Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Sunday, January 24, 2010

Memilih Teman Adalah Masa Depan


Memilih Teman Adalah Memilih Masa Depan.

“ Seseorang akan mengikuti agama sahabatnya. Karena itu, hendaklah kalian meneliti benar siapa yang kalian jadikan sahabat.” ( Pesan Rasulullah Saw.)

Sobat, pesan Rasulullah di atas layak kita perhatikan dan renungkan dalam-dalam. Sebab tidak jarang rusaknya seseorang karena bersahabat dan berteman dengan orang-orang yang salah bukan bersahabat dan berteman dengan orang-orang yang saleh. Dalam riwayat yang lain Rasulullah Saw bersabda, ” Barangsiapa Allah inginkan baik, Allah menganugerahinya sahabat saleh yang akan mengingatkannya bila ia lupa dan membantunya kala ingat.” Begitu pentingnya persaudaraan karena Allah Swt, Rasulullah Saw. Bersabda, ” Barangsiapa mempunyai hubungan persaudaraan karena Allah, niscaya Allah memasukkannya ke surga yang tidak akan sanggup diraihnya dengan amal perbuatan.”

Sobat, Iman dan semangat hidup seseorang laksana tanaman atau tumbuhan dia akan bertumbuh, berkembang, berbunga dan berbuah jika terpenuhi 4 hal :
1. Tanaman itu butuh tanah yang subur dan banyak mengandung unsur hara. Apa tanahnya Iman dan semangat hidup ; lingkungan pergaulan kita, para sahabat dan teman yang mengelilingi kita. Kalau kita berada di lingkungan pergaulan yang baik dan saling menyemangati serta menasehati tentang kebaikkan maka Iman dan semangat hidup kita juga ikut meningkat. Sebaliknya ketika kita berada pada lingkungan pergaulan yang tidak kondusif bahkan cenderung negatif dan tanpa motivasi maka lambat laun kita akan tertular juga virus kemalasan.
2. Tanaman butuh di siram dengan air secara rutin. Demikian juga Iman dan semangat hidup kita. Apa siramannya? Tidak ada lain adalah ilmu pengetahuan dengan rajin membaca buku-buku Agama, motivasi dan pengembangan diri serta pengetahuan tentang kehidupan.
3. Tanaman butuh di pupuk secara rutin juga. Demikian juga dengan Iman dan semangat hidup maka perlu juga dipupuk. Apa pupuknya? Amal saleh bukan amal salah. Memperbanyak amal saleh dan kebajikan dalam hidup ini. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi sesamanya.
4. Tanaman butuh cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Demikian juga Iman dan semangat hidup. Apa cahaya mataharinya? Hidayah Allah. Maka kita hendaklah senantiasa berdo’a dan meminta hidayah Allah SWt. Setidaknya 17 kali dalam setiap hari ketika kita melaksanakan sholat lima waktu sehari semalam.Apa dan bagaimana meraih hidayah Allah itu silahkan baca buku saya Al Quwwah ar ruhiyah di bab terakhir sebelum epilog.

Sobat, ketika energi seseorang positif, maka menurut ilmu fisika modern auranya akan besar dengan warna terang dan bentuknya yang indah, orang dengan aura ini kondisinya nyaman ketika siapapun berinteraksi dengannya, atau bahkan ketika mendekatinya tanpa terjadi interaksi dan percakapan apa pun dengannya. Selama hidup, kita bersosialisasi dengan orang-orang yang kita merasa nyaman dan memberikan kepada kita energi positif. Selain itu, kita bersosialisasi dengan orang-orang yang kita tidak merasa nyaman tanpa mengetahui alasannya, hanya saja tubuh-tubuh mereka dikelilingi oleh aura yang buruk dengan warna yang gelap, bentuk yang tidak jelas serta permukaan yang tidak lurus. Dan biasanya mereka membawa energi negatif yang berpengaruh terhadap orang-orang yang bersosialisasi dan duduk dekat dengan mereka.

Oleh karena itu, ajaran Islam mengarahkan untuk bersosialisasi dan berkumpul selalu dengan orang-orang yang saleh dan berilmu, sebab biasanya mereka memiliki energi positif yang berpengaruh dan membuat nyaman dan menghembuskan rasa tenang, rehat, dan perasaan-perasaan positif serta kegembiraan dan terhindar dari rasa gelisah dan gundah gulana.

Sobat, Imam Ja’far al-shadiq r.a berkata : ” Jangan bersahabat dengan lima orang :
1. Pembohong, karena Anda akan senantiasa ditipu; Ia mendekatkan apa yang jauh dan menjauhkan apa yang dekat dari Anda.
2. Orang pandir, karena tidak ada untungnya bersahabat dengannya; Alih-alih menolong, ia malah membahayakan Anda.
3. Orang kikir, karena ia rela menjegal Anda jika itu lebih menguntungkannya.
4. Pengecut , karena ia rela menyerahkan Anda kepada musuh demi keselamatannya sendiri ketika dirinya terdesak.
5. Orang fasik, karena ia bisa menjual Anda hanya dengan harga sekerat roti atau bahkan lebih sedikit.

Sobat, Imam Ali r.a. pernah berkata, “ Hidupkanlah ketaatan lewat bergaul dengan mereka yang menghidupkan ketaatan.” Luqman al hakim berwasiat, ” Anakku, bersahabatlah dengan para ulama dan dekaplah mereka dengan kedua tanganmu! Hati sungguh hidup dengan siraman hikmah, laksana tanah kering hidup dengan siraman air hujan.
Semoga kita pandai memilih teman dengan tepat. Karena memilih teman adalah memilih masa depan. Salam Sukses Mulia! Salam Dahsyat dan Luar Biasa! Allahu Akbar!

( Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H, Penulis Buku Al Quwwah ar ruhiyah Kekuatan Spirit Tanpa Batas! www.cahayaislam.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co