Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Friday, September 25, 2009

Jika Iman sedang mengakar di hati seseorang....


Jika Iman sedang mengakar di hati seseorang……

Suatu ketika saya menyaksikan dan menyimak tayangan acara syiar Islam di TVRI dengan host Bunda Neno warisman dengan salah satu pembicaranya adalah ust. Awwaludin yang tuna netra dan hafids Al-qur’an ketika membaca lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an tanpa terasa airmata saya menetes membasahi kedua pipi saya demikian juga bunda Neno dan audiens di TVRI. Subhaanallah ust. Awwaaludin yang buta saja mampu menghafal dan memahami al-qur’an dengan baik karena cintanya sama Allah dan Rasul-Nya, sejak kelas 3 SD setiap ada orang yang membaca al-qur’an dan dia mendengarnya terasa badannya bergetar dan meneteskan air mata.Dan sejak saat itu dia semangat belajar, menghafal dan memahami al-Qur’an padahal dirinya buta. Bagaimana dengan kita yang bisa melihat keindahan dunia tapi tidak pernah sungguh-sungguh mempelajari dan memahami al-qur’an?

Dengan Al-qur’an inilah, dulu Rasulullah Saw senantiasa mendidik para sahabat dengan pendidikan yang dalam. Al-qur’an selalu menyirami hati mereka dan majelis Nabi memberikan kemantapan dalam beragama dan menjadikan mereka tidak tergiur pada keindahan dan kemewahan dunia. Hati mereka selalu rindu pada akherat dan surga. Setiap saat mereka menghabiskan waktu untuk mencari ilmu dan muhasabah diri. Mereka senantiasa menanti seluruh perintah Rasulullah baik dalam keadaan sukar maupun longgar. Jika Rasulullah Saw keluar berjihad fisabilillah mereka selalu mendampingi beliau secara serentak. Selama sepuluh tahun mereka ikut jihad bersama rasulullah dalam dua puluh tujuh kali peperangan. Bahkan jika Rasulullah tidak ikut berperang mereka rela keluar berperang demi menjalankan perintah Nabi Muhammad SAW. Seluruh urusan duniawi dan urusan rumah tangga senantiasa dikesampingkan demi menaati perintah Allah dan Rasul-Nya. Semua ayat yang turun selalu mereka praktikan walaupun hal itu akan mengorbankan harta, jiwa,anak dan isteri. Mereka masuk ke dalam Islam secara keseluruhan dengan hati,jiwa dan raganya. Sedikitpun mereka tidak ragu terhadap kebenaran yang dibawa oleh Rasulullah setelah mereka mengecap nikmatnya iman. Seluruh perintah Allah dan Rasul-Nya dipatuhi tanpa komentar sedikitpun. Bahkan mereka rela menerima hukuman syariat bila itu dianggap perlu. Ketika turun ayat yang mengharamkan minuman keras dan itu merupakan hal yang berat bagi mereka. Namun hal itu tidak menghalangi mereka untuk tetap patuh kepada Allah dan Rasul-Nya. Dengan serentak mereka tumpahkan seluruh sisa minuman keras yang ada di rumah mereka sehingga kota madinah banjir dengan buangan minuman keras.

Para sahabat adalah contoh teladan baik yang dapat menyelamatkan dunia dari kerusakan dan bencana. Mereka adalah inti penyebaran Islam ke seluruh permukaan bumi. Rasulullah benar-benar berhasil mencetak kader-kader yang dapat meneruskan risalahnya untuk disampaikan ke seluruh umat manusia. “ Allah dan Rasul-Nya mengutus kami untuk membebaskan manusia dari penghambaan diri kepada selain Allah. Dan melepaskan manusia dari belenggu duniawi menuju dunia bebas. Dan dari agama yang sesat pada keadilan Islam.” Inilah jawaban Ruba’i bin Amir ketika ditanya oleh Panglima Rustum.
Seseorang yang mempunyai iman tangguh, ia akan mampu menjadi seseorang yang senantiasa bermoral tinggi, berkemauan keras, dan selalu mawas diri dalam segala hal. Andaikata seseorang yang beriman telah terjerumus ke dalam suatu dosa yang tidak diketahui oleh siapapun, maka imannya akan berontak. Iman itu akan menuntut kepada yang bersangkutan untuk mengakui dosa yang diperbuatnya. Meskipun hal itu akan menyeretnya ke dalam hukuman berat demi membebaskan diri mereka dari kemurkaan dan siksa Allah di akherat kelak. Kita bisa baca bukti keimanan tsb seperti pada hadits tentang Maiz dan Alghomidiyah lihat shahih muslim, kitabul hudud.

Iman yang tangguh seperti ini akan menjaga kejujuran dan kebersihan dan kemuliaan diri seseorang dari berbuat sesuatu yang dapat menodai dirinya. Dengan iman yang tangguh inilah yang dapat menjaga seseorang dari godaan harta maupun hawa nafsu yang selalu menggiurkannya setiap saat. Ia akan terjaga dengan imannya itu, baik ia sedang berada seorang diri dan tidak diketahui oleh seorang pun, maupun ketika ia dipuncak kekuasaan.Dalam sejarah penaklukan Islam banyak kejadian yang menggambarkan kejujuran dan ketidakrakusan orang Islam ketika menghadapi godaan harta yang bertumpuk di hadapannya. Semua harta itu disampaikan kepada yang berhak menerima dengan penuh keikhlasan dan kejujuran. Kejadian semacam ini jarang terdapat dalam sejarah umat manusia dimanapun juga. Kejadian semacam ini tidak lain menunjukkan betapa kokohnya iman dan ketinggian rasa takwa orang Islam di setiap saat dan di segala masa. Inilah yang kita sebut dengan Al-Quwwah ar-ruhiyyah ( kesadaran akan hubungan kita dengan Allah) yang harus terus-menerus kita bangun dan kita tancapkan pada diri kita kaum muslimin. Ingatlah dunia Islam tidak akan pernah bangkit kecuali dengan mengemban dan menerapkan Risalah Islam yang dibawa oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW bahkan kerugian dunia dan umat manusia karena kemunduran umat Islam ketika mereka mengabaikan syariat Allah.

Sadarlah wahai kaum muslimin!

Kalian adalah pewaris Nabi, kalian adalah anak cucu sahabat-sahabat Nabi Yang mulia ; Abu Bakar ra, Umar bin khattab ra, Usman bin Affan ra, Ali bin Abi Thalib ra, Kalian adalah anak cucu dan penerus khalifah yang adil Umar bin Abdul Azis, kalian adalah anak cucu panglima-panglima Islam yang hebat, Saad bin Abi waqash, Khalid bin Walid, Sultan penakluk konstantinopel M. Alfatih, panglima Islam yang ditakuti dan disegani baik kawan maupun lawan Sholahudin Al-Ayyubi. Oleh karena itu embanlah kembali tugas dakwah islam dan hendaklah kita kaum muslimin senantiasa siap mengorbankan segala-galanya untuk kepentingan dakwah, dan berjuanglah di jalan tempat berpijaknya para Nabi dan Rasul Allah itu. Allahu Akbar 1000 kali.

( Spiritual Motivator N.Faqih Syarif H, www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co