Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, December 2, 2008

Perangi Malas dan Raihlah Kesuksesan


PERANGI  MALAS DAN RAIHLAH KESUKSESAN 
Oleh. Nisa Sae
      Malas. Apa sich malas itu?... yang pastinya itu adalah sebuah penyakit yang sangat berbahaya dan saya yakin semua orang pasti mempunyai penyakit itu walaupun sedikit, iya kan..! padahal sich malas itu hanya terdiri dari lima huruf saja tapi efeknya, uh…kalau ditulis bisa jadi buku alias banyak banget efeknya. Pasti dong kamu pernah ngerasain “serangan musuh satu ini”? (sama dong kayak saya ). Pokoknya kalau malas itu bawaannya gak ingin ngapa-ngapain n asiknya sich buat tidur atau bengong, lebih enak lagi bengong sambil ngemil, uh.. enak banget itu pastinya kamu pengenkan! Pokoknya perkerjaan yang paling enak itu adalah nyantai, Astagfirulloh … istifar ingat masih banyak hal yang harus kita lakukan dan masih banyak orang diluar sana yang lebih membutuhkan kita. Sebenarnya apa aja sich yang membuat kita malas sehingga penyakit itu bisa merugikan kita dan merugikan orang lain?... “penyebab dari malas itu tadi ada beragam-ragam sich tergantung orang yang mengalaminya, n mungkin salah satunya yang akan saya sebutkan dibawah ini dan mungkin di antara kamu semua pasti pernah mengalaminya?” diantaranya adalah  
   ” bosan dengan aktifitas yang ada”
   “ capek banyak kerjaan yang bikin fisik dan batin lemah“
   “ bete dan bosen, atau mood nya lagi engak enak“
   “ bingung kerjaan numpuk dan engak tahu mana yang harus dikerjakan dulu“
   “ engak semangat, kurang motivasi“
   “ lagi banyak masalah, pusing nggak ada pegangan, akhirnya jadi malas“
   “ aktivitas banyak dan itu-itu saja sehingga bosen dan jadi malas“
   “ nggak punya uang ( itu mah bukan malas tapi melas...)
   Gimana apakah dari beberapa penyebab tadi apakah ada yang sama dengan penyebab malas yang kamu alami sekarang? Pastinya ada gitu lho.. dan banyak juga alasan males tadi yang membuat kita tidak semangat lagi yaitu sering menunda waktu misalnya “ah aku Cuma nyantai sebentar aja kok, nanti aja dikerjaknya“ akhirnya perkerjan tersebut tertunda dan gak jadi dikerjakan. Dan ada contoh lagi yang sering dialami oleh anak sekolah atau pelajar dengan ujianya dan ser ing muncul kata-kata seperti ini,“ tenang aja ujian kan masih kurang satu minggu besok aja deh belajarnya, akhirnya besoknya gak jadi belajar,ujian kurang satu hari“ dah nanti malam aja belajarnya, kan masih besok“,akhirnya malam  capek, sudah besok pagi aja belajar, eh paginya bangun kesiangan, dah nggak usah belajar nanti aja nyontek teman, eh pada waktu ujian gak ada yang boleh di contekin,“ aduh gimana ni  aku gak bisa ngerjakan“, akhirnya jawabanya salah“.itu lah akibat dari malas dan menunda perkerjaan jadi rugi sendiri kan. Kemudian coba kita pikir dari hal yang paling kecil-kecil dulu mislanya, seumpama malas mandi, badan kita jadi bau, malas bangun jadi telambat sekolah , malas ngunci pintu, siap-siap ngundan maling , apalagi kalau dah malas belajar atau menuntut ilmu, waduh efeknya banyak banget misalnya kita jadi o’on atau telmi, wawasan gak berkembang, mau kerja ditolak karena gak punya ijasah, gampang ditipu orang karena gak tau apa-apa? Pokoknya hidup jadi serem deh, gara-gara kita malas!!! Apalagi soal ibadah solat yang sangat penting dan wajib tetapi banyak orang yang menunda-nunda misalnya “ besok saja deh ngerjakan solat kalau sudah besar umurkukan masih panjang, kalau sudah besar besok saja deh kalau sudah nikah pasti kan punya waktu luang banyak, dan ketika sudah menikah nanti aja deh kalau dah punya anak, kalau sudah tua gak kuat apa-apa lalu gak jadi solat deh dan akhirnya disolati alias mati “(inalillahi wainailaihi roji’un). Padahal kan solat kalau dikerjakan hanya menghabiskan waktu lima –sampai sepuluh menit saja, tetapi kenapa kita kok malas banget ngerjakanya. Sedangkan kita tidak pernah memikirkan bahwa tujuan hidup didunia ini hanyalah untuk beribadah kepada allah. Tetapi kenapa kita masih terlau lalai dan banyak mementingkan urusan dunia.
