Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, November 25, 2009

Berpikir negatif VS Berpikir positif


Berpikir Negatif VS Berpikir Positif

“Manusia mungkin berbuat salah tetapi yang tidak dibenarkan adalah mempertahankan sesuatu yang negatif dan mengulanginya hingga menjadi kebiasaan”


Apakah Anda mengenal orang yang selalu berpikir negatif? Apakah Anda mengenal orang yang selalu melihat sisi negative segala sesuatu? Apakah Anda mengenal orang yang menjadikan rokok, minuman keras, atau narkoba sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi? Berpikir negatif adalah penyakit yang sangat berbahaya. Ia candu seperti narkoba dan minuman keras. Waspadalah dengan pikiran negatif yang bila berkelanjutan akan menghasilkan perilaku negatif. Diantara ciri-ciri orang yang berkepribadian negatif :

1. Keyakinan dan bayangan negatif ; Kepribadian yang negatif lebih sering meyakini kegagalan daripada keberhasilan. Bayangan kegagalan selalu ada dalam pikirannya.
2. Menolak perubahan ; Karena keyakinan dan bayangan negatif, seseorang menolak perubahan apa pun yang mengeluarkannya dari zona nyaman dan aman.
3. Tidak berperan aktif menyelesaikan masalah
4. Selalu mengeluh, mencela, dan melihat sisi negatif dari segala sesuatu
5. Selalu merasa frustasi, sendiri dan gagal
6. Hasil kerja dan capaian individunya menjadi lemah
7. Senang menyendiri dan tidak mampu bersosialisasi hingga tidak punya sahabat
8. Sangat mungkin terserang penyakit jiwa

Ini beberapa contoh kepribadian negatif. Menghindarlah dari berpikir negatif karena pikiran itu akan menumpuk dan menyebar hingga menjadi kebiasaan yang menghalangi anda mencapai tujuan dan mendatangkan masalah yang tidak berkesudahan. Yang paling penting untuk disadari adalah pikira negatif menguatkan ego rendah dan menjauhkan kita dari Allah.

Sobat, justru pikiran yang harus kita kembangkan adalah selalu berpikir positif. Ada masalah atau tidak, kita selalu bersyukur pada Allah, kita berpikir mencari solusi dari segala kemungkinan hingga pikiran itu menjadi kebiasaan hidup kita. Orang yang memiliki kepribadian semacam ini akan menjalani hidup dengan damai,tenang dan bahagia.

Mari kita menelusuri sifat-sifat kepribadian positif dan bagaimana kita bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya ada sepuluh sifat utama yang menjadi ciri khas kepribadian positif. Sifat-sifat itu akan membantu kita mewujudkan cita-cita, serta memberi kebahagiaan, ketenangan, dan ketentraman jiwa.

1. Beriman, memohon bantuan, dan tawakkal kepada Allah.
2. Kepribadian yang sukses memiliki ciri jujur, amanah, menyukai kebaikan, murah hati, bergantung pada Allah, dan selalu meneladani akhlak Rasulullah Saw. Dan orang-orang sholeh.
3. Memiliki cara pandang yang jelas.
4. Pribadi positif tahu betul kekuatan hukum keyakinan dan proyeksi positif.
5. Selalu mencari jalan keluar dari berbagai masalah.
6. Belajar dari masalah dan kesulitan
7. Tidak membiarkan masalah dan kesulitan mempengaruhi kehidupannya.
8. Percaya diri, menyukai perubahan, dan berani menghadapi tantangan.
9. Hidup dengan cita-cita, perjuangan, dan kesabaran.
10. Pandai bergaul dan suka membantu orang lain.

Sobat, sebagai penutup tulisan singkat ini. Ada kata-kata menarik yang perlu kita renungkan dari Dr. Ibrahim Elfkiy : ” Hidup yang kita jalani saat ini adalah pancaran pikiran, keputusan, dan pilihan kita. Jika kita rela menerima tantangan, berarti kita telah merintis perubahan, kemajuan dan perkembangan.”

Semoga kita bisa menjadi hamba-hamba-Nya yang senantiasa bersyukur dan bertawakkal kepada Allah SWT. Rasulullah Saw. Bersabda, ”Jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan benar, niscaya Dia akan memberi rezeki sebagaimana Dia memberi rezeki pada burung.”

Ada syair yang layak kita perhatikan:

Bertakwalah kepada Allah jika engkau berpikir
Dia akan memberimu rezeki yang tak pernah engkau pikir
Bagaimana mungkin engkau takut jatuh miskin
Sedangkan Allah Maha Mengatur Rezeki
Dialah yang memberi rezeki
Pada burung dan ikan di lautan.

( Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H , Penulis buku Al Quwwah ar ruhiyah, Kekuatan Spirit Tanpa Batas, www.fikrulmustanir.blogspot.com , www.cahayaislam.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co