Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Sunday, February 15, 2009

Menebar Epos Meraih Kemuliaan

Menebar Epos ( energi positif) meraih kemuliaan hidup.
Oleh. N. Faqih Syarif H

“Agar dapat memaksimalkan nilai Epos Anda, biasakanlah melakukan aktivitas Epos yang memiliki nilai strategis, antara lain dengan menciptakan jaringan Epos, melahirkan orang sukses, dan melahirkan kader berilmu.” (Kubik Ledership)

Sobat, kita semua diberi waktu yang sama 24 jam dalam satu hari atau 1440 menit atau 86.400 detik dalam satu hari. Waktu yang sangat berharga namun terbatas itu harus dimanfaatkan secara optimal. Waktu adalah amanah. Sebagaimana dalam surat Al-Ashr ayat 1-3 : “ Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan menetapi kesabaran.” Dalam Islam, waktu bukanlah emas atau uang tetapi nyawa karena jika waktu terbuang atau hilang tidak dapat digantikan atau tidak bisa di tabung. Manusia yang menyia-nyiakan waktu adalah manusia yang tidak menghargai hidup dan nyawanya.
Sobat, agenda utama kita di muka bumi ini adalah melaksanakan ibadah. Artinya menusia diijinkan melakukan apa pun dengan syarat tetap dalam kerangka Ibadah. Hal ini selaras dengan firman Allah dalam surat Adz-Dzariyat ayat 56, “Tidak aku ciptakan jin dan Manusia melainkan untuk mengabdikan dirinya kepada-Ku.” Melalui pengabdian, manusia dapat membangun keunggulan, dan waktu sangat diperlukan untuk tujuan ini.
Orang muslim yang sukses adalah yang amanah pada waktu. Mereka merasa rugi jika hidup mereka tidak dipenuhi dengan dengan aktivitas beribadah. Di dalam kitab Majmu al fatawa disebutkan, “ seorang hamba Allah haruslah meluangkan sebagian waktunya untuk berdo’a, berdzikir, sholat, bertafakur, melakukan muhasabah diri, dan membersihkan hatinya.” Jika kita selalu dapat melakukannya, kita menjadi seperti batere yang sering di-charged. Batere ini pasti akan lebih hebat dari batere-batere yang lainnya.
Sobat, salah satu cara untuk mengoptimalkan waktu dalam kehidupan kita adalah membuat simpul-simpul jaringan epos. Jaringan epos bisa berupa organisasi social, organisasi keagamaan bahkan organisasi bisnis. Semakin Anda terlibat dalam jaringan epos, semakin besar dampak epos anda dan semakin sedikit waktu yang terbuang untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Ke mana pun pergi seseorang yang memiliki kesenangan membangun jaringan epos , orang lain akan mengetahui bahwa dialah orang yang selalu menaburkan epos. Hampir di setiap tempat yang dikunjugi ia akan membuat simpul-simpul yang menelurkan epos yang bisa berbuat keuntungan bisnis, persahabatan, rasa cinta, persaudaraan, nama baik dan hal-hal positif lainnya.
Mewujudkan sebuah jaringan epos tidak harus besar pada awalnya. Mulailah dari hal-hal yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengumpulkan teman-teman Anda yang memiliki suatu visi epos yang sama. Kemudian bersama-sama buatlah sebuah blueprint aktivitas epos yang akan dilakukan. Kemudian implementasikan blue print tersebut secara konsisten dan berkesinambungan. Ajak lebih banyak orang untuk bergabung, kemudian besarkan jaringan epos Anda.
