Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, May 12, 2009

Bacalah!Bacalah!Bacalah!


IQra’ – Bacalah !!!
”Tempat terbaik di dunia adalah perpustakaan
Teman terbaik bagi manusia adalah buku.”

Coba anda bayangkan kenapa mahasiswa jepang produktif? Mereka baca buku saja 5 jam tiap hari di luar jam kuliah. Jumlah buku yang terbit di Jepang tidak kurang dari 44.000 judul setiap tahun termasuk yang terjemahan. Sementara di AS 100.000 judul tiap tahun, Inggis 60.000 tiap tahun, sedangkan indonesia hanya 2.500 judul per tahun. Ini jelas menunjukkan indikasi rendahnya minat baca masyarakat kita, termasuk anak-anak, remaja dan mahasiswa. Bagaimana dengan kita ?

Sobat, bukankah wahyu pertama yang turun adalah, ”Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan.(TQS al-’Alaq : 1). Perabanyaklah membaca buku, biasakanlah menelaah tulisan orang, dan rajin-rajinlah mencari butiran hikmah dan mutiara ilmu dari sela-sela buku, dalam setiap baris dan dalam setiap paragraf. Apa artinya waktu tanpa menelaah? Apa artinya umur tanpa membaca? Bagaimana mungkin hidup terasa manis tanpa buku? Negeri-negeri boleh saja lenyap, kerajaan-kerajaan boleh saja hancur, pasar-pasar boleh saja ditutup, rumah-rumah boleh saja ambruk, istana-istana boleh saja runtuh, kebun-kebun boleh saja musnah, harta boleh saja habis, dan orang-orang boleh saja binasa, hikmah dalam buku-buku tetap kekal, pengetahuana dalam lembaran-lembaran kertas tetap abadi, ilmu dalam karangan-karangan tetap bertahan, dan peninggalan pengetahuan tetap langgeng. Para Nabi tidak mewariskan harta melainkan mereka mewariskan ilmu. Barangsiapa mengambil warisan para nabi, ia telah mengambil harta yang banyak.

Sobat, sebaik-baik teman bagi manusia adalah buku. Membaca pemikiran para tokoh sangatlah menyenangkan. Orang yang banyak membaca buku tidak canggung saat berbicara di atas podium. Orang yang bertemankan buku akan beroleh kemuliaan. Setiap kali membaca buku pasti mendapatkan ilmu. Petikan-petikan hikmah yang diperoleh dari buku adalah harta yang tak ternilai harganya.

Sobat, berteman dengan buku bisa melindungi anda dari kejahatan para penguasa, menjaga anda dari kedzaliman para tiran, memelihara anda dari penganiayaan orang-orang yang keji, membentengi anda dari keburukan orang yang dengki, makian si pemaki, celaan si pencela, ketengikan si bakhil, kesesatan si dungu, keusilan si penggunjing, dan kekasaran si pandir.

Sobat, bacalah! Salinlah ilmu dalam lembaran hati anda.Tulislah kata-kata penuh hikmah di atas lembaran jiwa anda. Bekalilah diri anda dengan pengetahuan sebanyak-banyaknya supaya anda bisa melihat kerajaan langit dan bumi. Pada saat anda menyendiri bertemankan buku, di depan anda terbentang bentangan zaman dan hamparan waktu dalam goresan-goresan tinta di atas buku yang sedang Anda baca. Ketika itu anda mendapatkan banyak hikmah dan pelajaran, mengamati berbagai pengalaman dan melihat berbagai keajaiban, yang bisa anda jadikan sebagai bahan pelajaran dalam menyusuri kehidupan. Jangan pernah berhenti membaca dalam kehidupan ini. Salam dahsyat dan luar biasa! ( www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com , Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H )

Next Prev home

1 comments:

  1. Dan saya sudah baca artikel ini, mudah2an bermanfaat bagi saya dan banyak rakyat Indonesia yang mau membacanya.

    ReplyDelete

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co