Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Monday, February 1, 2010

Tulisan Santri dan Peserta Mentor FM Plus


Jadilah Seperti Semut
Sobat pasti semua tahu binatang kecil ciptaan Allah yang mungkin sering keliling disekitar rumah kita. Yakni seekor semut. Apakah kita pernah berenung bahwa semut lebih baik dari pada manusia? Walapun manusia diciptakan oleh Allah sebaik-baiknaya makhluk dari semua makahluk ciptaaNya. Akan tetapi cobalah kita sepintas mengamati betul-betul, ketika ada semut lewat ada sebuah hikmah serta pelajaran yang dapat kita ambil dari sana.
Sobat, pertama coba kita amati ketika semut berjalan dan berbaris dengan sodara-sodaranya. Ketika mereka berjalan, mereka berjalan dengan rapi dan tertib, mereka pun saling menyapa, denagn sodara-sodaranya, saling bersalam-salaman dengan semua semut yang sedang berbaris disana. Sekarang masalhnya bagaimana dengan kita apakah kita sudah bisa menjadi seperti semut yang setiap ketemu dengan sodaranya dia selalu menyapa selalu bersalaman serta mengucapkan salam. Saya merasa masih banyak diantara kita yang tidak bisa seperti semut, yang selalu menujukan persaudaranya bahwa mereka adalah satu yang saling menyayangi, mengasihi serta tidak sombong. Misalnya saja dalam kehidupan sehari-sahari, kita belum bisa menciptakan rasa persaudaraan kita baik itu dengan sesama keluarga, sesama muslim atau sesama manusia. Masih banyak diantara kita hanya karena kebencian, keirian, kesombongan, serta kegoisan menjadikan kita angkuh hingga tidak memperdulikan sodara kita yang lain dan masih banyak juga adanya peperangan antar keluarga, sodara, atu suku. Kita ambil contoh saja yang sebuah masalah yang dihadapi sodara kita sesama muslim yang sampai sekarang mereka belum merasa keadamaian dalam hidupnya, karena, setiap harinya mereka selalu dihantui dengan sebuah peperangan dan kekerasaan yang dilakukan oleh orang kafir. Mereka adalah sodara kita yang ada dipalestina. Apakah kita merasakan pederitaan mereka yang selalu tidak tenang dalam hidupnya, ibadah tidak tenang, makan tidak tenang bahkan jarang makan karena tidak ada makanan, sedangkan kita tidak merasakan pendiritaan itu, kita disini senang-senag, bisa makan enak, tidur nenyak, bisa ibadah dengan tenang. Akan tetapi kita lupa kalau kita punya sodara yang memangil-mangil kita , meminta pertolongan dari kita. Ini seemua disebabkan Karena adanya sekat-sekat suatu wilayah, kita tidak merasa mereka sodara kita, yang harus kita bela dan kita bantu. Serta tidak adanya umat islam yang satu terutama tidak adaya hukum-hkum islam yang diterapkan secara sempurna, hingga kita tidak mempunyai kekuatan untuk melawan musuh-musuh islam tersebut. Lalu apa yang seharusnya kita lakukan? Apakah kita diam saja melihat sodara kita menderita? Apakah kita harus membelanya dengan menyusun kekutan?.. penderitan sodara kita disana tidak akan pernah usai sebelum kita umat islam sedunia bersatu untuk bisa menegkakan islam kembali muka bumi ini. Karena hanya tegaknya hukum –hukum islamlah yang akan membawa solusi, serta membawa kedamaian, kesejahteran bagi seluruh umat manusia. Serta persaudaran kita akan bisa terwujud seperti halnya binatang semut. Baik anatar sesama muslim, atau anatar sesama manusia.
Ada satu hal lagi yang terkadang kita tidak bisa seperti semut yang disekeliling rumah kita, coba kita amati lagi ketika ada gula yang tumpah atau secuil roti yang jatuh dilantai, tak lama kemudian pasti seekor semut akan datang mendatanginya. Dan coba kita amati, apakah pernah seekor semut ketika mendapat makanan terus dia makan sendiri tanpa memperdukan teman yang lain dan menyimpan makanan itu sendiri ditempat persembunyianya. Pastinya sesekor semut tersebut tidak akan mau makan makan tersebut sendirian, pasti dia akan memangil teman-temanya, dan teman-temanya pun akan datang. Dan saling berbagi makanan tersebut, bahkan ketika teman-temanya sudah datang mereka salaing bergotong royong mengakat makanan tersebut ketempat yang lebih aman agar mereka dapat memakan dengan tenang. Dari sekelompok semut itu, kita bisa ambil berapa hikmah bahwa diantara kita belum bisa seperti semut yang yang mempunyai sifat yang saling berbagai dengan sesamanya. Masih banyak diantara kita yang terkadang kita masih sayang dengan yang kita miliki walaupun sebenarnya semua yang kita miliki itu hanyalah merupakan titipan dari Allah. Tapi terkadang kita sombong dengan titipan itu. Sangking sombongnya kita tak pernah menoleh kebelakang, bahwa disana masih banyak yang membutuhkan dengan titipan yang kita bawa, sedangkan titipan itu kita pergunakan dalam hal yang kurang bermanfaat, dengan menghabur-haburkanya atau menimbunya hingga banyak agar kita terlihat kaya dihadapan orang-orang. Dan banyaknya kemiskinan, anak-anak terlantar, gelandangan, pengemis dijalanan pencurian. Itu akibat dari sekelompok orang yang egois, tidak menoleh kebelakang, tidak memerdulikan sesamanya, hidupya yang serba senag-senag penuh dengan kemewahan serta dia lupa bahwa yang dibawanya hanyalah sebuah titipan, yang akan diminata pertanggung jawaban bila dipergunakan dalam hal yang tidak bermanfaat, sedangkan diluar sana masih banyak yang membutuhkan. Apakah kau tidak memikirkan itu wahai sodaraku??? Apakah kita tidak malu dengan semut?? Yang mempunyai sifat yang saling berbagi dengan sesamanya saling membantu. Apakah kita akan seperti ini terus tidak memperdulikan sodara kita yang lebih membutuhkan kita?? Andai kau tahu wahai sodara ku sesunggunya kalu kita mau berbagi dengan sodara kita yang membutuhkan bantuan kita , insyaAllah, Allah akan menambah tuju kali lipat dari apa yang kita berikan. Diibaratkan sebuah biji padi yang ditanam, lama-kelaman padi itu akan bercabang dan menghasilkan biji padi yang sangat banyak jumblahnya. Anadaikan saja dinegri kita ini seperti itu, antraa si kaya dan si miskin tidak ada sekat, serta kesenjangan sosial dengan saling berbagi, memberi serta saling membantu. Pasti negeri kita akan sejahtera dan damai bahagia. Tapi kenyataanya sekarang malah sebaliknya?.. kita belum bisa seperti semut? Padahal kita makhluk Allah yang paling mulia dari pada seekor semut.




