Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Sunday, July 25, 2010

Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir




Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir

Fondasi utama sukses dan gagal adalah kesadaran bahwa hidup manusia merupakan mukjizat atas anugerah ilahi. Kehadiran manusia ke dunia ini merupakan salah satu kemurahan hati Sang Pencipta, itulah sebabnya kita harus kagum akan kebesaran karya Allah. Semua manusia berharga di mata Allah, bernilai dan unik.


Sobat, meski jelas-jelas manusia adalah makhluk yang berharga dan kehidupan adalah sebuah mukjizat, toh masih banyak diantara kita yang tidak menyadari. Tidak sedikit manusia yang hanya bisa mengeluh dan mengasihani diri-sendiri. Padahal kesadaran bahwa kita berharga dan Allah menciptakan kita tidak main-main dan dalam bentuk yang paling sempurna dan spesial dibandingkan makhluk lainnya akan membuat kita memiliki kekuatan yang mampu menggerakkan untuk bangkit dari keterpurukan, untuk membuat perubahan, dan untuk berjuang meraih impian.

Sobat, kesadaran akan anugerah dari yang Mahakuasa akan membuat kita sadar bahwa ada satu tanggungjawab besar terhadap hidup dan karya kita. Kesadaran ini mampu membuat kita mengisi hidup dengan kegiatan bermutu dan bermanfaat sebagai wujud syukur kepada-Nya.
Kelebihan dan keunikan yang dianugerahkan hendaknya dijadikan modal dasar untuk berjuang hidup melawan segala keterbatasan diri. Sudahkah kita menyadari semuanya itu? Barangkali sobat tidak banyak yang benar-benar menyadari kelebihan diri atas anugerah hidup ini karena begitu banyak manusia yang merasa selalu menjadi ‘tumbal’ kehidupan, merasa tidak mampu, tidak kaya, tidak sukses,tidak cantik, tidak ganteng, dan semua hal psiklogi diri yang negatif.

Sobat, kesadaran akan hubungan kita dengan Allah dan kita adalah ciptaan-Nya yang paling unggul dan sempurna ini harus kita miliki dan munculkan dalam diri kita untuk merasakan dahsyatnya hidup ini dengan segala kelebihan yang ada. Musyrik rasanya jika kita menganggap diri kita adalah manusia yang gagal dan tidak berguna. Inilah yang saya sebut dengan Al quwwah ar ruhiyah. Jika kesadaran itu muncul dan disyukuri sebagai rahmat dari-Nya atas segala yang kita miliki, kenapa harus ragu untuk bergerak dan maju, gagal dan sukses adalah sebuah proses yang pasti dilalui setiap orang, jangan takut akan kedua hal ini karena keduanya merupakan anugerah yang tidak dipisahkan.

Sobat, Sukses sejati adalah Orang yang dapat mencapai impian-impian hidupnya yg bermanfaat untuk dirinya, orang lain, dan ciptaan Allah lainnya, serta dalam kerangka mendapatkan keridhoan dari Allah SWT untuk menggapai kehidupan bahagia dunia dan akherat. Jadi sukses adalah suatu proses perjalanan bagaimana kita menciptakan nilai tambah untuk diri-sendiri dan masyarakat sekitar dalam rangka menuju kehidupan bahagia di alam setelah dunia.

Sobat, ada beberapa tip penting bagaimana kita memotivasi diri diantaranya adalah :

1. Miliki tujuan hidup yang jelas, karena itu sumber motivasi
2. Tujuan seseorang hanya bisa dicapai jika ada motivasi yang kuat serta hasrat yang membara.
3. Jadikan kegagalan sebagai sebuah pelajaran berharga.
4. Sukses dan gagal bergantung seberapa besar motivasi dan hasrat dalam diri seseorang.
5. Jangan mencari pembenar untuk kegagalan kita.
6. Tetap kuat dalam mengejar impian itu penting sebagai motivasi diri.
7. Tidak memiliki motivasi menyebabkan seseorang gagal dalam hal apa pun.

Adapun bagaimana meningkatkan motivasi diri :
• Miliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang breakdown dengan komitmen serta target 90 hari kemudian lakukan evaluasi setiap 90 hari, rajut lagi impian kita begitu seterusnya.
• Kenali potensi diri – sadari kekuatan dan kelemahan kita.
• Berhasrat untuk terus berkembang.
• Berusaha terus, jangan mudah menyerah! Pasti Bisa! Bisa! Bisa! Bisa! Pasti Bisa!
• Tujuan hidup sebaiknya tidak hanya untuk diri sendiri melainkan sebagai sebuah tujuan hidup yang mulia juga untuk orang lain.
• Bergaul dengan orang-orang yang positif.
• Lakukan pekerjaan yang disenangi dan senangi setiap tantangan.

Sobat, sebagai penutup dari artikel singkat ini ada ungkapan yang patut kita renungkan bahwa sukses dan gagal adalah sebuah perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai sesuatu. Jika kita tidak merasakan keduanya, berarti kita tidak berbuat apa-apa alias hanya berdiam diri. “ Kapal yang berlabuh di pelabuhan itu memang aman tetapi tujuan dibuatnya kapal adalah untuk mengarungi samudera”

Salam SuksesMulia! Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, S.Sos.I, M.Si, penulis buku Al Quwwah ar ruhiyah Kekuatan Spirit Tanpa Batas. www.cahayaislam.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

2 comments:

  1. Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
    Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
    http://obatjerawatalami.blogspot.com
    http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
    http://pakaianbajupengantin.blogspot.com


    Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


    Wassalm,,,,

    ReplyDelete
  2. Sukses adalah sebuah pencapaian. Disinilah pesan itu kita tangkap. Bahwa, bukan kesuksesan itu sendiri yang menjadi momen yang penting untuk diceritakan. Tapi justru pada momen-momen yang menyertai pada sebuah perjalanan menuju sukses, dan karenanya akan menjadi kekuatan inspirasi bagi siapa pun. Momen dimana perjuangan bangkit dari keterpurukan, momen dimana keteguhan dalam menjalani proses yang penuh pengorbanan, momen dimana ketidakberdayaan mengambil peran dalam mengejar mimpi, momen dimana keterbatasan mampu bertahan dalam terjangan badai. Sebuah pesan, bahwa sukses adalah bagian puncak dari proses yang kita jalani saat ini, suatu saat kelak.

    Thanks atas infonya..sempatkan untuk berkunjung di blog saya ya..http://ersihend.blogspot.com

    salam sukses :)

    ReplyDelete

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co