Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, July 7, 2009

Manajemen Stress : Jadilah Good Maker Setiap Hari!


Manajemen Stress : Jadilah Good Maker Setiap Hari!

Dengan Mengatasi Suasana hati yang tidak menyenangkan dapat menciptakan hari-hari yang tidak menyebalkan! Jadilah Si Good Maker Setiap Hari. ”Daripada menunggu datangnya hari baik, buatlah hari ini menjadi hari baik”

Sobat, Stres membuat kita sulit untuk berpikir realistis dan suasana hati juga kacau. Oleh karena itu, diary atau buku harian Stres dapat dijadikan rujukan bagi anda apa yang sebenarnya terjadi, dan apa motivasi serta harapan anda yang sesungguhnya.
Mulailah dengan menuliskan tanda-tanda stres anda secara berurutan dari yang berat sampai yang paling ringan. Kemudian catatlah seluruh kemungkinan penyebab stres tersebut, lalu kelompokkan berdasarkan kategori seperti keluarga, pekerjaan, keuangan dan sebagainya. Buat juga kemungkinan solusi setiap penyebab stress tersebut.
Kemudian pantau perkembangan stres anda dengan melakukan solusi-solusi yang telah anda tetapkan. Jika hasil solusi tidak menggembirakan, cobalah dengan cara lain. Mintalah bantuan pasangan anda atau sahabat anda. Jika perlu mintalah bantuan pada ahlinya. Jika masalah anda pada pengaturan keuangan, mintalah nasehat dari ahli perencana keuangan misalnya safir senduk. Jika masalah anda berkaitan dengan ketidakmampuan anda mengendalikan kemarahan, carilah buku-buku atau seorang ahli yang dapat mengajarkan anda untuk mengatur kemarahan.
Sobat, sebagai seorang muslim kita bisa menggunakan tips atau cara menemukan solusi-solusi atas permasalahan anda di dalam al-qur’an?
 Bukalah Al-Qur’an dengan random.
 Lihatlah dan bacalah dengan penuh khusyuk baca juga terjemahannya.
 Renungkanlah dalam-dalam.
 Ketika anda mengalami banyak rintangan, hambatan, dan cobaan, kembalikan semua itu pada nilai-nilai Al-Qur’an. Anda dapat membaca dan memahami nilai-nilai dalam Al-Qur’an.
 “Sesungguhnya orang yang dalam rongga badannya tidak terdapat sesuatu dari Al-Qur’an adalah seperti rumah yang roboh.”(HR Tirmidzi )
 Jangan khawatir, biasakanlah anda membaca Al-Qur’an di pagi hari sebelum anda melangkahkan kaki ke tempat kerja. Pastikan juga anda memahami makna ayat yang anda baca. Dengan begitu,perasaan anda bahagia di pagi hari; Anda mengawali hari dengan pikiran dan perasaan positif.
Kita juga bisa juga berelaksasi dan mengafirmasi dengan Al-Qur’an :
 Nyalakan laptop, komputer, MP3 atau tape recorder anda. Pilih surat-surat Al-qur’an yang sudah anda pahami maknanya.
 Dengarkan dan simak sebaikmungkin. Renungkan baik-baik.
 Duduklah sebentar, pejamkan mata anda. Bayangkan keinginan-keinginan anda. Lalu tancapkan kuat-kuat “Saya dapat mencapai keinginan saya.” lepaskanlah seluruh beban hidup anda. Bayangkan seluruh permasalahan anda sekarang sudah tuntas.
 Dalam keadaan bahagia, angkatlah tangan anda. Ucapkan Alhamdulillah. Lalu, berdo’alah sesuai dengan harapan-harapan Anda.


Adapun langkah praktis yang bisa kita lakukan untuk mengatasi Stres dengan pendekatan Spiritual (al-qur’an) :
 Biasakanlah mengajak keluarga membaca Al-Qur’an selepas sholat shubuh lima-sepuluh menit.
 Sekitar pukul 09.00 pagi biasakanlah sholat dhuha bacalah Al-Qur’an satu sampai dua ayat. Lalu berdo’alah! Minta kelancaran Rezeki untuk keluarga Anda.
 Bacalah Terjemahannya, pahami dan renungkan.
 Menjelang tidur atau seusai sholat Isya baca Al-qur’an sejenak satu menit saja pahami artinya.
 Aturlah waktu membaca Al-Qur’an sefleksibel mungkin.
 Insya Allah keluarga Anda semakin harmonis dan Anda sudah merespons Al-Qur’an.
Insya Allah sobat, kalau itu yang kita lakukan maka setiap bangun pagi dengan perasaan yang bahagia. Usahakan kerjakan pekerjaan yang paling berat dulu di pagi hari, di saat tubuh dan pikiran masih segar, jadi siangnya kita bisa rileks. Buatlah daftar to do dan buatlah seefektif mungkin bagi anda. Sederhanakan masalah, dan jangan biarkan masalah berkembang menjadi besar. Tulis jurnal dan biasakan untuk bertanggung terhadap setiap rencana yang anda buat. Opend mind terhadap masukan. Menjadi orang yang mau menerima saran dan kritik akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih maju dan berkembang. Kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah pun akan semakin baik. Sebagai penutup dalam artikel singkat ini nikmatilah dengan apa yang kita lakukan. Lakukan terapi senyum dan humor setiap hari supaya mood tetap naik dan tidak turun drastis. Salam Dahsyat dan Luar Biasa!
(www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com , Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H )

Next Prev home

1 comments:

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co