Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Catatan Perjalanan Training di MAN Sooko, Mojokerto

BERANI MENCOBA
oleh.Nur Fitriani

Hari sabtu tanggal 7 Februari 2009 saya menyiapkan perlengkapan yang harus saya bawa ke Mojokerto untuk acara Training besok di MAN Soko.Setelah itu jam 11.30 saya mandi, setelah itu saya ssholat Dhuhur.Waktu habis sholat dhuhur rencananya sih mau berangkat ke kampus tepatnya ke Adzikro untuk mengambil jas almamater tapi ternyata jas almamaternya di Mustanir.Kira-kira jam 14.30 saya ke mustanir sama Nisa soalnya dia juga mau pinjem jas almamater dan sekalian jemput Mbak Ve untuk berangkat bersama soalnya Mbak Lilik sama Mbak Dewi bilang kita disuruh kumpul jam 15.00 di Masjid IAIN untuk berangkat bersama soalnya kereta apinya jadwalnya diperkirakan berangkat jam 15.30.
Tapi ternyata waktu saya sama Nisa jemput Mbak Ve malah masih tidur.Kita bingung banget sudah jam 14.30 belum mandi malah kita nunggu Mbak Ve makan dulu terus nyari jas almamaternya Mbak Ve.Tapi sambi nunggu Mbak Ve saya sama Nisa sholat ashar dulu.Waktu kita mau berangkat ke Masjid IAIN ada kereta lewat, Mbak Dewi langsung telfon kita suruh cepet soalnya Mbak Dewi panic banget takutnya kereta yang tadi lewat itu kereta yng kita tumpangi, jadi kita disuruh cepet-cepet. Kira-kira kita berangkat menuju masjid IAIN jam 15.00an dan kita naik angkutan umum jam 15.15 untuk pergi ke Stasiun Wonokromo.Terus kita dating jam 15.30 teruskita beli tiket.Waktu itu Mbak Ve yang bilikan tiket terus bilang kepetugasnya kita beli tiket kereta api Rapi Dhoho jurusan Stasiun Jombang padahal kitakan mau ke Stasiun Mojokerto terus tiketnya dikembalikan. Tapi petugasnya bilang tiketnya sama saja kok Mbak.Terus akhirnya kita masuk ternyata kereta apinya itu berangkat jam 16.30.Jadi kita nunggu deh kayak orang bingung gitu tapi kita nikmati untuk melihat pemandangan di sekitar situ. Terus saya melihat seorang istri yang hamil tua diajak suaminya ngamen. Saya kasihan banget sama seorang istri tadi itu. Terus jam 16.30 banyak kereta yang berhenti kita ngak tahu yang mana yang harus kita tumpangi. Terus saya nanya sama bapak-bapak tua yang mana kereta api yang mau ke Mojokerto? Eh alhamdulillah ternyata bapaknya juga mau ke Mojokerto jadi kita disuruh bareng sama bapaknya. Tapi kereta api yang jurusannya ke mojokerto jadwalnya molor dating jam 16.45.
Sebelumnya saya sama Mbak Lilik membayangkan nanti kata di kereta api itu duduk-duduk, ngobrol-ngobrol, cerita-cerita, nyantai dan nikmati pemadangan di sekitar jalan-jalan.habis kita masuk kereta api ternyata kereta apinya penuh sekali orangnya. Habis kita dapet kereta yang penuh, kita tidak bias duduk malah berdiri, sulit lagi untuk bergerak yang lebih parahnya lagi saya berdiri di depan pintu kereta api dan depan toilet. Sudah bau saya dek-dekan takut sekali jatuh soalnya banyak sekali orangnya dan saya di depan pintu persis.
Sudah keretanya sesak banyak sekali orang yang jualan makanan dan minuman lewat jadi tambah sesak lagi. Habis itu kita turun di Stasiun Mojokerto. Teman-teman bilang keluar lewat pintu sebelah kanan, tapi mbak Lilik, Mbak Ve, Mbak Dewi, dan juga Nisa lewat pintu sebelah kiri dan saya lewat pintu sebelah kanan. Jadi saya terpisah sama teman-teman. Saya ngak tahu tadi teman-teman turun apa ngak ya? Saya takut tersesat sendirian. Saya tunggu keretanya lama sekali ngak berangkat-berangkat. Setelah keretanya berangkat saya bertemu dengan teman teman. Sya senang sekali ternyata tadi itu saya ngak ketemu sama teman-teman karena terhalang kereta api jadi ngak kelihatan. Kira-kira jam 18.00 kita sampai di Stasiun Mojokerto. Habis itu kita tunggu Dita jemput kita. Nisa di jemput Dita dan Mbak ve di jemput mamanya dita. Terus saya, Mbak lilik, dan Mbak Dewi di suruh mamanya Dita naik becak. Saya sebenarnya takut sekali naik becak. Takut kalau becaknya takut kedepan, soalnya berat yang depan dari pada yang belakang. Habi itu kita nyampai di Rumahnya Dita jam 18.30an.