By : Nisa Shofia







MAHASISWA



A.. DEFINISI MAHASISWA

Tentu kata mahasiswa bagi kita tak asing lagi bukan ? ya, seorang mahasiswa adalah sebagai calon pembaru, calon cendikiawan, dan sebagai calon penyangga keberlangsungan hidup masyarakat. Peran mahasiswa sebagai calon pembaharu berkaitan erat dengan perannya sebagai calon cendikiawan. Oleh karena itu, mereka mahasiswa harus mempunyai tiga kemampuan, yaitu:

1.Kemampuan keterbukaan pikiran

Berpikir harus selalu melibatkan informasi. Tanpa informasi manusia tidak dapat berpikir. Semakin banyak informasi semakin lancar kegiatan berpikir. Implikasinya, semakin manusia mampu menyerap informasi, semakin ia mampu berpikir dengan baik. Kemampuan menyerap informasi mensyaratkan adanya keterbukaan dalam pikiran manusia. Apa jadinya kalau pikiran tidak terbuka? Kalau pikiran tidak terbuka manusia masih dapat berpikir, namun kegiatan berpikirnya lebih menyerupai kegiatan instingtif pada hewan.

2. Kemampuan berpikir kritis

Berpikir kritis harus ada pada mahasiswa, karena dengan berpikir kritis memperbesar kemungkinan manusia memperoleh informasi yang benar. Informasi yang benar sangat membantu mengambil tindakan yang benar. Karena kalau tindakan mahasiswa tidak benar, mereka tidak hanya menyesatkan diri mereka sendiri tapi juga masyarakat di sekitar mereka. Inti dari berpikir kritis adalah tidak begitu saja menerima apa yang ada, tetapi menanggapi secara hati-hati informasi yang diperoleh.

3. Kemampuan berpikir kreatif

Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk membuat produk atau kombinasi baru berdasarkan data atau informasi yang tersedia. Sebagai calon pembaharu, maka berpikir kreatif itu sangat penting, karena secara umum kreatifitas dibutuhkan untuk menciptakan hal-hal baru yang menjawab permasalahan dan pemenuhan kebutuhan yang ada dalam masyarakat.


B. TIPE-TIPE MAHASISWA

Kenapa sich kita harus membahas tentang tipe-tipe mahasiswa?. Karena agar kita mengetahui termasuk tipe apakah kita? Apa kita termasuk tipe mahasiswa yang sukses tapi hanya sekedar sukses?, atau kita termasuk tipe mahasiswa yang sukses dunia akhirat?, atau malah sebaliknya?


1.Tipe mahasiswa pacaran

Hari gini tak punya gebetan, gak gaul banget sih!!!!!!!!!. Nah ini selogan yang selalu mereka promosikan. Tapi orang yang gaul nggak harus punya pacar kan? Nah, mahasiswa yang seperti ini yang harus kita sadarkan. Karena mereka ke kampus hanya untuk mencari pasangan yang sangat dilarang oleh syari’at islam. Mereka yang tipe ini ke kampus bukan untuk mencari ilmu yang bermanfaat tapi mereka mencari suatu kesenangan yang sesaat, yang dapat menjerumuskan pada kesesatan. Nah kalau sudah tahu begini , apa kita masih ingin untuk masuk dalam tipe ini????????

2.Tipe study oriented

Mahasiswa yang satu ini adalah mahasiswa yang ada dalam benaknya hanya belajar, belajar dan belajar. Emang sih belajar itu baik dan tak salah orang yang selalu belajar. Tapi sebagai seorang mahasiswa kita juga perlu untuk berorganisasi. Karena dalam organisasi kita akan mendapatkan sesuatu yang tak pernah diajarkan dalam bangku kuliahan.

3.Tipe mahasiswa aktivis

Mahasiswa yang satu ini patut diajungi jempol, kenapa? Karena selain mereka aktif dalam kelas mereka juga aktif di luar kelas. Tapi ada juga lho seorang aktivis yang sibuk ngurusin organisasinya sehingga mereka lupa dengan kuliahnya. Dan akhirnya mereka tak dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu/
Aktivis juga tak selamanya baik, ada juga aktivis mahasiswa yang salah dalam memilih organisasi yaitu organisasi yang di dalamnya secara tidak langsung menentang syari’at Allah. Kalau sudah begini kita harus pinter-pinter dalam memilih organisasi.

( Fajri IAIN Supel )










