya yang akan membawa kebahagiaan di dunia dan di akherat. Hanya dengan langkah inilah hidup akan mempunyai makna. Bila Tidak, apa bedanya hidup kita dengan hidup hewan? Na’udzu billahi min dzalik.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa! Salam SuksesMulia!

( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, S.Sos.I,M.Si. Penulis Buku Al Quwwah ar ruhiyah Kekuatan spirit tanpa batas. www.fikrulmustanir.blogspot.com . email mumtaz.oke@gmail.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co