Habis itu kita sholat maghrib terus makan dan setelah itu kita sholat isya'. Habis itu Mbak Khoir sama Mbak 'Attin datang naik sepeda montor. Mereka capek banget kita ajak jalan-jalan ke Alun-alun mojokerto ngak mau malah nitip tahu tek. Kira-kira jam 20.00 kita berangkat. Disana kita berfoto-foto. Disana Mbak Lilik beli sepatu, Mbak Dewi beli krupuk solet, dan Dita beli martabak. Waktu Dita beli martabak kita berfoto-foto di depan situ. Eh kitsa ngak sadar kalau kita dilihati sama pak martabak tadi terus bilang ke kita-kita sudah selesai Mbak foto-fotonya? He he he kita kan jadi malu. Terus kita bertemu sama budhenya dita yang jualan disitu.
Habis itu kita pulang, dalam perjalanan pulang sandalnya Nisa keinjek dita sampai putus. Tapi untung saja tadi Mbak alilik beli sepatu jadi Mbak Lilik pinjemkan sepatunya ke Nisa. Tapi kita belum dapet pesenan tahu teknya mbak Khoir, dalam perjalanan pulang kita ketemu sama pak tahu tek jadi kita belikan pesenannya Mbak Khoir. Terus kita pulang dan sampai di rumah jam 21.30. Habis itu kita makan rame-rame. Habis itu kita siapkan acara untuk besok terus kita tidur deh……………
Kita bangun jam 03.30 tuk sholat tahajud sekalian sholat shubuh. Habis itu kita ngantri mandi dan makan pagi. Setelah makan saya sama Dita jadi ojek ngantar teman-teman k MAN Soko. Setelah saya sampai disana majalah Fikhrul Mustanir dan gelas Aquanya ketinggalan. Saya sama Mbak Lilik disuruh ambil ke rumahnya Dita sampai tersesat-sesat. Tapi untung saja saya inget sama alun-alun kemarin. Jadi saya lewat situ terus saya kembali ke MAN eh tersasar lagi jalan pulang yang saya lewati.
Tapi sampai juga di MAN dan saya jadi inget jalan di Mojokerto. Jadwal mulai acara training jam 08.00 tapi nunggu ust.Hari Toha datang. Ternyata Ust.Hari Toha datang jam 08.30an. Jadi acaranya dimulai jam 09.00. Setelah itu wakasek memberi sambutan kemudian dilanjutkan sama Ust.Hari Toha sampai jam 10.30. Setelah itu dipisah yang Akhwat sama kita dan yang Ihwan sama Ust.Hari Toha. Kemudian yang Akhwat di kasih permainan ZIP ZAP dan lempar sepatu.. Kira-kira selesai jam 12.00. Habis itu ishoma sampai jam 13.00 dan makan. Setelah itu ada feed back sampai jam 14.00. Kita ngak tahu kalau Ust.Faqih sudah datang apa belum ternyata Ust.Faqih sudah datang. Kita kira belum datang jadi kita panic banget. Akhirnya Dita keluar mau cari Ust.Faqih datang apa belum ternyata Ust.Faqih sudah di depan pintu. Jadi kita seneng banget. Terus jam 14.00 ihwan sama yang akhwat di kupulin lagi jadi satu yang diisi sama Ust.Faqih sampai jam 15.00. Terus acaranya selesai sampai jam 15.30, terus kita pulang dech………….
Terus saya sama Duta jadi ojek lagi dech untuk antar teman-teman pulang. Habis itu kita mandi dan makan. Mbak Lilik dan Mbak ve pulang ke Surabaya naik kereta api dan dianter sama mamanya Dita ke Stasiun mojokerto. Terus saya, Dita, Aisyah, Nisa, Mbak dan Dewi ke rumahnya Mbak Evi tepatnya di pacet. Terus kita naik angkot 2x turun di pasar legi. Disitu kita kehujanan nunggu Mbak evi jemput kita soalnya ngak ada angkutan umum yang menuju rumahnya. Jadi kita dijemput dengan mobilnya Mbak Evi. Disana dingin banget sampai-sampai Mbak dewi sama Aisyah ngak berani malem-malem mandi. Habis itu kita istirahat. Kita seneng banget acara trainingnya sukses. Habis itu kita waktu bangun pagi kita mandi dan baker-bakar jagung dan kita jalan-jalan di sawah. Pemandangannya bagus banget. Terus kita melihat anak-anak berangkat sekolah. Anak-anak SD, SMP berangkat sekolah lewat sawah gitu. Disitu kita berfoto-foto sama adik-adik dan pemandangan disana. Habis itu kita kembali kerumahnya Mbak Evi. Terus kita makan pagi terus pulang ke Surabaya jam 10.30 sampai di kampus jam 13.00 terus kita mau ambil SKS ternyata belum keluar terus saya pulang dan sampai dirumah jam 14.00.
( Catatan perjalanan Training di MAN Sooko, www.mentorplus.multiply.com atau www.fikrulmustanir.blogspot.com )