Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, April 5, 2010

Bagaimana mempertahankan Semangat Hidup?


Kiat untuk mempertahankan Semangat Hidup

Semua orang pasti pernah gagal.Bahkan, orang-orang yang paling sukses di dunia pun mengalami masa-masa sulit. Perbedaan antara orang sukses dan orang gagal adalah ketika orang sukses mengalami kegagalan, mereka menggunakan hal itu sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri.

Sobat, kegagalan itu mak biasa yang luar biasa adalah belajar dari kegagalan dan bangkit kembali. Jika kita jatuh 3 kali maka bangkitlah 4 kali, jika kita jatuh 4 kali maka bangkitlah 5 kali, jika kita jatuh 5 kali maka bangkitlah 6 kali. Gunakanlah kegagalan sebagai kesempatan untuk mengkaji ulang kehidupan kita. Evaluasi kembali apa yang telah terjadi. Kemudian putuskanlah apa saja yang kita perlukan untuk bangkit kembali. Untuk kembali bangkit, cara yang kita lakukan mungkin berbeda. Bahkan, arah yang kita pilih mungkin berubah. Tapi, selalu ada kemungkinan sukses di balik sesuatu yang hal yang belum di coba. Jangan lupa kita kenali ” Sumber pertolongan” dan itu adalah Allah SWT. Hanya kepada-Nya kita beribadah, dan hanya kepada-Nya kita meminta dan memohon pertolongan.

Sobat, yang paling mengagumkan dari semua keajaiban adalah bahwa kita tidak perlu menjadi orang yang sama besok pagi seperti diri kita hari ini, tapi kita bisa bertumbuh jika kita menggunakan semua potensi yang diberikan Allah SWt kepada kita.
Pastikan kemarahan, kesedihan, kekecewaan kita tidak berlarut-larut. Jangan menyimpan kepahitan! Jangan biarkan hidup kita dikendalikan mood atau perasaan yang sedang buruk. Jangan sampai kegagalan tersebut menenggelamkan kita dari kehidupan, karena Allah sanggup mengubah yang negatif menjadi positif, itulah kuasa Allah.

Sobat, ingatlah ” momentum kemenangan” dalam kehidupan kita, hari-hari bahagia,keberhasilan-keberhasilan, wisuda, menemukan cinta, naik pangkat, dll gimana perasaan kita ketika mampu mengingat mengenangnya? Enjoy dan nyaman bukan. Namun, hal yang terpenting untuk diingat adalah selalu mengenang pertolongan dan keajaiban yang diberikan Allah dalam hidup kita sehingga akan mampu menjaga hati kita dengan ucapan syukur yang dalam kehadirat-Nya.

Sobat, banyak hal positif yang dapat kita lakukan di tengah kesibukan rutin. Nikmatilah hidup sembari bekerja, niscaya kita akan tetap mempertahankan semangat dan memiliki kehidupan yang powerfull.

1. Berikanlah lebih dari yang diminta. Jadilah orang yang selalu memberikan ’lebih’ dalam apa saja yang kita lakukan. Jadikan ’totalitas’ sebagai gaya hidup kita karena kebiasaan membentuk karakter. Berilah orang lebih dari yang mereka harapkan inilah konsep dasar pelayanan.

2. Kurangi Ketegangan. Kurangilah stres dengan berpikir bahwa segala sesuatu dalam hidup kita pasti akan berjalan lebih baik. Sekalipun kondisi pada saat ini tidak mendukung kita untuk bersemangat. Milikilah kerangka berpikir positif! Lihatlah setiap situasi sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Jangan lupa sobat, untuk tetap tersenyum dan tertawa.

3. Kuasailah kebiasaan kita. Sobat, kebiasaan dapat membuat kita menjadi lebih baik atau lebih buruk. Kitalah yang dapat merubahnya bukan orang lain. Pastikanlah untuk memiliki kebiasaan yang memiliki efek yang baik bagi diri dan hidup kita. Hilangkanlah kebiasaan buruk yang merugikan.