“Jadilah maha bintang”
bintang dilangit kelip engkau disana menberi cahayanya disetiap insan.
Malam yang dingin ku harap engkau datang memberi cahaya disetiap mimpi-mimpinya.
Menjadi maha bintang, mengapa tidak...............!!!
Maha bintang, banyak bintang-bintang yang bersinar disekitar kita. Tapi pastinya nich, ada satu bintang paling terang diantara bintang-bintang yang bersinar. Betul betul betul......!!! siapakah dia???. Yach ciapa lagi kalau bukan sang maha bintang, penerang dari semua bintang-bintang yang terang. (silau man....!).
What about that maha bintang???. Apa yang anda ketahui tentang maha bintang???
Apakah orang yang salama ini sering eksis nongol dilayar kaca, seperti Luna Maya and Olga Saputra, ataukah orang yang selama ini sering mengeluarkan ide-iednya seperti pak Presiden Susilo Bambang Yudoyono, Gus Dur, atau Musda Mulia, ataukah orang seperti Tukul Arwana yang sering mengekspresikan dirinya didunia perlawakan yang dapat merubah sedih jadi senang, ataukah idola-idola anda yang lain???.
Bintang.... akulah bintang, engkaulah bintang, dia bintang, mereka bintang, dan anda semua adalah bintang. Bintang-bintang yang akan menjadi maha bintang apabila ia selalu berusaha mengasah segala potensi yang ada pada dirinya. ia tidak hanya akan jadi bintang, tapi ia akan jadi maha bintang yang sukses menghasilkan prestasi dan perubahan pada dunia.
Sukses adalah sebuah hal yang PASTI, semua orang bisa sukses, tak selamanya anaknya presiden bisa jadi presiden pula, anak pengusaha selamanya jadi pengusaha, dan anak petani selamanya jadi petani, karena sukses bukanlah berasal dari turunan melainkan berasal dari usaha mencapai tujuan. Tinggal bagaimana langkah kita memangfaatkan peluang yang ada untuk mencapai tujuan tersebut. Kalau kita teliti sebenarnya waktu yang ada pada diri kita semuanya sama, dalam sehari ada 24 jam, seminggu ada 7 hari. Tentunya jumlah bulan and tahunnya juga sama. Kalau banyak orang yag bisa sukses dengan waktu segitu mengapa kita tidak???. Sukses bisa dilajari karena sukses tidak menuggu nasib baik seseorang, sukses tidak menunggu bertambahnya usia seseorang, dan sukses juga tak melihat latar belakang pendidikan seseorang. Jadi kalau kita ingin segera meraih kesuksesan tersebut, mari kita mulai belajar dari sekarang karena tidak ada waktu lagi untuk menunggu hari esok. Jangan jadikan satu hari saja tanpa ada sebuah prestasi yang bermangfaat bagi diri kita dan bagi orang lain.
Setelah kita mengeluarkan segenap kemampuan yang kita miliki, jangan lupa ada beberapa kunci kesuksesan yang harus kita pegang diantaranya:
Tawakkal, menyerahkan segala hasilnya sama Allah. ingat segala apa yang kita lakukan semata-mata hanya mengharap ridho dari Allah SWT. Maka kita harus menerimanya dengan Ikhlas dan lapang dada.
Derfikir mendalam dan cemerlang dalam mencari jalan dan cara, dengan melihat segala kemampuan yang ada memangfaatkan hambatan jadi peluang.
Sungguh sungguh, menata komitment
kontinue, terus-menerus dalam mengasah potensi karena setajam-tajamnya pisau kalau gak pernah diasah akan tumpul juga.
Berani, berani bermimpi, kalau orang gak punya mimpi orang akan kehilangan semangat untuk hidup, padahal hidup itu indah.
Sabar serta doa, selain sabat tiada usaha yang tidak disertai dengan doa.
Apakah kamu lebih menyenangi kehidupan di dunia daripada kehidupan di akhirat?Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan)di akhirat hanyalah sedikit (QS At Taubah 38)
Sesungguhnya para penghuni sorga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan pasangan-pasangannya berada dalam tempat yang teduh, bersandar di atas dipan-dipan. Di sorga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa saja yang mereka inginkan. (kepada mereka dikatakan) “SALAM” sebagai ucapan selamat dari Tuhan yang maha Penyayang. (QS Yasin 55-56-57-58)
Kesuksesan merupakan teori yang tak berumus, tak semua kerja keras akan menghasilkan keberhasilan, dan tak semua kerja keras akan menghasilkan kegagalan, tapi Allah menyukai orang-orang yang mau berusaha.
Maka jadilah Maha Bintang yang tidak bersinar sendiri, melainkan bersinar untuk menyinari Alam dengan cahaya Islam
Untuk meraih sukses hakiki.
Sukses Hidup Dunia Akhirat dalam Keridlaan Allah
By: aisya_1924@yahoo.co.id







Menjadi ” MAHA BINTANG”

Sobat, kalau qta lihat diatas langit sana, ternyata banyak bintang-bintang bertaburan. Apakah itu yang qta maksud di sini? Ternyata tidak. Tapi yang qta maksud di sini adalah bintang yang dicapai oleh seseorang dalam menyalurkan melebihannya. Apakah seperti Jacko, Luna Maya, Madonna, atau Jacky Chan? Ternyata tidak, karena mereka cuma jadi bintang untuk dirinya sendiri.

