Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Thursday, April 30, 2009

Dare to Dream: Menjadi Pembicara hebat dan Menggugah


Dare To Dream :
Menjadi Pembicara hebat dan menggugah.

Sobat, suara manusia merupakan alat serbaguna dan sungguh mengagumkan. Coba anda perhatikan dengan seksama kita bisa menirukan suara apa pun misalnya; alat musik dan suara binatang hanya melalui suara kita. Dalam riset suara memberikan kontribusi sebanyak 38 % untuk keberhasilan presentasi.Jika suara digabungkan dengan dengan visual, maka akan menjadi sebesar 93%. Angka sangat signifikan untuk memberikan kesuksesan bagi anda.
Sobat, ada tips menarik agar presentasi anda semakin berkesan. Teknik itu disingkat dengan ANTV.
1. Artikulasi: kemampuan anda untuk mengucapkan kata secara tepat, benar, dan jelas.
2. Nada : Mengacu kepada tinggi rendahnya suara secara teknis dihasilkan dari kecepatan vibrasi pita suara.
3. Tempo : Kecepatan bicara. Kecepatan berbicara sekitar 140-160 kata per menit adalah hal yang umum. Jika berbicara terlalu cepat, audiens kesulitan mencerna apa yang anda katakan sebaliknya kalau terlalu lambat, pikiran peserta akan ngelantur ke mana-mana yang tidak berkaitan dengan presentasi.
4. Volume : tingkat desibel suara dan dapat ditingkatkan dan dikurangi dengan lebih menekankan udara pada chord vokal. Volume bisa dinaikkan atau diturunkan dalam presentasi untuk menambah variasi.
Sobat, semuanya itu bisa dilatih. Dengan banyak berlatih kita akan menjadi ahli. Bukankah bisa karena biasa. ANTV ini pun perlu dilatih juga. Anda bisa menggunakan tape recorder dan membuat variasi pada ANTV tersebut. Mintalah orang lain untuk menilai kekurangan anda. Latihlah juga pernafasan anda. Anda seorang teman kuliah dulu tidak bisa mengucapkan huruf ’R’ tapi dia tidak pernah menyerah untuk berlatih dan rajin mengumpulkan kosa kata yang jarang atau tidak menggunakan huruf ’R’ dan ternyata saat ini dia bisa juga menjadi pembicara yang handal. Termasuk penulis ketika kecil adalah gagap tapi ibu saya tak pernah berhenti melatih dan melatih. Ingat bisa karena biasa. Never Give Up!
Sobat, keyakinan memiliki kekuatan yang dahsyat dalam hidup kita. Kalau anda berpikir bisa, anda pasti bisa! Karena keyakinan atau kepercayaan berasal dari pikiran bawah sadar. Visualisasikan diri anda menjadi pembicara yang luar biasa dengan pikiran bawah sadar maka Insya Allah anda akan bisa mewujudkannya.
Bagaimana cara membangkitkan pikiran bawah sadar anda agar menjadi seorang pembicara yang luar biasa?
Pada saat anda memejamkan mata dan memvisualisasi diri anda sedang berbicara di depan ribuan audiens. Mereka memberikan apresiasi yang bagus terhadap presentasi anda dengan tepuk tangan yang sangat meriah. Setelah itu tulislah di selembar kertas, ” Saya adalah pembicara yang hebat dan menggugah”. Kemudian anda ulang juga dalam hati anda. Lakukan setiap bangun pagi dan mau tidur di malam hari.
Sobat, pernyataan tertulis akan lebih kuat lagi kalau digabungkan dengan foto impian anda. Bayangkan dengan penuh perasaan yang kuat. Lakukan hal itu setiap hari 5-10 menit saat bangun tidur dan mau tidur di malam hari, terus bayangkan bahwa anda pembicara yang luar biasa. Lakukan relaksasi atau menentramkan hati dengan membaca do’a dan benar-benar minta kepada-Nya pada saat - saat kita bertahajud kepada-Nya. Niatkan semuanya dalam rangka kerangka beribadah dan mencari ridho Allah Swt. Semoga Allah mengabulkan dan memudahkan segala urusan kita semua. Amin.
(www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com , Spiritual motivador – N. Faqih Syarif H )

Next Prev home

1 comments:

  1. Tips yang bagus. Tambah semangat, terus ACTION!

    ReplyDelete

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co