      Sedangkan lawan dari orang yang, malas yaitu orang yang sukses. Orang sukses adalah pintar, disiplin, dapat mengolah waktu, bersyukur dan berdoa. Apakah kamu sudah memenuhi keretria ini?...adapun cara untuk menjadi orang sukses yaitu yang pertama  menejemen waktu dan motivasi. Kalau kita bisa mengolah waktu atau bisa dengan membuat jadwal agenda agar kegiatan kita lebih teratur, atau kita bisa mencari teman untuk memotivasi kita dan mengingatkan kita agar tidak malas, atau kita bisa menempelkan suatu cita-cita yang kita inginkan dengan mengunakan huruf besar dan ditempelkan di tempat yang sering kita lihat agar kita kebih termotivasi lagi, atau kita tempelkan foto orang tua kita agar kita selau rajin belajr karena orang tua kita sudah banting tulang untuk membiayai kita. Dan cara yang kedua adalah bersyukur dalam hidup. Kita harus bersyukur karena kita sudah dikaruniai sesuatu yang berharga yaitu akal pikiran dimana akal pikiran yang tidak dipunyai oleh makhluk tuhan yang lainya,tetapi kita sering tida mempergunakan akal pikiran kita dengan baik, dan kalau otak kita ingin cerdas kita harus sering menggunaknya agar dendrit-dendrit kita bisa tersambung dan semakin banyak dendrit yang tersambuntg semakin cerdas otak kita. Dan cara yang ketiga adalah banyak berdoa kepada allah karena kehendaknyalah kita bisa sukses dan tentunya harus diiringi dengan usaha, dan kalau doa kita ingin cepat terkabul berbanyaknlah bangun malam dan solat tahajud, atau perbanyak puasa sunah yang seperti rosul kita lakukan agar otak kita lebih cerdas. Dan rosul kita juga sering membaca membaca doa untuk bisa terhindar dari malas dan agar kita juga bisa menghidarinya Allahuma inni ‘auudzubika minal ‘ajazi walkasali wa’auudubika min ghalabtid duyani wa qahiri rijali  yang artinya“Ya allah aku berlindung pada mu dari kemungkaran dan kesusahan, aku berlindung kepada Mu dari kemalasan dan aku berlindung kepada Mu dari ketakutan dan kekikiran dan aku berlindung kepada dan aku berlindung kepada Mu dari tekanan hutang dan paksaan orang lain .“ oke itu tadi doa yang biasanya rosul kita baca, lantunkan tiap hari ya dan tentunya diiringi usaha yang nyata. Mungkin cukup itu saja cara yang bisa saya tuliskan dan masih banyak cara agar untuk kita bisa terhindar dari malas dan mungkin kamu pasti punya cara sendiri untuk memerangi si malas kalau muncul. Dan yang paling penting dari rasa malas adalah harapan, kalau kita berharap dengan ikhlas pada allah, sebenarnya kita tidak pernah malas walau seberat apapun. Apalagi semestinya tidak ada kamus malas dari diri seseorang yang mengaku muslim. Oke marilah kita bersama- sama memerangi si malas agar penyakit itu tidak datang menyerang kita, kita harus semangat, semangat dan semangat dan kalau kamu ingin sukses berubahlah setiap hari walaupun hanya 1% tentunya berubah dalam hal yang baik, karena perubahan itu akan menjadikan kita untuk meraih kesuksesan, dan yakinlah bahwa kita bisa meraihnya.  
(www.faqihsyarif.com ) 
 
 
 

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co