Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, August 18, 2009

Berubahlah 1 Persen tiap hari!


Berubahlah 1 persen tiap hari !

“Salah satu cara untuk merubah secara permanent dunia luar anda adalah anda harus merubah dunia dalam Anda.” ( Anthony Robbins)

Sobat, suatu sesi pelatihan di kota Medan ada seorang peserta yang bertanya pada saya, ” Pak Faqih gimana caranya berubah menjadi lebih baik serta mampu tetap memiliki komitmen yang tinggi, karena biasanya kalau setelah training, kita semangat luar biasa, tetapi kira-kira tiga hari setelah itu kembali seperti semula.”Sobat, kunci perubahan itu bukan pada pembicara , bukan pada slide atau hand out, tapi kunci itu ada pada diri kita sendiri. Kita harus mampu membuka gembok mental yang memenjara diri kita untuk melangkah meraih sukses mulia. Apa gembok mental itu? kalau istilah Mas Jamil Azzaini adalah rantai gajah :
• Berpikir negatif – Tidak percaya diri.
• Menggunakan dalih usia – “Saya khan masih muda”, kata yang masih muda. Yang tua bilang, Aku khan sudah tua”.
• Menggunakan dalih kesehatan
• Menggunakan dalih intelektual atau latar belakang pendidikan.
• Pakai alasan Nasib – ”wah udah nasibku kayak gini.”
• Percaya pada ramalan binatang, shio, tanggal lahir atau ”weton” dalam bahasa jawanya.
Bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif atau kebiasaan negatif? Anda bisa gunakan teori dua kotak.
Kotak Pertama berisi Pikiran Negatif atau Kebiasaan Negatif sedangkan kotak kedua berisi Komitmen Perubahan menjadi kebiasaan positif.

Silahkan anda tulis semua pikiran negatif atau kebiasaan negatif apa yang selama ini sulit anda hilangkan. Tulis di kolom bagian kiri(kotak pertama). Kemudian pejamkan mata anda silahkan duduk serileks mungkin. Gunakan pernafasan 1-4-2 ( Hitungan 1 tarik nafas dalam-dalam tahan sampai hitungan 1,2,3 dan 4 kemudian lepas dengan hitungan 1 dan 2.) lakukan 5 – 10 kali pernafasan kemudian bayangkan anda adalah seorang konsultan ahli, seorang motivator yang luar biasa, di mana anda akan memberikan tips dan langkah-langkah perubahan yang positif kepada klien anda yang memiliki pikiran negatif atau kebiasaan negatif yang telah di tulis di kolom kiri pada lembar kertas kerja anda. Bayangkan langkah-langkah apa yang harus mereka (klien anda) lakukan untuk menuju perubahan yang positif. Pastikan nasehat anda akan sangat membantu perubahan besar pada diri klien anda. Setelah itu anda buka pelan-pelan mata anda. Dan tulis sebanyak-banyaknya langkah-langkah perubahan yang harus dilakukan pada kolom sebelah kanan(kotak kedua) . Kalau sudah semuanya silahkan coret atau sobek kolom sebelah kiri (pikiran negatif atau kebiasaan negatif) dan buang serta lempar di tempat sampah. Maka sekarang hanya ada kolom komitmen perubahan menjadi kebiasaan positif yang telah berisi langkah-langkah perubahan. Anda tempel di meja kerja anda, pintu kamar tidur anda, bila perlu anda salin di buku agenda atau alat komunikator anda. Baca setiap pagi ketika mau berangkat kuliah atau kerja. Seraya berdo’a ”Ya Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan kekuatan-Mu, beri kami kekuatan lahir dan bathin untuk melaksanakan yang terbaik hari ini, dengan segala sesuatu yang menjadikan Engkau Ridho kepada kami dan mencintai kami.” Jangan lupa! Sobat. Anda tulis kisah sukses kecil harian anda 30 menit sebelum tidur di buku agenda anda. Jika anda loyo dan kurang semangat baca buku agenda anda Insya Allah menjadi semangat lagi.
Sobat, jangan anda berkutat pada masalah yang anda hadapi dan mengeluh dengan masalah itu, lalu frustasi. Energi anda akan habis dengan rasa frustasi. Sebaiknya energi anda dikeluarkan untuk melakukan perubahan dibanding anda terus-menerus frustasi. Sobat, cari penyebab masalah anda dan bukan berkutat pada masalah anda. Anda bisa menggunakan tips 4 M :
• Melihat  Situasi dan kondisi, peluang dan kesempatan, prinsip-prinsip dan keyakinan yang dimiliki, menentukan standar keberhasilan, harapan dan cita-cita, potensi diri, gembok mental yang harus dibongkar dan menyusun rencana.
• Melakukan  apa yang anda tahu,apa yang anda yakini, sesuai rencana, proses dan akselerasi, tindakan di luar kebiasaan (out of box), pembelajaran yang terus-menerus.
• Menyelesaikan  identifikasi semua hambatan, evaluasi hasil, lakukan perbaikan terus-menerus, bekerjalah sampai tuntas.
• Mensyukuri  Hasil, berserah diri kepada Allah, senantiasa berdo’a. Terus berkarya untuk sesama, merayakan keberhasilan dengan berbagi kepada kaum duafa.
Prinsipnya sobat, Jangan gagal – Melihat, Jangan gagal – Melakukan, Jangan gagal – menyelesaikan , Jangan gagal – mensyukuri . Ketika sudah tercapai goal atau impian anda terus merajut impian lagi serta gunakan 4-M lagi maka spiral kehidupan anda akan naik seiring dengan perbaikkan kualitas hidup anda. Anda Adalah spesial, Anda adalah juara! Anda Pasti Bisa! Never Give up!
Salam Dahsyat dan Luar biasa!
( Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H, www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co