Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah
Bergabunglah dengan Rumah Tahfidz Daar ar-Rahmah

Sang Spiritual Motivator

Sang Spiritual Motivator
Photo Mr.Faqih Syarif

Umrah dengan 1/2 Harga

LiburanMurah.co

Wednesday, November 26, 2008

Langkah Awal Meraih Sukses = HIT


Langkah Awal Meraih Sukses = HIT
Oleh. N.Faqih Syarif H

Sobat, jika hidup banyak dirundung ketakutan, langkah sukses akan benar-benar terhenti!! Maka bagaimana langkah Awal Meraih Sukses? Ingat, tidak ada langkah keseribu tanpa ada langkah yang pertama. Demikian juga dalam hal meraih sukses.Sukses itu apa? Sukses adalah suatu perjalanan bagaimana kita menciptakan nilai tambah diri kita ,tidak hanya untuk diri-sendiri tapi untuk keluarga dan bagi sesama serta untuk meraih kebahagiaan di dunia maupun di akherat. Adapun untuk meraihnya pasti tidaklah mudah tetapi bukan berarti tidak bisa kita raih asal ada kemauan keras dan usaha yang optimal maka berbuahlah menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa.
Langkah awal untuk meraih sukses adalah HIT. Apa itu HIT? Bukankah HIT adalah salah satu merk obat anti nyamuk? Bukan HIT itu pastinya. Tapi HIT yang dimaksud adalah H ( Hancurkan penghalang baik yang tampak atau yang tidak tampak ), Mana yang paling bahaya dan sulit dihadapi ,penghalang yang tampak atau penghalang yang tidak tampak? Justru yang paling berbahaya dan sulit dihadapi adalah penghalang yang tidak tampak bahkan ini akan menjadi gembok mental yang akan menjadi batu hambatan yang cukup besar untuk meraih kesuksesan. Diantara gembok-gembok mental itu adalah :
1. Depresiasi diri ; belum mencoba udah bilang tidak bisa, tidak mungkin atau dengan kata lain ”sulit” menjadi kosa kata yang banyak disebut dan diucapkan berulang-ulang.
2. Dalih Usia : Yang udah tua bilang, saya khan udah tua biar yang muda-muda aja yang berkarya.
3. Dalih kesehatan : Saya ndak mungkin sukses saya khan cacat, buntung kaki saya,dll.
4. Dalih Inteletual : Saya Cuma lulusan S3 ( SD,SMP, SMA saja) mana mungkin sukses
5. Dalih Nasib : Ya sudah, ini khan udah nasib saya.

Sobat, kalau kita takut berikhtiar, lebih banyak bersantai, berleha-leha, dan bersenda gurau- adalah bagian dari kebodohan. Seorang muslim tidak boleh menggunakan dalil takdir atau nasib untuk santai dan bermalas-malasan. Jangan sampai yang datang kepadanya adalah kemudharatan sehingga benar-benar menjadi orang yang celaka. Na’udzubillah.
Siapa orang yang menang dalam berikhtiar ? Orang yang mencintai pekerjaannya; orang yang menikmati pekerjaannya; orang yang mengalami perbandingan lurus antara kerumitan kerja dan pertambahan ilmu; orang yang fokus pada pekerjaannya, fokus pada keahlian yang dimilikinya; orang yang bekerja semata mencari ridha Allah Swt; orang yang bekerja senantiasa bersyukur kepada Allah Swt.
Adapun HIT berikutnya I adalah Impianmu tuliskanlah, tetapkan serta tempel di tempat-tempat yang sering anda lihat, setiap anda mau berangkat kerja,kuliah ketika anda melihatnya maka akan jadi motivasi.
Bagaimana menetapkan suatu Impian? Syarat yang harus dipenuhi untuk menulis impian:
1. Tertulis
2. SMART : Specific; Anda harus jelas mengenai apa yg anda inginkan.Pikiran bawah sadar tidak bisa menjalankan perintah yg tidak jelas.Measurable; Impian anda harus terukur. Dengan demikian, anda akan tahu kapan impian anda telah tercapai.Achievable;Impian anda harus dapat anda raih.Reality- based ; Impian anda harus masuk akal. Jika tidak, pikiran bawah sadar akan menolaknya.Trackable ; Impian anda dapat dilacak.Anda dapat mengetahui kemajuan yg anda lakukan dalam upaya pencapaian impian anda.
3. Seimbang : Hidup yang seimbang adalah hidup yang baik. Jangan hanya mengejar uang, tapi mengabaikan aspek lain seperti spiritual, mental, dan hubungan antar keluarga.
4. Ada Alasan emosional : Alasan yg bersifat emosional jauh lebih kuat daripada alasan logis. Alasan emosional akan memunculkan suatu motivasi dari dalam diri-sendiri yg tak pernah lekang oleh waktu. Motivasi ini akan melecut semangat anda sampai berhasil mencapai impian anda
5. Ada Batas waktu : Kalau tidak ada batas waktu, lalu kapan impian itu ingin anda capai?
6. Diingat setiap hari : Mengapa harus diingat setiap hari? Karena akan berfungsi sebagai program yang mendorong semangat dan motivasi anda.

Adapun HIT berikutnya adalah T artinya Tingkatkan terus valensi diri, kapasitas dan skill kita. Diantaranya langkah-langkah praktisnya adalah sebagai berikut : Tingkatkan standar kerja, hidupkan daya cipta dalam keseharian, terus belajar dan ajarkan pada orang lain, tetapkan standar valensi lebih tinggi dan lakukan setiap aktivitas yang dituntut oleh standar valensi yang lebih tinggi tersebut, berani ambil resiko, makin tinggi resikonya,makin besar upaya anda untuk sukses dan makin cepat perkembangan valensi anda, bergaul-lah dengan orang yang bervalensi tinggi, berpetualanglah dalam lingkungan yang belum anda kenal sebelumnya, nikmati dan kuasai semua unsur pembentuk valensi anda yang baru. Insya Allah dengan melakukan HIT ini merupakan langkah awal untuk meraih sukses memang ini adalah salah satu bagian tersulitnya selanjutnya akan lebih mudah. Don’t Give Up!!!
( www.faqihsyarif.com atau www.formulabisnis.com/?id=faqihsyarif )

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Ingin Punya Travel Haji Sendiri?

LiburanMurah.co