Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Sunday, October 3, 2010

Never Give Up! Laa Taiasu!




Never Give Up!
Laa Taiasu

Sobat, putus asa terjadi bila seseorang kehilangan pengharapan untuk mencapai tujuan atau goal tertentu.Dalam keadaan putus harapan ia merasa apa pun yang dilakukannya, tak akan mencapai hasil, tak akan membawa perbedaan apa pun.Ia merasa yakin, apa yang diinginkannya, dan diimpikannya tidak mungkin didapatkannya, sebab semua itu berada di luar jangkauannya, di luar kendalinya dan dirinya merupakan korban keadaan yang harus menanggung kegagalan demi kegagalan.

Jika kita merasakan karakteristik gejala-gejala seperti di atas, apa yang harus kita lakukan?
Pertama, Sadarilah bahwa kita sedang beroperasi pada ranah mental pecundang.
Kedua, sistem keyakinan tidak terbentuk dalam waktu semalam,tetapi dapat diubah dalam hitungan detik jika kita benar-benar memutuskan demikian,
Dan ketiga, tidak ada yang salah dengan diri kita.
Sebaliknya sobat, bila kita tidak cepat sadar,kita akan merasa semakin terpuruk atau merasa keadaan yang satu lebih buruk dibandingkan keadaan sebelumnya. Kesadaran dan keputusan untuk bangkit mengatasi keadaan seburuk apa pun dapat membalikkan keadaan 360 derajat. Seburuk apa pun keadaan yang kita hadapi, barangkali tidak seburuk yang dialami oleh Ramlan dan Sugeng, tetapi mereka tidak berputus asa. Semoga kisah mereka di bawah ini dapat memberi kita inspirasi.

Ketika gempa meluluhlantakkan kota Padang 30 september 2009,Ramlan seorang buruh bangunan sedang bekerja di lantai tujuh suatu gedung. Ia berusaha menyelamatkan diri, namun naas, tiang beton yang diperkirakan berbobot enam ton menimpa kaki kanannya.Saat itu keadaan kacau balau dan panik sekali, teriakan minta tolong Ramlan tidak terdengar oleh sesama pekerja bangunan yang juga sibuk menyelamatkan nyawa masing-masing. Dalam pikiran Ramlan dia harus sesegera mungkin menyelamatkan diri padahal. Dia tidak bisa ke mana-mana karena kaki kanannya penuh darah dan remuk terjepit beton dan btidak bisa keluar dari jepitan atau tindihan beton seberat 6 ton. Setengah jam kemudia datang teman-temannya datang menolong sekalipun berenam mereka tidak cukup mampu untuk menggeser tiang beton itu seinci saja. Tetapi, jika dibiarkan berlama-lama Ramlan dapat kehabisan darah dan hal itu berakibat fatal terhadap nyawanya. Akhirnya, Ramlan meminta temannya untuk memotong saja kaki kanannya agar dirinya bisa keluar dari jepiotan beton. Tetapi, teman-temannya tidak cukup tega melakukan hal tersebut.
Ramlan berada dalam situasi dilematis, namun ia tidak kehilangan harapan untuk mempertahankan nyawanya. Ia membulatkan tekad, memutuskan untuk menggergaji kakinya sendiri. Sambil merintih dan menahan sakit yang tertanggungkan ia terus menggergaji, melihat hampir tak kuat lagi, barulah teman-temannya membantu. Setelah kaki kanannya terpotong dalam kondisi darah segar yang mengucur dan hampir pingsan, Ramlan dilarikan ke rumah sakit. Ramlan memang kehilangan kaki kanannya, tetapi berhasil mempertahankan nyawanya dan lebih-lebih harapannya untuk melanjutkan hidup walaupun harus menggunakan kaki palsu.
Dalam kisah yang lainnya,Pak Sugeng yang karena kecelakaan dia harus diamputasi salah satu kakinya. Tapi dia tidak menyerah dengan kebuntungan salah satu kakinya untuk tidak bisa berprestasi. Dia buat kaki palsu untuk dirinya sendiri sehingga dia bisa berjalan dan mengendarai sepeda motor untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Hebatnya Pak Sugeng mampu menginspirasi warga desanya untuk tidak mudah putus asa dan membantu orang lain yang mengalami nasib yang sama seperti dia.Maka menarik seorang presenter ternama Andy F Noya untuk menghadirkan Pak Sugeng pada acara Kick Andy. Sekarang ini Pak Sugeng bersama Kick Andy melakukan gerakan seribu kaki palsu untuk membantu saudara-saudara kita yang mengalami nasib yang sama seperti dia untuk bisa bangkit dan berkarya bagi sesama.
Keajaiban terjadi, dalam keadaan terjepit ketika seseorang masih memiliki harapan. Nah Bagaimana dengan kita yang berada dalam keadaan normal,jauh dari perjuangan hidup mati, haruskah kita berputus asa? Mencapai tujuan dan meraih impian hanya memerlukan keajaiban yang sangat kecil. Keajaiban itu pasti terjadi begitu kita menaruh harapan yang besar, percaya dan yakin, sangat mungkin mendapatkan apa yang kita inginkan. Lakukan sesuatu, dan kita akan mengubah situasi, mengendalikan hasil akhir sesuai keinginan kita. Ingatlah sobat, Allah tidak akan membebani kita di luar batas kemampuan kita. Dan ingatlah selalu kata-kata bijak, kita boleh kehilangan segala-galanya, tetapi jangan sampai kehilangan harapan kita.
Sekarang bagaimana caranya menumbuhkan dan menguatkan keyakinan dalam hati kita terhadap tujuan atau goal kita ? Ada salah satu tips yang dapat membantu kita menurut Robert Dilts pakar NLP Internasional beliau mengatakan semakin banyak alasan yang dapat kita temukan akan semakin mudah pula untuk menumbuhkan dan menguatkan keyakinan terhadap tujuan atau goal kita. Salah satu cara untuk menemukan alasan-alasan tersebut adalah dengan mengajukan pertanyaan yang dimulai dengan menggunakan kata tanya ” mengapa”, misalnya:
1. Apakah goal ini benar-benar penting? Mengapa begitu penting?
2. Mungkinkah mencapai goal ini? Mengapa mungkin?
3. Jalan atau cara apa yang harus dilalui supaya dapat mencapai goal ini atau sampai pada tujuan ini? Mengapa cara atau jalan ini yang harus ditempuh?
4. Apakah saya memiliki kompetensi untuk menmpuh cara atau jalan ini? mengapa saya kompeten?
5. Apakah saya pantas berhak dan pantas mendapatkan apa yang saya inginkan? Mengapa saya berhak dan pantas?
Inilah cara untuk mengaudit nilai diri dan motivasi kita. Kemudian lanjutkan dengan membuat pernyataan nilai pribadi sebagai spiritual komitmen yang kita tempel di tempat-tempat yang sering kita lihat. Setiap akan memulai melakukan suatu aktivitas di pagi hari di baca dengan penuh antusias dan gemuruhkan dalam hati kita. Setelah itu katakan pada dunia Saya Adalah Spesial! Saya Adalah juara! Saya Pasti Bisa! Jangan lupa juga berdoa minta kepada Allah kekuatan lahir dan bathin tetap istiqomah di jalan-Nya.
Never Give Up! Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, S.Sos.I,M.Si, Penulis buku Al-Quwwah ar ruhiyah Kekuatan Spirit Tanpa Batas. www.fikrulmustanir.blogspot.com email mumtaz.oke@gmail.com atau www.ziyadah.dinomarket.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co