Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Sunday, October 18, 2009

Semua Orang Bisa Menulis Asal Mau


Semua orang bisa menulis Asal Mau

Sobat, pagi tadi saya menghadiri Launching 11 penulis cilik dan kelas penulis diperuntukkan bagi anak-anak oleh komunitas Kelab Penulis Cilik yang di bawah pimpinan Mbak Sofie Beatrix di Monumen Kapal Selam Surabaya. Terharu sekaligus prihatin budaya menulis dan budaya membaca di bangsa ini harus dibangkitkan lagi agar menelorkan generasi cerdas dengan beradaban yang tinggi. Di mana pelajaran menulis atau mengarang di sekolah-sekolah menjadi barang langka saat ini. Bukankah peradaban manusia ditentukan oleh hasil karya berupa tulisan. Tulisan menjadi warisan terbaik yang diberikan manusia kepada manusia lainnya. Tulisan tidak akan lekang oleh waktu. Coba kalau kita mau teliti dan telusuri, peninggalan dan peradaban masa lalu nenek moyang kita yang masih ada dan wujudnya fisik berupa bangunan dan tulisan.

Sobat, tapi saya yakin suatu saat budaya menulis orang indonesia tidak kalah hebat dengan orang Amerika. Impian itu, tampaknya tidak terlalu lama lagi akan menjadi kenyataan. Apa buktinya teman? Buktinya orang indonesia sangat rajin membalas SMS dengan kalimat yang panjang-panjang hal ini jelas lebih hebat dari menulis. Semoga ini bukan Cuma mimpi.

Sobat, ilmu pengetahuan dan keahlian yang kita miliki sekarang tidak akan memberikan manfaat jangka panjang jika tidak diabadikan dengan tulisan. Ilmu kita juga tidak akan bermanfaat secara maksimal kepada lebih banyak orang tanpa tulisan. Kehebatan kita tidak akan berarti apa-apa karena orang akan lupa. Namun, kalau ada tulisan yang kita wariskan maka kita akan ada sekalipun orangnya sudah meninggal inilah yang disebut ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariah bagi kita untuk generasi berikutnya.

Sobat, semua bisa menulis asal mau. Coba kita perhatikan banyak orang yang tidak menyadari bahwa ketika sedang menulis paper, skripsi atau tesis sebenarnya seseorang tersebut sedang menuliskan gagasannya. Meskipun hal itu terpaksa, tetapi mereka bisa melakukan semua itu sehingga bisa lulus dari studinya. Nah, sejujurnya semua bisa menulis, hanya mau atau tidak melakukannya. Kalau dipaksa bisa maka paksalah diri anda agar bisa melakukan.

Sobat, bagaimana kita mengawali menulis? Frans M.Royan memberikan tips sebagai berikut:
• Buatlah catatan harian anda. Lakukan dengan cara detil dan sepanjang mungkin serta buatlah variasi setiap hari.
• Buatlah artikel. Kalau udah terbiasa membuat catatan harian anda dengan lancar maka niscaya anda akan mampu membuat tulisan dalam bentuk lainnya. Menulis kembali artikel yang anda baca baik melalui koran atau majalah dengan bahasa anda kemudian cocokkan kembali dengan artikel aslinya. Hal ini adalah salah satu cara mengawali menulis dengan baik.
• Buatlah paper atau makalah.
• Tulislah kembali apa yang diceritakan orang.
• Ambillah peran menulis di dalam kehidupan kita baik di lingkungan rumah, keluarga. Organisasi, maupun kegiatan personal, kita tidak akan lepas dari aktivitas tulis menulis.
Sobat, peran menulis yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari secara tidak lansung mendorong kita untuk mulai tergugah kreatifitasnya dalam hal menulis. Membiasakan membuat kata kunci dan menuliskan kalimat-kalimat, baik panjang atau pendek. Mengurutkan kalimat dengan benar, jika tidak enak di baca, bukankah hal ini termasuk kegiatan editing. Tanpa kita sadari sebenarnya kita telah melakukan latihan menulis meskipun dilakukan sambil beraktivitas tetapi dampaknya akan sangat positif untuk kegiatan tulis-menulis.

Sobat, sekarang darimana datangnya ide untuk menulis buku? Bisa kita mulai dari diri sendiri bisa berupa; pengalaman,hobi,ilmu pengetahuan, keahlian, kelebihan atau kelemahan diri sendiri atau profil diri sendiri hal itu semua bisa jadi inspirasi juga.
Dari Orang lain juga bisa memunculkan ide baik itu berupa pengalaman mereka, keahlian mereka, hobi mereka, pemikiran-pemikiran mereka, bahkan biografi atau profil mereka. Banyak bukan ? ide yang bisa kita dapatkan. Gunakan juga ATM apa itu; Amati Tiru dan Modifikasi. Jangan lupa juga buka mata dan telinga lewat media massa bukankah media massa adalah jendela dunia. Adapun hal-hal yang bisa kita cermati dari media massa; perkembangan terakhir, ucapan tokoh terkenal atau kontrovesial, opini atau pendapat pakar, prestasi,bencana bahkan surat pembaca. Gunakan internet untuk lihat perkembangan di belahan dunia lain, siapa tahu bisa diterapkan di indonesia, lihat kebutuhan orang lain, pertanyaan di email atau milist. Banyakkan sobat ide yang bisa kita peroleh. Ok. Selamat Menulis! Menulis, menulis dan menulislah untuk menginspirasi dunia untuk bangkit dari keterpurukan. Salam dahsyat dan luar biasa.

( N.Faqih Syarif H , penulis buku Al quwwah ar ruhiyah,Kekuatan spirit tanpa batas. www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co