Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Friday, April 2, 2010

Kesadaran Adalah Langkah Awal Perubahan Perilaku


Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Kesadaran adalah langkah awal perubahan perilaku

“ Kita mesti berkembang, berubah dan bangkit. Jika tidak, kita akan tersingkir.” (Goethe)

Sobat, ada tiga hal yang dimiliki oleh setiap manusia, baika yang sukses atau yang tidak. Setiap orang mampu berfikir, setiap orang mampu mengubah pikiran menjadi kekuatan, dan setiap orang memiliki waktu 24 jam dalam setiap hari.
Orang yang memiliki kepribadian positif akan mampu memanfaatkan waktu setiap hari dengan baik. Ia menyadari bahwa waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali lagi sampai hari kiamat. Segala sesuatu yang sia-sia masih mungkin digantikan, seperti emas,harta, dan lain-lain.Tapi tidak begitu halnya dengan waktu; menit yang berlalu tidak akan kembali lagi sampai hari kiamat. Waktu adalah kehidupan. Kehidupan lebih berharga dari apa pun. Waktu bukan emas karena kita dapat menggantikannya ketika ia hilang.Dan sekali lagi kita tidak dapat menggantikan waktu yang telah pergi.

Sobat, pikiran, kekuatan dan waktu dimiliki oleh semua orang. Pertanyaannya adalah Mengapa orang lain sukses sedang aku tidak? Ternyata yang dibutuhkan hanya pikiran positif yang berubah menjadi kekuatan, perbuatan, kesinambungan dan evaluasi. Setelah itu semua akan lahir hasil yang cemerlang. Seiring perjalanan waktu, pikiran dan kesadaran positif akan berubah menjadi kebiasaan yang dilakukan manusia secara otomatis. Kebiasaan itu berjalan tanpa kesulitan. Kebiasaan positif akan melahirkan hasil yang positif. Begitu pula sebaliknya. Silahkan kita memilih!

Sobat, Menurut DR. Ibrahim Elfiky setidaknya ada 6 formula perubahan yang dapat diterapkan oleh siapa pun yang ingin mengubah perilakunya.

1. Perhatian : Perhatikan diri kita. Perhatikan perjalanan hidup kita. Arahkan pandangan pada diri kita. Periksa perilaku dan perbuatan kita sampai menemukan perilaku-perilaku buruk yang ingin kita ubah. Konsentrasilah pada sesuatu perbuatan atau perilaku ini, kemudian pindahlah pada langkah berikut.

2. Keputusan : Jika kita menemukan kekurangan dalam hidup kita dan kita menyakininya sebagai cela yang menyebabkan berbagai masalah bagi kita, maka solusi terbaik adalah segera mengambil keputusan untuk memperbaiki kekurangan itu. Misalnya, saya perokok solusi sederhananya adalah membuang sebungkus rokok yang ada dalam kantong saya.


3. Belajar : Banyak hal yang ingin kita ubah tapi kebodohan menghalanginya. Solusi terbaik bagi masalah ini adalah menambah kesungguhan untuk belajar dan memperluas wawasan. Seringkali pengetahuan kita tentang sesuatu memiliki pengaruh sangat kuat terhadap sesuatu itu. Misalnya, ketika kita membaca informasi tentang bahaya merokok, maka kita akan sadar dan terdorong untuk berhenti merokok. Saya ingin katakan bahwa membaca dan belajar adalah bekal yang akan membuat kita menjadi lebih baik.
4. Menyadari kekurangan : Dengan menyadari kekurangan bisa mendorong melakukan perubahan. Perubahan sederhana yang tepat lebih penting dan lebih baik ketimbang perubahan secara drastis. Berubahlah 1 persen tiap hari ke arah kebaikan maka dalam 1 tahun kita akan mengalami perubahan yang luar biasa 365%. Semakin panjang sebuah proses maka perubahan dan manfaatnya akan lebih berarti.

5. Latihan : Orang tidak dapat mengubah dirinya tanpa usaha keras. Orang yang ingin mengubah dirinya bagaikan seorang peternak atau pemahat artinya apa sobat? Mengubah diri membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Menciptakan kebiasaan baru membutuhkan kesabaran dan tekad yang kuat agar dapat membentuk kesadaran yang dalam dan kita terbiasa melakukannya.


6. Berkelanjutan : Konsisten dalam perilaku yang baru adalah tindakan yang sangat penting. Konsistensi merupakan bagian yang sangat fundamental dan tidak dapat dipisahkan. Jangan sampai nafsu menyeret kita untuk menghentikan upaya kita menggapai apa yang kita inginkan. Ingat ”TUYUL” Tabah, Ulet, Yakin, Insya Allah Usaha kita akan Lancar.

Sobat, ayo motivasi diri kita. Bangunkan diri kita dari kemalasan. Bangkitkan ia dengan kekuatan dan ambisi. Ingat kemajuan mustahil terjadi tanpa perubahan. Orang yang tak bisa mengubah cara pikirannya akan sulit mengubah apa pun. Ketahuilah titik kekuatan kita dan titik kelemahan kita. Orang yang mampu mengenal dirinya dengan baik adlah orang yang paling dekat dengan kesuksesan. Sadari kemampuan kita, rumuskan berbagai hal hal yang kita butuhkan untuk membangun kesuksesan dan perubahan.

Sobat, kita mesti punya hasrat yang kuat untuk berubah dan kesadaran mendalam untuk menjadi lebih baik. Kita mesti percaya bahwa kita mampu berubah serta mampu menyingkirkan perasaan lemah dan takut gagal.
Sobat, kita makhluk paling mulia dan satu-satunya ciptaan Allah yang bisa mewujudkan tujuan hidupnya ini. Kita satu-satunya makhluk yang Allah berikan kekuatan untuk maju dan memperbaiki reputasi, baik secara rohani, sosial, pemikiran, atau materi. Kita harus menggunakan nikmat Allah untuk mengubah diri menjadi lebih baik dan meraih kemajuan. Never Give Up! Salam SuksesMulia! Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( N.Faqih Syarif H – Spiritual Motivator , Penulis Buku Al Quwwah ar ruhiyah Kekuatan Spirit Tanpa Batas. www.cahayaislam.com ,www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co