4. Pilihlah lingkungan kita. Setiap orang yang ada di sekeliling kita mempengaruhi kepribadian, kepercayaan, dan nilai-nilai yang kita yakini. Kita semua terbentuk oleh lingkungan kita. Perhatikan, siapa saja orang yang sangat berpengaruh dalam hidup kita? Siapa orang terdekat kita? Pastikan bahwa mereka mendukung kita untuk maju. Hindari orang yang menghalangi perkembangan dan mematikan semangat kita.

5. Luangkan waktu untuk kegiatan yang kita sukai. Seringkali kita berupaya keras untuk berlari mengejar kemajuan dalam kehidupan kita hingga melupakan hal-hal yang membuat kita bahagia. Jika terlalu tegang, kita menjadi lelah jiwa dan raga maka akan mengalami kebosanan atau boring. Kerjakanlah sesuatu yang memang benar-benar kita kuasai dan kita melakukan itu dengan senang tanpa beban andaikata tidak dibayarpun kita enjoy aja. Itu artinya kita sudah temukan core kompetensi kita. Lakukan dengan teratur serta fokus. Insya Allah menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

6. Pecahkan masalah yang menghimpit kita.Masalah yang belum terpecahkan berpotensi untuk menguras energi kita. Cari tahu, masalah apa saja yang menghimpit jiwa dan membuat kita tertekan. Cari solusinya. Selesaikanlah urusan yang belum selesai, seperti menyelesaikan skripsi, tesis atau pekerjaan apa pun yang belum beres. Dijamin, kita akan menjadi lega setiap satu masalah selesai. Bereskan saja semuanya, supaya kita kembali bersemangat.

7. Fokus, fokus, fokus, fokus dan fokus. Hancurkan penghalang dan kecerobohan dan hal-hal buruk yang terjadi dlam hidup kita dengan fokus pada apa saja yang sedang kita lakukan saat ini. Kembangkanlah kebiasaan untuk melakukan satu saja pekerjaan. Fokuslah pada hal itu hingga pekerjaan selesai. Berilah perhatian pada detail untuk meraih kesempurnaan.

8. Sisihkan waktu untuk menyusun hidup kita. Jadilah orang yang proaktif dengan berusaha menata diri kita dan hidup kita ke arah yang lebih baik. Buatlah proposal hidup anda, dan komitmen melakukan perubahan serta jangan menyerah!

9. Menjaga kesehatan jiwa dan raga. Makanlah makanan yang bergizi,jangan asal kenyang. Miliki tidur yang berkualitas.Berolahragalah secara teratur karena kesehatan tubuh juga berpengaruh pada kesehatan mental. Usahakan kita berada di lingkungan yang ”sehat”, hindari lingkungan yang penuh tekanan dan pikiran pesimis dan negatif. Carilah kehidupan yang lebih baik. Berbagilah pada sesama. Jangan Lupa bahwa Tuhan itu ada. Berdo’a dan bertawakallah kepada Allah SWT.

10. Berinvestasi pada otak dan pikiran kita. Pikiran kita adalah komputer yang tercanggih di dunia! Up Grade terus yourself! Maka jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan valensi diri. Gunakanlah pengetahuan yang kita miliki untuk berkarya, mengajar dan mendukung orang lain, dan berpartisipasilah dalam membuat dunia menjadi lebih baik.

Sobat, buatlah satu orang bahagia setiap harinya dan dalam waktu 40 tahun, kita akan membuat 14.600 manusia bahagia walau hanya sesaat. Kalah hanyalah sebuah kondisi sementara. Menyerah adalah sikap yang membuat kekalahan itu menjadi permanen. Setiap hari bergantung pada pilihan kita. Buatlah setiap hari menakjubkan dan luar biasa! Salam Dahsyat dan Luar Biasa! Never Give Up!

( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, Penulis buku Al Quwwah ar ruhiyah Kekuatan Spirit Tanpa Batas dan Buku Bila Jatuh Bangnlah! www.cahayaislam.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co