Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, March 17, 2010

Cara Cepat dan Cepat Memiliki Antusias


Cara Mudah dan Cepat Memiliki Antusias

“ Lakukanlah semua yang baik yang Anda Bisa, dengan seluruh kesungguhan yang Anda bisa, dengan segala cara yang baik yang Anda bisa, di semua tempat yang Anda bisa, terhadap semua orang yang Anda bisa, selama mungkin yang Anda bisa.” ( John Wesley)

Seringkali saya ditanya pada saat memberikan training Bagaimana caranya kita dapat dengan mudah dan cepat memiliki semangat yang menyala-nyala ( antusias). Dalam tulisan singkat ini ada beberapa tips yang diambil berdasarkan riset para ahli ,yang akan membantu kita menjadi orang yang lebih bersemangat dan termotivasi sepanjang masa.

Sobat, lakukan saja tips berikut ini secara rutin hingga menjadi kebiasaan.

1. Visualisasikan Impian Anda dan Yakin akan tercapai. Luangkanlah waktu sepuluh menit per hari dan lakukan minimal tiga kali seminggu. Buatlah gambaran dalam pikiran kita senyata dan sedetail mungkin. Penelitian para ahli membuktikan, hal ini akan memotivasi kita untuk bertindak dalam kehidupan nyata.

2. Buatlah daftar apa saja yang dapat membuat kita lebih termotivasi dan bersemangat. Apa itu bacaan, musik, bahkan film atau orang yang dapat memberikan kita inspirasi dan kesegaran baru. Kalau kita sudah punya daftarnya, segera kembali membacanya, melihat, dan mendengarkan apa yang membuat kita kembali bersemangat.

3. Tidak ada kata terlambat. Berapa pun usia kita untuk mengejar tujuan dan impian kita. Waktu yang sangat tepat adalah sekarang. Lakukan saja sekarang, berapa pun usia kita.

4. Istirahat sejenak di saat boring atau jenuh. Riset membuktikan meninggalkan sejenak pekerjaan atau pelajaran di saat otak sudah jenuh, dan kembali bekerja setelah beristirahat adalah cara yang paling efektif untuk mendapatkan hasil. Setelah kita beristirahat sejenak, tubuh dan pikiran kita akan menjadi lebih relaks dan segar. Kalau ini terjadi; tubuh dan pikiran kita kembali memiliki kapasitas,kekuatan, dan kreativitas dua kali lebih besar untuk melakukan tugas yang tertunda tadi.

5. Buatlah daftar alasan yang kuat yang menjadi dasar bagi kita untuk mengejar tujuan dan mengapa kita harus menggapainya. Jangan lupa untuk sering juga membacanya maka akan membuat kita berusaha semaksimal mungkin untuk meraihnya.

6. Buatlah kertas pengingat atau reminder di tempat-tempata yang sering dan mudah kita lihat. Tuliskan pada kertas kosong atau ketiklah dengan komputer. Cobalah mulai dengan satu hari, tugas apa saja yang harus kita selesaikan, jam berapa harus selesai, taatlah pada komitmen kita. Hal ini juga dapat diterapkan untuk meraih impian jangka panjang.
7. Sering lakukan refleksi diri. Lihatlah ke dalam diri kita, bertanyalah, dan jawablah dengan jujur. Berdo’alah kepada Allah SWT. Curhat - curahkan isi hati kita hanya kepada-Nya. Jangan lupa mohon hikmah serta hidayah kepada-Nya.

8. Hilangkan ketakutan dan kekhawatiran. Lakukan saja apa yang kita takuti.ketahuilah, musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Ingat sobat, zona nyaman sering membuat kita terlena dan tenggelam di sungai kehidupan yang mengalir deras. Padahal, untuk mewujudkan hal-hal yang kita idamkan dibutuhkan keberanian untuk keluar dari zona nyaman. Luangkanlah waktu untuk menilai lebih dekat, apa saja yang membuat kita menjadi takut dan khawatir. Dengan pikiran yang positif, tempatkanlah logika dan Iman supaya ketakutan dan kekhawatiran pergi dari pikiran kita.

9. Belajar dari kegagalan. Kegagalan adalah kesempatan bagi kita untuk belajar, memahami diri, coba lagi dan coba lagi, dan menghasilkan sesuatu yang lebih baik.Tolehlah ke belakang, dan renungkanlah semua pengalaman tak mengenakkan kita. Lalu, singkirkan ketakutan akan kegagalan itu sekarang dan selamanya.

10. Kumpulkan sumber dan dukungan. Ketahuilah sumber-sumber yang dapat kita pelajari. Hubungi atau mintalah nasehat yang berhubungan dengan impian yang sedang kita kejar. Ketahuilah siapa saja orang yang memberi dukungan apakah itu keluarga atau sahabat. Yakinlah, dukungan moril dari mereka akan memberi efek yang hebat bagi jiwa kita. Insya Allah akan berpengaruh pada hasil akhir.

Sobat, sebagai penutup dari artikel ini saya mengingatkan lagi bahwa langkah awal untuk meraih sukses adalah HIT, H – Hancurkan penghalang yang tampak dan tidak tampak. Lebih-lebih penghalang yang tidak tampak yang sering saya sebut dengan istilah penjara mental atau gembok mental.( Lebih jelasnya baca buku saya Al Quwwah ar ruhiyah). I – Impianmu tuliskanlah dan T- Tingkatkan terus valensi diri dan skill serta kemampuan kita. Never give Up! Serta jangan menunggu! Jika kita terlalu lama menunggu, kita akan kehabisan waktu. Jangan sampai impian kita tenggelam termakan waktu. Kerjakanlah apa yang dapat kita lakukan untuk bertahan pada komitmen kita hari demi hari. Berubahlah 1 % tiap hari ke arah kebaikkan yang kita tuju. Janganlah menunggu sampai segala sesuatunya tidak dapat lagi kita raih. Tarik nafas dalam-dalam, ambil keputusan, dan kembalilah melangkah maju.
Never give up! Salam Dahsyat dan Luar Biasa! Salam Sukses Mulia!

( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, Penulis buku Al Quwwah ar ruhiyah Kekuatan Spirit Tanpa Batas. www.cahayaislam.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co