Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Friday, July 17, 2009

Strategi Menciptakan Sikap Positif dalam menghadapi perubahan


10 Strategi untuk menciptakan Sikap positif dalam menghadapi Perubahan
1. Menyerap kekuatan bawah sadar Anda. Ambillah kesempatan untuk memprogram pikiran anda dengan sikap positif untuk menghadapi perubahan yang terus berlangsung. Daripada menekan tombol alarm tidur dan merengek terhadap tantangan yang dihadirkan oleh perubahan dalam hidup anda, bangunlah segera dan berterima kasihlah kepada Allah Sang maha Pencipta karena telah member hari baru untuk menikmati hidup. Kemudian luangkan beberapa menit untuk membuat rencana pada hari itu dan strategi untuk menghadapi tantangan secara positif.
2. Berhenti sejenak untuk refleksi. Setiap Anda bercermin, Anda melihat orang yang dapat melakukan hal-hal yang paling mengembangkan hidup, mengubah sikap, meningkatkan standar kualitas, dan mengatasi keterbatasan Anda. Ketika anda bercermin, pantaulah dialog batin anda juga, dan waspada terhadap segala pikiran batin yang negative atau pencelaan diri dalam kaitannya dengan perbahan yang sedang Anda hadapi. Visualisasikan diri Anda menghapus negativism dan pesimisme serta manggantikannya dengan sikap optimistis.
3. Menanamkan tujuan jangka panjang Anda dalam pikiran. Tujuan yang dirumuskan dengan baik membat Anda tetap focus pada hasil akhir. Jika Anda visualisasi akan sungguh membantu. Saya percaya bahwa jika Anda dapat melihatnya dalam pikiran Anda, Anda dapat mewujudkannya. Jika Anda focus pada tujuan Anda, Anda memperoleh kembali perasaan mengendalikan hidup anda, kebanggaan diri Anda meningkat, dan Anda merasa bahwa apa yang terjadi di sekitar Anda tidak harus mempengaruhi apa yang ada dalam diri Anda.
4. Menghindari ketidakberdayaan yang dipelajari. Aku tidak dapat melakukan apa pun terhadap apa yang terjadi pada diriku dengan perubahan ini, lalu mengapa aku harus mencoba? Mengapa? Karena jika Anda tidak bertindak terhadap hidup Anda, hidup akan bertindak terhadap anda. Jika anda tidak mengarahkan hidup anda, hidup akan mengarahkan anda. Jika anda tidak memutuskan ke mana Anda melangkah, hidup akan membawa Anda ke tempat yang mungkin tidak pernah anda inginkan. Anda mungkin tidak dapat menghentikan kehadiran perubahan yang tidak diinginkan dalam hidup Anda, tetapi Anda dapat memprogram diri Anda untuk mengambil tindakan positif dalam menghadapinya. Anda tidaklah tanpa daya. Anda mempunyai kekuatan yang sangat besar untuk bertindak, menetapkan tujuan, dan mencapainya. Ada jutaan orang di dunia ini yang berhasil mengatasi tantangan yang dahsyat dan sukses.
5. Menjaga Keseimbangan. Menghadapi perubahan yang tidak terencana atau bahkan perubahan yang terduga bisa menjadi tantangan. Oleh karena itu, sungguh penting menjaga keseimbangan fisik, mental, dan spiritual. Istirahat, kebiasaan makan yang sehat, dan olahraga teratur sungguh penting. Waktu yang berkualitas bersama keluarga dan teman-teman, yang jauh dari tekanan pekerjaan, dapat menjadi saluran sosial yang penting.
6. Menyambut Perubahan . Anda seharusnya tidak mengabaikan perubahan. Kadangkala cara terbaik untuk melakukan lompatan besar dalam hidup adalah terus melangkah dan berjuang untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. Terus melangkah memberdayakan diri Anda untuk melepaskan rasa sakit di masa lalu, penolakan, dan frustasi.
7. Mengubah Ancaman menjadi kesempatan. Ketika perubahan tampak mengancam, Anda dapat mengubah kerangkanya menjadi kesempatan. Kesempatan untuk memperluas pengalaman dan mengembangkan pengetahuan.
8. Mengubah perubahan menjadi Tantangan. Tantangan mengajarkan sesuatu tentang diri Anda. Begitu pula perubahan. Tantangan memaksa Anda keluar dari zona nyaman. Begitu pula perubahan. Tantangan membantu Anda menyadari kembali apa yang paling penting untuk Anda. Perubahan juga dapat memberikan hal yang sama.
9. Menyalakan energy yang positif. Ketika perubahan memasuki hidup Anda, amatlah berguna menggunakan afirmasi positif anda sendiri yang akan membantu anda menjaga sikap positif. “ Saya akan melakukan perubahan penting dalam diri saya untuk menangani perubahan yang terjadi di sekitar saya. Saya akan merayakan setiap langkah kecil dalam melewati proses perubahan ini, dan saya akan belajar mensyukuri segala karunia yang telah saya terima.” Anda pun bisa terbantu jika melihat kembali perubahan yang telah Anda lalui di masa lalu serta focus pada hasil yang positif dan sikap positif yang Anda kembangkan setelah Anda melewati perubahan itu.
10. Meminta dukungan dari orang-orang terdekat Anda yang mencintai Anda. Anda perlu membangun dan memelihara hubungan baik, agar Anda dapat memperoleh dukungan mereka pada saat dibutuhkan.
( www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com, Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co