Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, June 3, 2009

Mulailah Menulis maka Sang Ilham akan datang sendiri!


Mulailah Menulis maka Sang Ilham akan datang sendiri !
Sobat, Apakah anda menunggu datangnya ilham sebelum menulis? Jack London menyarankan para penulis untuk mengejar dewi inspirasi sambil membawa tongkat pemukul, bukannya cuma duduk-duduk menunggunya mengetuk pintu pikiran anda. Menurut pengalaman, sobat.Mulailah menulis maka sang ilham akan datang sendiri. Entah bagaimana,putri kreativitas mengendus bau karya anda, menelusurinya, dan sampai di sisi anda. Tapi, inspirasi,kreativitas,atau ilham akan muncul hanya setelah kita melakukan langkah pertama. Setidaknya ada lima tips berikut yang akan membantu kita mengambil langkah pertama itu, dan untuk terus bergerak setelah anda memulai prosesnya.

1. Mulai saja. Ambil alat tulis anda dan bergeraklah!Tulis apa saja. Ya apa saja tulis apa pun yang ada dalam benak pikiran anda. Cepat atau lambat anda akan menemukan ilham sehingga bisa menulis dengan lancar. Tulisan asal akan berubah menjadi tulisan yang menginspirasi, menulis apa saja menghasilkan cerita yang mempesona . Coba saja lakukan anda akan mengalami dan membuktikannya. Selamat mencoba. Berani Mencoba! Ingat bisa karena biasa!

2. Jangan Mengedit! Tulis dahulu, edit kemudian. Tulis apa adanya. Tulis dengan berani. Katakan saja apa yang ingin anda katakan. Pejamkan mata anda atau matikan layar komputer anda dan teruslah menulis atau mengetik. Yang penting jangan mengedit dulu! Sang ilham menginginkan pikiran yang siap menerima, bukan seorang editor. Jika mengedit sambil menulis, anda takkan menulis.

3. Tulislah Surat. Kita menjadi canggung ketika menulis untuk umum. Menulislah apa pun sebagai surat pribadi. Tidak menjadi soal apa yang anda tulis, tulislah untuk satu orang dan anda pun akan menciptakan persahabtan yang tak ada taranya. Karena surat lebih hangat, pribadi dan terfokus. Mulailah dengan kata ”Kepada Mama tercinta”, tulis isinya, dan tutup dengan ”salam hangat dan cinta”, setelah itu tingal diedit dan selesailah artikel anda !

4. Gunakan kata pendorong. Ciptakan serangkaian kata pendorong yang bisa membantu anda ke kalimat berikutnya. Contoh kata pendorong; karena,dan, dan atau. Setiap kali anda meulis dan merasa kehabisan ide berikutnya, gunakan kata pendorong. Kata itu akan mendorong ke ide berikutnya. Cobalah! Sobat!

5. Relaks dan santailah sejenak. Letakkan alat tulis anda dan regangkan tubuh. Tutup mata tariklah napas dengan pola hitungan 1 ditarik hitungan 1,2,3,4 ditahan dan 1,2 dilepas jadi rumusnya 1-4-2. lakukan 3 sampai 10 kali.Saat keluarkan napas dengan suara AHHHHHHHHHHHHH. Gimana rasanya? Enak dan Plong gitu. Inspirasi senang datang ke penulis yang relaks, bukan yang tegang.

Jangan menulis. Biar tulisan yang menulis. Pikirkanlah!
Selamat menulis! Ingat Menulislah kalau tidak kita akan menjadi orang yang primitif atau bagian dari prasejarah.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa! ( www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com , Spiritual Motivador – N.Faqih Syarif H )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co