Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, April 1, 2009

Bagaimana Menjadi orang yang kreatif?


Bagaimana menjadi orang yang kreatif itu ?
Oleh. N.Faqih Syari H

“There is no best way, but there is always a better way”Tidak ada cara yang terbaik, tetapi selalu ada cara yang lebih baik. Industri di jepang sangat maju pesat berkat budaya “Kaizen” yakni suatu bentuk upaya perbaikan yang berkesinambungan tiada henti (continous improvement).

Sobat, dalam berkarya diperlukan upaya perbaikan yang terus menerus artinya adalah perubahan ke hal-hal yang lebih baik. Untuk melakukan perubahan, kita perlu cara yang berbeda, cara yang lebih baik. Albert Einstein mengatakan,”Masalah-masalah penting yang kita hadapi tidak mungkin dapat dipecahkan dengan pemikiran yang sama tingkatannya, seperti saat kita menciptakan masalah-masalah itu. Tidak mungkin mengharapkan hasil yang berbeda apabila dilakukan dengan cara-cara yang sama.” Itu artinya Sobat, kita dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif.
Sayangnya, tanpa disadari banyak orang yang memvonis dirinya sendiri bahwa dia tidak kreatif. Dan menganggap kreativitas adalah suatu kemampuan yang luar biasa dan sulit dicapai. Anggapan ini tidaklah benar, semua orang memiliki dan membutuhkan kreativitas. Kreativitas dan inovasi bisa dipelajari dan dipraktekkan sebagai disiplin ilmu. Gail Tyler menyarankan ada 5 latihan sederhana agar kita bisa lebih kreatif.1. Perhatikan sesuatu yang tampak aneh atau asing. Ketika kita ingin memecahkan suatu masalah pertimbangkan semua solusi yang mungkin. Meski tampak menggelikan atau mustahil. Biarkan pikiran bekerja secara liar. Solusi terhadap suatu masalah mungkin ada diantara berbagai kemungkinan tersebut.2. Bawalah selalu buku saku. Ketika sebuah ide bagus muncul dipikiran, catatlah. Bawalah buku saku di mana oun berada. Kita tidak pernah tahu kapan inspirasi yang bagus muncul. Nah, kalau kita merasa tidak punya ide, kita bisa melihat catatan tersebut.3. Ubah rutinitas. Kita terperangkap oleh aktivitas rutin sehari-hari. Lakukan sesuatu yang tidak seperti biasanya. Agar kita bisa melihat dunia dari sisi yang lain. Misalnya; melalui rute yang berbeda ketika berangkat sekolah, kuliah atau kerja atau ke mana saja. Membaca buku yang belum pernah dibaca. Perubahan ini bisa mendorong munculnya kreativitas dalam berpikir.4. Pelajarilah sesuatu yang baru. Jangan pernah berhenti belajar. Pelajarilah keahlian baru, tingkatkan keahlian yang ada saat ini.5. Praktekkanlah. Latihlah proses kreatif dengan rajin, tidak semua solusi menghasilkan kesuksesan, tetapi belajarlah dari kesalahan.
Sobat, Orang kreatif meninjau dunia luar. Meninjau dunia dari luar adalah cara untuk meraih ide baru. Orang kreatif berani berpikir berbeda, berani kontra dengan apa yang disetujui mayoritas, walaupun seringkali tidak harus dilakukan terlalu terbuka. Orang kreatif terbuka terhadap gagasan baru. Orang yang mengaku bahwa dirinya bukan orang kreatif berarti telah memasung dirinya sendiri. Ingatlah, bahwa ide akan berkembang bila kita memberinya ruang. Orang kreatif mudah menerima perubahan dan membawa perubahan pada masyarakat. Orang kreatif termotivasi untuk menemukan solusi yang lebih baik. Motivasi sering kali diekspresikan dalam bentuk sikap yang antusias untuk menantang persoalan-persoalan baru. Mereka mempunyai motivasi tinggi sehingga membuat mereka berenergi. Orang kreatif bekerja lebih baik. Orang kreatif tidak begitu saja menerima segala sesuatu apa adanya. Mereka selalu mencari cara-cara untuk memperbaiki keadaan. Mereka melihat sesuatu yang dilihat oleh orang lain, tetapi sering kali memikirkan sesuatu yang tidak pernah dipikirkan oleh orang lain. Mereka memandang masalah sebagai peluang dan tantangan yang menggugah semangat untuk mencari inovasi. Sering kali hal-hal ini adalah hal-hal yang kecil, hal-hal yang kita terima apa adanya setiap hari.Semoga kita bisa menjadi orang yang kreatif dan melakukan perbaikan diri terus menerus. Berubahlah 1 % tiap hari ke arah yang lebih baik dan produktif maka dalam setahun tanpa kita sadari akan terjadi perubahan 365 % . Don’t Give Up !!(www.fikrulmustanir.blogspot.com atau www.mentorplus.multiply.com ,Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co