Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Tuesday, December 2, 2008

Kegagalan Awal dari Kesuksesan



KEGAGALAN AWAL DARI SEBUAH KESUKSESAN 
Oleh.Dewi Hasanah
      Sobat … pernahkah anda mengalami gagal? pasti kita semua pernah merasakan sebuah kegagalan. Baik gagal dalam hal sekolah, mencari pekerjaan, berkarier ataupun dalam berdakwah. Tapi apakah anda dengan adanya kegagalan itu selalu sedih, marah bahkan putus asa?atau makin semangat untuk berusaha lagi?
      Memang ketika bicara tentang gagal pasti setiap orang pasti pernah mengalaminya tak terkecuali juga para Nabi. Rasulullah sendiri juga pernah mengalami kegagalan ketika Beliau berdakwah di makkah. Pada waktu itu Rasul sudah berdakwah selama kurang lebih 13 tahun di makkah namun selama itu masih sedikit pengikutnya. Karena pada waktu perang yang pertama yaitu perang badar dimana jumlah kaum muslimin sekitar 300 orang.
      Namun ketika dibandingkan dengan jumlah kaum muslimin 10 tahun kemudian ketika Rasulullah menunaikan ibadah haji sebelum meninggal jumlah kaum muslimin yang ikut berhaji sudah sekitar 100 ribu orang. Bisa kita bayangkan berapa lamanya perjuangannya padahal sebelum itu beliau selalu ditolak setiap menyampaikan pada setiap musim haji sejak tahun ke-4 kenabian hingga tahun ke-10 kenabian. Tiap tahun beloau menawarkan pada kabilah- kabilah dari luar makkah untuk menerima Agama Islam akan tetapi semua menolaknya kecuali beberapa orang saja. Barulah pada tahun ke-11 kenabiann Allah membuka pintu hidayah orang-orang Yatsrib yaiti beberapa orang dari suku kharaj dan Aus yang bahkan bersedia membela juga menerima hijrah beliau.
      Coba renungkan sobat… kalau diukur dengan akal mungkin kita sudah putus asa atau setidaknya sedih dan marah. Tapi beliau tetap sabar dan selalu berusaha dan akhirnya bisa sukses meskipun dengan proses yang sangat lama. Allah menciptakan kegagalan itu untuk kebaikan manusia mengapa? Karena kegagalan adalah sesuatu yang memiliki manfaat yang sangat besar jika manusia itu sabar dan selalu bersyukur. Percaya ga'???
      Seumpama ada seorang yang bernama sofwan dari kecil ia tidak pernah gagal dan selalu berhasil dengan berbagai prestasi dan kesuksesan. Akan tetapi tiba-tiba setelah sudah dewasa ia mengalami sekali saja kegagalan. Apa yang ia rasakan? Sudah pasti ia akan menderita. Apalagi kalau kegagalan itu besar bisa-bisa ia menjadi putus asa, gila bahkan mungkin bunuh diri. Mengapa? Karena dalam kehidupannya tidak pernah merasakan kegagalan sama sekali. Sehingga bisa di ambil kesimpulan bahwa jika kita ingin sukses kita harus berani gagal. Bagaimana siap???
      Sobat… namun perlu diingat bahwa kegagalan atau kesuksesan merupakan ujian dari Allah mengapa? Karena gagal yang kita alami adalah peringatan dari Allah yang menunjukkan kita lemah dan merupakan peringatan agar kita menyadari kekurangan dan kesalahan kita  bahkan jangan sampai ketika kita gagal menyalah kan keadaan apalagi menyalahkan Allah. Begitu pula kesuksesan juga merupakan ujian dari Allah, karena Allah sedang menguji kita apakah ketika kita sukses masih ingat Allah ataukan malah membuat kita sombong?
      Memang dalam kehidupan ini ada kalanya gagal ataupun sukses. Ini yang harus selalu kita ingat wahai sobat….sehingga bila kita sedang sukses tetaplah waspada jangan cepat bersenang-senang, tapi bersiaplah pula untuk menghadapi kegagalan. Bila kita sedang gagal optimislah bahwa suatu saat kita akan berhasil. Bahkan itulah yang terjadi pada kehidupan Rasulullah saw dan para sahabatnya. Meskipun Beliau seorang Rasul dan Rasul Allah akan tetapi tidak berarti kehidupannya nsenag terus-menerus atau penuh kemudahan tapi juga penuh kesulitan dan kegagalan. Sampai Allah menurunkan surat Alam Nasyrah untuk menghibur dan memberi harapan kepada beliau. Yang artinya :
“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh- sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhan-mulah hendaknya kamu berharap“ (Q.S Al- Insyirah: 5-8). 
      Itulah harapan kita yang telah diberikan Allah kepada Rasul-Nya dan kita semua bahwa setiap dating kesulitan dan kegagalan pasti Allah akan memberi kemudahan dan kesuksesan.
      Sobat… sehingga kalau kita ingin mencapai kesuksesan kita harus berani gagal dulu mengapa? Karena ketika kita umpamakan seseorang yang tahu nikmatnya sehat kalau ia pernah sakit, dan orang tahu enak kalau ia pernah merasakan tidak enak begitu pula orang akan merasakan sukses kalau ia pernah gagal. Jadi orang yang tak mengenal gagal maka ia pun tak akan mengetahui apa itu sukses. Namun orang bisa gagal kalau ia berani memulai dulu  karena kita hidup di dunia ini hanya sementara oleh karena itu perbanyaklah untuk memulai dari hal yang kecil dan bermanfaat.
Semakin banyak kita gagal maka semakin dekat untuk kita meraih sukses.
      Namun perlu di ingat sobat… bahwa kesuksesan yang hakiki adalah mereka yang mendapatkan surga dan keridaan Allah semata. Karena sukses merupakan perjalaan bukan sebagai tujuan. Sudahkah anda siap untuk memulai dan berani gagal??
(www.faqihsyarif.com)

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co