Pada dasarnya semua orang adalah bintang, tapi yang membedakannya adalah apakah dia jadi bintang biasa atau jadi maha bintang? Kalau dia jadi bintang biasa berarti dia menerima apa adanya, tidak berbuat apa-apa. Sedangkan orang yang menjadi maha bintang berarti dia punya pengaruh dilingkungannya. Hal ini yang menunjukkan dia sebagai orang yang sukses. So What is Succes?

Sukses adalah tercapainya berbagai PRESTASI DAN TUJUAN tertentu yang pengaruhnya tampak jelas pada kehidupan individu, masyarakat, maupun bangsa..

Sukses adalah suatu KEPASTIAN :
 Siapapun bisa sukses.
 Tergantung seberapa cepat mencapainya
 Sukses bisa dipelajari...
 Sabar menanti saat datangnya kesuksesan.
 Sukses memerlukan doa.

Kunci SUKSES:
Tawakkal, Ikhlas, Berfikir mendalam dan cemerlang dalam mencari jalan dan cara, Sungguh-sungguuh, Kontinu, Berani, Sabar......

Betul ..betul..betul......!!!!!!!!!!!!!!

Dan cara meraih sukses adalah
 Faham Tujuan dan Target.
 Faham Metode
 Kreatif
 Inovatif
Jangan lupa Iringi Usaha dengan Doa.

Maka menjadi Maha Bintang bukan hal yang sulit tapi itu adalah hal yang sangat mudah.(Fayakun)