Seorang Bapak yang bernama Jufri Umar, sekalipun kelas 5 SD tidak tamat, tetapi beliau punya karya besar dan membangun jaringan epos di lingkungan desanya yang kedapatan anak-anak tidak bisa sekolah atau putus sekolah. Maka beliau membuka diniyah untuk mengajari mereka membaca dengan penuh ketulusan dan kesungguhan serta modal apa adanya karena dia tidak ingin anak-anak desanya seperti dia tidak tamat sekolah dasar. Mereka harus pandai dan cerdas untuk membangun negerinya serta berguna bagi agama dan bangsanya. Subhanallah, berangkat dari nol hingga sekarang beliau telah mendidik kurang lebih 450 Anak dan 75 anak diantaranya anak yatim piatu yang beliau tampung di sekolah dan asrama sekolah yang cukup sederhana. Tercatat beliau satu-satunya kepala sekolah di negeri ini yang tidak tamat SD tapi mampu berkarya bagi sesama serta mendidik 450 anak dengan swadaya. Sehingga menarik seorang presenter ternama Andy F. Noya untuk menghadirkan Bapak Jufri Umar di acara Kick Andy sehingga bisa menginspirasi banyak orang untuk berkarya bagi sesama.
Saat ini saya bersama teman-teman di FM (Fikrul Mustanir) menjalankan sebuah aktivitas epos dalam bentuk membina anak-anak remaja, karyawan pabrik bahkan ada 50 mahasiswa yang kami bimbing atau kami mentori mereka untuk menjadi seorang Trainer, Publik speaker atau penulis semoga ini bisa menjadi jaringan epos lagi di masyarakat ketika mereka setelah lulus kembali ke daerahnya atau wilayah nusantara lainnya semoga mereka berkiprah menjadi Gardu epos bagi kemajuan umat.
Ketika saya bercermin, ternyata rambut saya telah beruban, itu artinya sudah datang peringatan Allah berupa dekatnya kematian. Sejak saat itu saya katakan pada isteri tolong di rumah siapkan kain kafan dan wangi-wangian. Di sisa umur ini saya ingin abdikan hidup saya untuk beribadah kepada Allah dengan banyak menebar epos semoga ini menjadi bekal yang baik nanti ketika saya menghadap ke haribaan Allah SWt. Ketika menulis artikel ini dikomputer kami juga terdengar lantunan ayat Al-qur’an dari Imam besar masjid Al haram mekkah As-Sudais membaca surat adz-Dzariyat. Tanpa saya sadari meneteslah air mata saya mengingat masih banyak waktu saya yang terbuang percuma dan kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan. Semoga kami mampu melakukan kewajiban yang beraneka ragam, mengatur waktu yang baik menentukan setiap tanggungjawab dapat terlaksana dengan baik dan semoga menjadi orang yang khusnul khatimah di akhir hayat kami dan tetap dalam keadaan Islam. Amin
Sobat, Mentor saya Jamil Azzaini pernah berpesan kepada kami bahwa “ Orang sukses bukanlah mereka yang hanya berkibar sendirian akan tetapi orang yang mampu melahirkan orang sukses baru. Para pekerja ikhlas adalah mereka yang selalu mendorong orang-orang yang di sekitarnya agar terus berprestasi dan meraih kesuksesan. Ia tak akan muncul sendirian. Ia juga mau dan mampu menjadi bidan bagi kelahiran orang-orang sukses baru. Bahkan mungkin orang yang dilahirkan itu lebih sukses daripada dirinya.”
Sobat, para pekerja ikhlas akan selalu berupaya memberikan manfaat kepada orang lain maupun lingkungannya. Keberadaannya di dunia tidak ditunjukkan dengan apa yang ia miliki , tetapi apa ia berikan untuk orang lain. Itulah inti dari mengharumkan wadah yang ada pada diri Anda. Kemuliaan dalam diri Anda terlihat dari pengabdian anda. Sebuah pengabdian yang membuktikan bahwa keberadaan anda bukan semata-mata hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi untuk suatu tujuan besar yang mulia. Pengabdian tertinggi itu adalah mentauhidkan Allah dan hanya mengabdi, beribadah kepada-Nya. Inilah kemuliaan yang sesungguhnya yang akan membawa kebahagiaan di dunia dan di akherat.

( Spiritual Motivator, N. Faqih Syarif H, www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co