KUNCI SUKSES MENGGAPAI IMPIAN
Sobat, saya yakin kalian semuanya pasti mempunyai impian…dan pastinya kalian pasti juga menginginkan agar impian kalian itu dapat menjadi kenyataan. Sobat, sejujurnya ingin saya katakan kepada kalian yang berani bermimpi, kalian merupakan orang – orang yang beruntung karena satu hal yang pasti, dengan impian yang kalian miliki merupakan gambaran awal untuk menata masa depan kalian. Dalam hemat saya, impian itu sama dengan doa. Nah sobat, pastinya dalam sebuah proses menggapai impian yang hendak kalian capai, banyak penghalangan, alias hambatan – hambatan. Dan hambatan – hambatan itu ternyata berasal dari extern dan intern. Jika dari intern, mungkin dari diri kita yang terkadang malas, lagi down, bad mood suka nunda – nunda, dan seabreg alas an yang ngebikin kita terhambat buat gapai impian kita.
Nah kalau dari ekstern, biasanya lingkungan yang nggak membuat kita kondusif buat gapai impian kita, teman yang gak ngedukung buat kita jauh lebih semangat buat gapai impian kita, orang tua yang malah mematahkan semangat kita, de el el. Ok sobat, bangkitlah, berlarilah, dan terus kejar impian kalian, jangan biarkan impian kalian hanya sekedar angan – angan belaka. Buatlah semua menjadi kenyataan. Inilah sobat langkah – langkah yang harus kamu lakukan to make your dream come true ( membuat mimpimu menjadi kenyataan )
1. Tetapkan impianmu
Sobat, jika saya bertanya kepadamu kapan kah kamu harus menatapkan impian mu???apakah esok?nanti?Tidak sobat, jawabannya adalah detik ini juga. Pasti terselip pertanyaan dalam benakmu,kenapa harus detik ini juga?? Sebab kita berpacu dengan waktu, jika kamu menunda – nunda menetapkan impianmua, maka tak akan kesempatan lagi sobat, tanpa kau sadari waktu akan menggilasmu, dan hanya penyesalan yang akan kau terima. List semua impian yang hendak kamu raih, baik dalam peningkatan expert, spiritual, financial, pencapaian akademik, dll. Dan yang pasti yang harus kalian perhatikan sobat, tetapkanlah impian yang tidak hanya dirimu yang mampu meraskan manfaatnya, namun jauh lebih indah ketika impian kita merupakan impian yang membawa kemaslahatan bagi banyak orang.
2. Tancapkan Keyakinan 100%
Sobat, ketika kamu mempunyai impian yang hendak kamu gapai, iringilah dengan keyakinan bahwa Allah akan bantu kalian, untuk meraihnya, bukankah Allah itu seperti prasangka hambanya. Jangan biarkan keyakinan yang kamu miliki hanya, 50%,60% atau 70%, jika hal itu yang masih tertancap dalam benakmu, saya hanya ingin bilang jika sesungguhnya kamu tidak yakin dengan pertolongan Allah. Bukankah Allah Maha Segala – galanya sobat?? Apa yang tidak bisa Allah berikan kepada hamba-Nya??Semuanya bisa Allah berikan sobat, milik-Nyalah langit dan bumi. Mulai detik ini juga kamu harus punya keyakinan 100%, dan jangan biarkan keyakinan itu pudar.
3. Tetapkan motivasi
Nah lo sobat, jangan sampai ketika kalian hendak menggapai impian kalian, ternyata eh ternyata , kalian gak punya landasan yang kuat buat apa, siapa , dan ngapain impian ini kalian realisasikan, jika hal itu terjadi sungguh kronis sobat. Sobat, motivasi itu merupakan energi yang menarik kalian untuk meraih impian kalian, saya umpamakan mobil. Motivasi itu merupakan bensin, yang akan menggerakkan kalian. Jika kita seorang muslim, maka motivasi tertinggi kita adalah Allah sobat, jadikan Allah ada segala – galanya, Allah adalah orientasi,prioritas, dan tujuan kita.
4. Take Action
Sobat hal ini yang harus kita lakukan, karena jika kalian hanya punya impian tapi kalian gak mau berusaha untuk menggapainya, idih…itu mah sama dengan boong. Mana ada, kesuksesan yang gak diraih dengan usaha dan kerja keras. Jangan sampai kalian seperti cebol merindukan bulan sobat, hanya omong kosong belaka. Saya yakin 100%, jika kalian mengikuti 3AS yakni kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas, Insyaallah cita – cita kalian akan tercapai.
5. Terus menerus memaksimalkan doa.
Ini dia sobat yang amat sangat penting. Kalian semua pasti nyadar,. Senjata seorang muslim adalah doa. Kamu pun pasti nyadar jug, kalau makhluk yang bernama “manusia” serba terbatas, serba kurang, dan butuh sama Dzat yang lebih daripadanya Dialah Allah SWT .Hanya kepada – Nya sobat, kita gantungkan dan menyandarkan segala asa, impian dan cita – cita kita . Berdoalah dengan sungguh – sungguh sobat kepada Allah, agar impian yang kita miliki segera dikabulkan – Nya.
6. Tutup pintu kemaksiatan diri
Kemaksiatan itu bagaikan lumut yang menutupi batu sobat, sama halnya ketika kita getol ingin menggapai impian kita, tapi di sisi lain kita juga masih bersemangat bermaksiat kepada – Nya. Maka usaha kita akan sia – sia sobat, impian yang kita harapkan untuk segera terealisasi nyatanya, masih jauh dari harapan, Karena pada dasarnya kemaksiatan yang kita lakukan secara continue, merupakan penghalang kita untuk menggapai impian yang telah kita tetapkan sobat. Berusahalah menjadi pribadi yang senantiasa menjaga kemuliaan dan kesucian diri dari segala macam perbuatan maksiat, namun ketika kita terlanjur maksiat, lekaslah sadar, bertobat, dan mohon ampun kepada Allah. Allah akan memberikan segala sesuatu kepada hamba –Nya yang berusaha sekuat tenaga menjaga diri –Nya dari segala perbuatan yang dilarang-Nya
7. Tawakal
Sobat, ternyata sikap yang terbaik yang harus kita lakukan setelah semaksimal mungkin kita mengerahkan segala uasaha untuk menggapai impian kita adalah setelahnya kita mampu bersikap tawakal; sudah selayaknya kita menyerahkan hasil akhir kepada Allah, biarkan Allah yang menentukannya sobat, kita harus yakin segala keputusan yang terbaik adalah di tangan Allah. Allah yang paling tahu diri kita sobat, dan pasti Allah punya rencana yang paling indah untuk kita.
Sobat, lakukankalah langkah 7 T, diatas. Saya yakin sobat, ketika kalian benar – benar mengaplikasikannya, InsyaAllah impian kalian akan segera teralisasi, jangan kita ragu dengan potensi yang kita miliki sobat, yakinlah kalian mampu menggapai impian kalian ( by: dita ( dee_alizzah90@yahoo.co.id) )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co